tips tips menghemat akhir bulan

Belanja prioritas

Keuangan di akhir bulan memang biasa menipis. Asalkan semua kebutuhan sudah terpenuhi, mulai bayar listrik, PDAM, cicilan dan biaya lainnya, maka seharusnya sudah tidak ada lagi yang harus dipikirkan.

Namun, tetap saja banyak orang terutama kalangan anak kos baik mahasiswa atau pekerja yang masih single masih kelimpungan menghemat uang di akhir bulan.

Oleh karena itu, sebaiknya gunakan uang belanja Anda untuk keperluan sehari hari seperti biaya makan. Upayakan untuk stop sementara belanja yang membuat boros seperti membeli rokok, kopi dan pengeluaran lain.

Bawa bekal sendiri

Makan di luar adalah salah satu yang membuat keuangan Anda boros setiap harinya. Apalagi mendekati akhir bulan, jangan deh. Upayakan lebih baik Anda bawa bekal sendiri di rumah untuk menghemat uang.

Sebagai perbandingan, jika biaya makan Anda mencapai Rp50.000 per hari, maka Anda bisa lebih hemat jika belanja bahan sayuran dan memasak sendiri di rumah untuk di bawa ke tempat kerja atau ke kampus.

Sebagai contoh, untuk sarapan bubur satu mangkuk Anda bisa menghabiskan Rp10.000, makan siang Rp15.000, makan malam Rp15.000 dan air mineral Rp10.000. Total Rp50.000.

Namun apabila Anda belanja dan memasak sendiri Anda bisa menggunakan uang Rp50.000 untuk 10 potong tahu yang bisa dimasak 3 hari Rp10.000, satu papan tempe yang juga bisa dimasak tiga hari Rp10.000, bahan sayur sop Rp10.000 untuk dua hari.

Anda juga bisa beli kerupuk Rp5.000 isi 5 untuk dua hari, dan ayam goreng seperempat Rp15.000 untuk dua hari. Total Rp50.0000. Dengan catatan, belanja bahan dan memasak sendiri ini dengan asumsi bumbu dan minyak goreng sudah tersedia ya.

Irit kuota internet

Saat ini penggunaan pulsa mungkin sudah mulai berkurang seiring hampir semua gadget sudah menggunakan kuota internet. Dengan demikian, beban biaya yang biasanya dibelikan untuk pulsa beralih ke kuota internet.

Jika Anda adalah seseorang yang tidak terlalu tergantung dengan gadget, maka hal itu bisa menghemat uang. Tapi di luaran sana banyak orang yang setiap detik dan menitnya dihabiskan untuk berselancar di internet. Mereka biasanya bermain media sosial, buka YouTube hingga bermain game di gadget.

Tak sadar, aktivitas-aktivitas tersebut membuat boros penggunaan kuota internet. Dengan demikian, jika sedang di akhir bulan, batasilah pemakaian internet agar habis kuota tidak habis sebelum awal bulan tiba. Repot kan, kalau sebelum gajian kuota sudah habis. Memang bisa beli lagi, tapi kan lebih boros jadinya.

Manfaatkan promo dan diskon

Kalau sudah mendekati akhir bulan lebih baik jangan ‘banyak gaya’ belanja ini dan itu. Kalau Anda memang sudah gajian sebelum akhir bulan hal itu bisa dilakukan. Namun, untuk yang gajiannya di awal bulan, akhir bulan adalah hari-hari yang ingin segera berakhir, betul?

Nah, kalau pun memang mau belanja atau bepergian menggunakan transportasi misalnya, lebih baik cari yang lagi promo atau diskon saja untuk menghemat uang. Banyak toko offline atau online shop yang menggelar pesta promo dan diskon.

Apalagi saat ini banyak perusahaan rintisan yang bekerja sama dengan banyak merchant, misalnya Gojek atau Grab yang selalu memberikan promo kepada pelanggan.

Kalau biasanya Anda bayar ongkos ojek online hingga puluhan ribu, Anda bisa menikmati promo dan diskon hingga setengahnya bahkan lebih rendah. Asalkan, Anda rajin-rajin mencari informasi tentang promo-promo tersebut.

Akhir Pekan Di Rumah

Menghabiskan akhir pekan di rumah merupakan salah satu usaha untuk berhemat pada tanggal tua. Mau kamu se irit apapun pada saat pergi keluar pas weekend, tetap saja kamu akan mengeluarkan biaya, setidaknya untuk bensin kendaraan, makan di luar, belum lagi bayar parkir tempat kamu nongkrong. Tentu hal ini membuat komitmen untuk hemat jadi terganggu sehingga keuangan kamu akan cepat habis pada tanggal tua dan ujung-ujungnya akan berhutang pada orang lain.

 

demikian untuk tips tips dari kami untuk hari ini ini. semoga bermanfaat bagi anda yang membacanya

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Perkenalkan Game Baru Spongebob Krusty Cook-Off Di Mobile

Fri Oct 4 , 2019
Hymar – Film serial kartun dunia yang legendaris Spongebob Squarepants dikabarkan resmi perkenalkan game baru Spongebob Krusty Cook-Off di mobile. Nickelodeon mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan game terbaru untuk serial kartun legendaris tersebut. Game ini akan diluncurkan di Musim dingin tahun 2019 atau akhir tahun ini, dimana nantinya pemain akan […]
Perkenalkan Game Baru Spongebob Krusty Cook-Off Di Mobile