Tips Mengurangi Porsi Makan Saat Diet

Tips Mengurangi Porsi Makan Saat Diet

Hymar – Anda sedang diet? Kali ini ada tips mengurangi porsi makan saat diet tanpa membuat anda merasa kelaparan. Saat menjalani diet, sebagian besar orang cenderung mati-matian mengurangi porsi makanannya. Meski bisa dilakukan secara bertahap, tapi nyatanya mengurangi porsi makan tidaklah semudah yang dibayangkan. Apalagi, kalau baru pertama kali mencobanya dan belum terbiasa.

Anda bisa mengurangi porsi makan tanpa harus membuat perut anda selalu keroncongan. Diet tetap lancar tanpa harus menyiksa diri, berikut tipsnya.

1. Penuhi separuh piring dengan sayuran

Sayuran mengandung banyak air dan serat, tapi minim kalori. Penuhilah separuh porsi piringmu dengan sayuran yang tidak mengandung pati. Dengan cara ini, kamu masih bisa makan dengan porsi seperti biasanya, sekaligus memangkas asupan kalori.

Cobalah untuk mengkombinasikan lebih banyak sayuran ke dalam hidangan favoritmu, sehingga membuatnya lebih bernutrisi dan rendah kalori.

2. Santap sup sebelum makan berat

Cara lain yang efektif untuk mengurangi porsi makan adalah dengan mengonsumsi sup sayuran sebagai menu pembuka. Studi berjudul Soup preloads in a variety of forms reduce meal energy intake menunjukkan, responden yang membuka jamuan makan dengan sup, mengonsumsi total kalori 20 persen lebih sedikit setelahnya.

Sup mengandung kadar air yang tinggi, serta kaya akan serat. Bukan itu saja, sup sayuran juga rendah akan kalori yang tak akan membuat berat badanmu melonjak.

3. Tambahkan lebih banyak rempah pedas

Tahukah kamu, menambahkan cabai ke dalam makanan bisa membantumu makan lebih sedikit, lho. Studi berjudul Capsaicinoids: a spicy solution to the management of obesity? mengungkapkan, komponen capcaisin dalam cabai bisa mengurangi nafsu makan dan rasa lapar.

Selain cabai, jahe juga memberikan efek yang serupa. Sebuah riset yang melibatkan 10 orang laki-laki obesitas menunjukkan bahwa responden yang minum teh jahe saat sarapan cenderung punya rasa lapar yang lebih rendah.

4. Kurangi porsi makanan sebanyak 20 persen

Dilansir Woman & Home, sebagian besar orang tak akan menyadari kalau porsi makanannya berkurang 20 persen. Kalau biasanya kita memasak pasta sebanyak 100 gram, coba kurangi jadi 80 gram saja.

Cara lainnya, ganti 20 persen dari porsi tersebut dengan sayuran. Dengan cara ini, asupan kalori akan menurun, tanpa membuat perut kelaparan.

5. Terapkan mindful eating

Inilah bagian paling penting saat hendak mengecoh tubuh supaya makan lebih sedikit. Usahakan untuk benar-benar meresapi kegiatan makan kita, atau bahasa ilmiahnya –mindful eating.

Metode ini dilakukan dengan cara memusatkan perhatian pada apa yang kita santap tanpa ada distraksi apa pun. Sehingga, kita jadi lebih tahu, apakah tubuh masih lapar atau sudah kenyang.

Selain itu, mindful eating juga akan meningkatkan kepuasan makan, sehingga mencegah keinginan untuk ngemil setelahnya.

Tidak sulit untuk menerapkannya kan? Inilah tips mengurangi porsi makan saat diet.

Baca juga : 4 Manfaat Sehat Minum Teh Peppermint

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Apa Benar Kena Air Hujan Bisa Bikin Sakit?

Wed Feb 5 , 2020
Banyak orang yang percaya bahwa air hujan dapat membuat sakit, mulai dari terkena flu, masuk angin, atau diare. Bahkan ada pula yang menyatakan jika air hujan yang turun untuk pertama kalinya setelah kemarau panjang dianggap mengandung sejumlah penyakit. Pandangan ini memang sangat wajar, sebab tidak sedikit orang yang jatuh sakit setelah kehujanan. Tapi apa […]
Apa Benar Kena Air Hujan Bisa Bikin Sakit?