Tips Merawat Gigi si Kecil agar Tetap Sehat

Gigi merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting untuk dirawat. Merawat gigi dilakukan ketika gigi mulai tumbuh saat masih balita hingga usia senja nanti. Kewajiban orang tua untuk mengajarkan anak menjaga kesehatan gigi sejak dini.

Ketika baru muncul gigi, sudah seharusnya orang tua melakukan perawatan untuk menjaga gigi bayi tetap sehat. Jangan salah Mom, bayi yang berusia 6 bulan sudah mulai tumbuh gigi, sejak saat itu juga Mom harus rajin membersihkan gigi si kecil. Tentunya perhatikan peralatan yang digunakan untuk membersihkan gigi si kecil. Berikut ini beberapa tips untuk merawat gigi si kecil agar tetap sehat.

Rawat Gigi saat Sudah Tumbuh

Ketika bayi yang sudah mulai tumbuh gigi ada baiknya untuk tetap menjaga kebersihan giginya. Meskipun gigi susu si kecil akan berganti dengan gigi permanen tidak ada salahnya untuk menjaga kebersihan gigi. Gunakan kain lembut yang bersih, lalu basahi kain dengan air, dan usapkan pada gigi si kecil.

Ajarkan Menggosok Gigi

Ketika anak memasuki usia 2 tahun keatas, ada baiknya Mom melatih si kecil untuk menggosok gigi. Usia balita memang masih menjadi tanggung jawab orang tua untuk menjaga kebersihan gigi si kecil. Ajarkan menggosok gigi saat Mom memandikan si kecil.

Biasakan untuk Menggosok Gigi

Semakin tumbuh besar maka Mom dapat mengajarkan si kecil untuk melakukan kebiasaan menggosok gigi secara rutin. Ajarkan menggosok gigi saat pagi hari, saat mandi sore, dan menggosok gigi sebelum tidur. Ketika rutinitas ini dibiasakan sejak dini, maka akan menjadi rutinitas yang akan dijalankan anak setiap hari. Berikan sikat gigi dengan bentuk-bentuk yang menarik serta pilihkan pasta gigi yang terdiri dari banyak varian rasa supaya anak lebih tertarik.

Berikan Makanan yang Sehat

Usia anak-anak memang masih memerlukan asupan gizi yang cukup untuk tubuhnya. Makanan dan minuman yang di konsumsi si kecil yang mengandung gula dan asam terlalu berlebih juga dapat menyebabkan rusaknya gigi. Usahakan untuk memberikan makanan sehat seperti keju, susu, sayur, dan buah-buahan. Hindari makanan yang mengandung gula tambahan yang berlebih ya Mom.

Periksakan Gigi si Kecil Secara Rutin

Sangat dianjurkan untuk melakukan pemerikasaan gigi untuk si kecil setiap 6 bulan sekali. Mungkin dokter akan memberikan saran untuk menyabut gigi susu si kecil ketika ia tumbuh gigi permanen.

Tetap jaga kesehatan gigi si kecil ya Mom. Ajarkan untuk merawat gigi sejak dini kepada si kecil. Berikan si kecil pengertian tentang pentingnya merawat gigi.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Harga Samsung Galaxy S20 di Indonesia

Wed Feb 12 , 2020
Hymar – Samsung resmi memperkenalkan jajaran smartphone terbarunya, Harga Samsung Galaxy S20 di Indonesia, pada Selasa (11/2/2020) kemarin,dalam acara yang digelar di The Palace of Fine Arts, San Francisco, AS. Ada tiga varian Galaxy S20 yang dirilis Samsung, yakni Galaxy S20 reguler dengan layar berukuran 6,2 inci, Galaxy S20 Plus […]
Harga Samsung Galaxy S20 di Indonesia