Tips Keuangan: Jangan Lakukan Ini Kalau Mau Utang

Anda mungkin berencana ingin berutang untuk mendapatkan dana dengan segera. Tapi, perlu tips keuangan sebagai pertimbangan sebelum mengambil utang.
Berutang juga tak bisa sembarangan. Bukan saja karena risiko seperti tak sanggup bayar dan masalah bunga, namun juga bisa menjadi kurang baik bagi keuangan Anda.
Head of Expertise Group Finance PPM Manajemen, Yanuar Andrianto mengamini hal itu. Ia bilang, ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari sebelum memutuskan berutang.
1. Tidak Mengukur Kemampuan
Yanuar mengatakan dalam berutang perlu dipikirkan matang-matang. Yaitu, jumlah utang harus dipastikan bisa dibayarkan hingga ada sumber penghasilan yang bisa menutupinya.
Tips keuangan lainnya yang dia berikan, utang sebaiknya tak mendominasi pengeluaran. Maksimal utang yaitu 30 persen dari pengeluaran.
“Jangan sampai, sesak nafas, kita enggak bisa gerak. Misalkan gaji kita Rp 3 juta, tapi kita mengambil kredit atau utang yang Rp 1,5 juta. Sedangkan basic need kita udah sampai 40 persen,” ujar Yanuar kepada kumparan, Senin (18/11).
2. Gaya Hidup Boros
Di kala Anda sedang berutang, upayakan juga Anda tak menerapkan gaya hidup boros. Namun sebaliknya, Anda perlu menghemat hingga Anda bisa membayarkan utang.
“Tetap perlu ditekan agar punya saving cukup,” lanjutnya.
3. Menghindari Utang Konsumtif
Yanuar memberikan tips keuangan lainnya. Menurut dia, yang sebaiknya dihindari saat berutang ialah penggunaannya impulsif dan hanya bersifat konsumtif.
Dia menyarankan untuk memanfaatkan utang hanya jika benar-benar dibutuhkan untuk produktif dan telah ditentukan batasnya.
“Tidak masalah dengan utang tapi rasionya terjaga dan penggunaannya produktif ataupun untuk investasi,” tutupnya.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Buah Naga Bisa Mencegah Kanker dan Diabetes

Thu Nov 21 , 2019
Hymar – Salam sobat semua, kali ini manfaat buah naga bisa mencegah kanker dan diabetes. Beberapa macam buah-buahan dipercaya dapat membantu mencegah adanya penyakit berat, seperti Kanker, diabetes, jantung dan lainnya. Seperti buah yang satu ini, yaitu Buah Naga Merah yang dikenal sebagai buah yang dapat mencegah beberapa penyakit-penyakit kronis. […]
Buah Naga Bisa Mencegah Kanker dan Diabetes