4 Strategi agar tidak mudah Cepat Lelah Saat Olahraga

4 Strategi agar Nggak Cepat Lelah Saat Olahraga
Supaya olahraga kamu bisa lebih lama dan bermanfaaat nih.
Namanya olahraga, pasti bikin sehat. Biasanya, olahraga yang ideal dan baik untuk tubuh dilakukan minimal 30 menit per hari. Tapi ada lho orang yang baru aja mulai olahraga, eh, dianya udah capek duluan.

Nah, ada beberapa cara supaya kamu bisa berolahraga lebih lama daripada biasanya, tanpa harus ngerasa lelah atau capek.

1.Dengarkan tubuhmu.

Ya, ini adalah cara paling gampang, tapi banyak orang yang meremehkannya. Banyak orang ingin berlatih keras dengan serius berolahraga dan mendorong diri untuk terus berolahraga.

Hal ini memang bisa membangun stamina tubuh secara perlahan, namun ingat juga jika tubuh juga perlu beristirahat. Jika memang merasa sangat lelah, maka beristirahatlah.

Jangan memaksakan tubuhmu karena hasilnya justru akan memburuk. Alih-alih meningkatkan stamina, tubuh malah semakin loyo.

Kamu bisa melakukan latiham atau olahraga yang lebih ringan seperti bersepeda, berenang atau lari.

2.Tingkatkan intensitas olahraga secara bertahap dan perlahan.

Agar nggak cepat lelah saat olahraga, kita perlu meningkatkan intensitas olahraga secara bertahap. Kamu dapat memulai latihan dengan interval yang pendek seperti berlari, bersepeda, atau berenang.

Kamu juga bisa melakukan jenis latihan lain seperti burpees, squat, atau bahkan push up. Jika memang sudah terbiasa, kamu akan ngerasa lebih sanggup dan tidak akan merasa lelah saat olahraga.

Selanjutnya, kamu bisa menambah intensitas olahraga mu ke tahap yang lebih berat.

3.Pertahankan durasi dan frekuensi olahraga.

Membiasakan diri dan punya jadwal rutin olahraga adalah kunci agar kamu nggak cepat capek saat berolahraga. Pada awalnya, lakukan olahraga dengan durasi yang sesuai kemampuan dan tak perlu memaksakan diri.

Namun, lagi-lagi kamu harus menambahkan durasi tersebut perlahan. Pastikan kamu konsisten melakukan olahraga agar kebugaran terjaga.

Menurut rekomendasi American College of Sports Medicine, disarankan untuk melakukan tiga hingga lima latihan dalam seminggu, masing-masing selama kurang lebih 20 menit.

4.Cobalah beberapa jenis olahraga

Mengganti atau melakukan latihan yang beragam penting untuk membangun daya tahan tubuh dan stamina. Ini juga bisa dilakukan agar kita nggak cepat lelah saat olahraga.

Tubuh akan terbiasa dengan olahraga rutin yang kita lakukan setelah dua minggu. Dengan begitu, kita bisa melakukan beberapa olahraga lainnya. Misal jika biasanya olahraga lari, kamu bisa mulai melakukan muay thai, atau bisa mengganti bersepeda dengan berjalan naik turun tangga.

Melakukan berbagai jenis olahraga seperti ini bisa membantu otot-otot lain lebih berkembang.

Olahraga itu memang wajib untuk menjaga tubuh tetap bugar dan otot tetap meregang dengan baik. Akan tetapi, jika kita melakukannya dengan salah, maka yang terjadi pada tubuh kita justru sebaliknya.

Kamu nggak boleh keras kepala dan menganggap enteng jika tubuhmu merasa kelelahan. Istirahat sejenak, lalu lanjutkan. Ingat, kapasitas orang dalam olahraga berbeda, jadi jangan pernah merasa iri dengan kemampuan orang lain!

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Dana Transfer Daerah Rp230 T 'Menganggur' di Rekening Daerah

Thu Dec 19 , 2019
Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan telah memberikan dana transfer sebesar Rp700 triliun ke daerah. Namun dana transfer tersebut belum dimanfaatkan dengan baik. Pasalnya, dari dana tersebut, Rp230 triliun di antaranya justru dibiarkan nganggur di rekening kas daerah. Ia mengatakan permasalahan tersebut telah mengakibatkan roda ekonomi di daerah banyak yang macet. “Dampak ekonomi ke daerah terkurangi hampir […]
Dana Transfer Daerah Rp230 T 'Menganggur' di Rekening Daerah