Waspadai Kamera Pengintai Saat Menginap di Hotel

1

Waspadai Kamera Pengintai Saat Menginap di Hotel

Hymar – Waspadai kamera pengintai saat menginap di hotel. Saat berlibur atau mungkin bulan madu bagi pasangan kekasih, sudah pasti dong hotel atau penginapan menjadi tujuan utama. Karena yang namanya liburan pasti ingin segala hal lebih privasi bukan? Tapi, menginap di hotel atau penginapan kadang tidak selalu berjalan lancar seperti yang dikehendaki.

Tidak menutup kemungkinan bukan kalau nanti aktivitas kamu selama berada di dalam ruangan disalahkangunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Oleh karena itu, sebelum masuk ke dalam kamar, gunakan tips ini deh.

Jangan langsung menyalakan lampu kamar

Saat kamu masuk ke dalam kamar, jangan nyalakan lampu terlebih dahulu ya. Tutup semua tirai agar ruangan gelap, lalu nyalakan kamera ponsel dan arahkan ke ruangan –hal ini bisa membuat sinar infrared terlihat jika memang ada kamera pengintai. Penampakan sinar infrared ini sendiri bisa diketahui memakai remote TV atau AC.

Caranya tombol remote aktif dipencet dan diarahkan ke kamera ponsel maka akan ada nyala sinar berwarna merah atau ungu. Menurut beberapa netizen Twitter, ada beberapa tempat yang harus kamu curigai (karena bisa dipasang  spycam), tempat tersebut bisa saja AC, buku, hiasan dinding, kotak tisu, boneka yang ada di kamar, kotak TV, hanger pakaian, lemari, dan pena. Tetap hati-hati dan waspada guys.

Mengecek setiap benda yang tidak pada tempatnya

Selain cara manual di atas, kamu juga bisa lakukan cara kedua ini, yaitu dengan mengecek setiap benda yang tidak pada tempatnya. CEO Griffon Force, Carrie Kerskie pernah mengatakan pada kliennya bahwa pencurian identitas dan masalah privasi pribadi, seperti kamera tersembunyi adalah hal yang serius.

Waspadai Kamera Pengintai Saat Menginap di Hotel

Pindai jaringan WiFi

Kita tidak menampik bahwa banyak orang yang tinggal dan menginap di sebuah penginapan karena murahnya. Namun, kamu tetap harus selalu skeptis dan curiga dengan berbagai hal yang ada di dalamnya ya guys. Cara ketiga yang bisa kamu lakukan untuk mengecek ada tidaknya kamera pengintai adalah dengan melakukan pemindaian jaringan WiFi, dalam hal ini ada yang disebut dengan Network Scanner.

Atau ada pula aplikasi yang bisa digunakan oleh android dan iOs, namanya Fing. Nah, kamu bisa membuka aplikasi itu dan memindai jaringan Wi-Fi dan daftar semua perangkat lain yang menggunakan jaringan yang sama. Jika kamu melihat sesuatu yang lain di sana, itu bisa menjadi indikasi bahwa ada kamera (spycam).

Tutupi tempat yang kamu curigai ada spycam

Kalau sudah memakai berbagai cara, tapi masih belum menemukan ada spycam, maka kamu bisa andalkan jurus terakhir yaitu menutup tempat yang kamu curigai ada spycam-nya. Melansir Fimela.com, “Jika memiliki kecurigaan tentang sesuatu di dalam ruangan, seperti, misalnya, jam alarm, ambillah pakaian dari kopermu dan menggantungnya di atas jam alarm tersebut,” seperti yang dikatakan oleh direktur Security Consulting Alliance di Kentucky, Jack Plaxe.

Nah kita harus waspadai kamera pengintai saat menginap di hotel ya. Cabut objek yang tidak perlu dicolokkan. Beberapa kamera tersembunyi membutuhkan sumber listrik yang dicolokkan agar berfungsi.

Baca juga : Pulau Cantik di Filipina Untuk Wisata Bahari

admin

One thought on “Waspadai Kamera Pengintai Saat Menginap di Hotel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

DJSN Ingatkan Peralihan Program Pensiun Taspen-Asabri ke BPJS

Sat Feb 22 , 2020
Anggota Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) Indra Budi Sumantoro mengingatkan program pensiun PNS, anggota TNI dan Polri, yang dikelola PT Taspen (Persero) dan PT Asabri (Persero) akan beralih ke BPJamsostek. Peralihan program pensiun sesuai amanat Undang-undang Nomor 40 Tahun 2020 dan UU 24/2011. Masing-masing UU menjelaskan mengenai Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) dan Badan Penyelenggara […]
DJSN Ingatkan Peralihan Program Pensiun Taspen-Asabri ke BPJS