Terkait Corona, Rupiah Anjlok ke Rp13.690 per Dolar AS

Terkait Corona, Rupiah Anjlok ke Rp13.690 per Dolar AS

Nilai tukar rupiah melemah ke Rp13.690 per dolar AS atau sebesar 0,30 persen pada perdagangan pasar spot, Senin (3/2) pagi. Sebelumnya, posisi rupiah berada di Rp13.655 per dolar AS pada penutupan pasar, Jumat (31/1) lalu.

Tak hanya rupiah, pagi ini mayoritas mata uang di kawasan Asia melemah terhadap dolar AS. Terpantau, won Korea melemah 0,32 persen, ringgit Malaysia 0,13 persen, dan yen Jepang 0,07 persen.

Selanjutnya, dolar Singapura serta dolar Hong Kong melemah 0,02 dan 0,03 persen. Di sisi lain, penguatan terjadi pada lira Turki sebesar 0,06 persen, diikuti baht Thailand yang menguat 0,07 persen terhadap dolar AS.

Kemudian di negara maju, mayoritas nilai tukar bergerak melemah terhadap dolar AS. Poundsterling Inggris dan dolar Kanada melemah dengan nilai masing-masing sebesar 0,21 dan 0,05 persen, dan euro melemah 0,08 persen. Sementara, hanya dolar Australia yang menguat 0,11 persen terhadap dolar AS.

Kepala Riset PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra menilai pelemahan rupiah pagi ini disebabkan oleh sentimen Virus Corona yang semakin menyebar.

“Kabar bertambahnya penyebaran Virus Corona di China dan global memicu kembalinya kekhawatiran pasar sehingga harga aset-aset berisiko mengalami penurunan,” kata Ariston saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin (3/2).

Menurut Ariston, perekonomian China dapat melambat, dan berpotensi turut melambatkan laju pertumbuhan ekonomi global.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Ariston mengatakan bahwa Bank Sentral China telah melakukan stimulus dengan menyuntikkan dana ke pasar repo sebesar 1,2 triliun yuan pada pagi ini.

Diharapkan, kebijakan tersebut menahan laju penurunan aset berisiko dan penurunan yield obligasi pemerintah AS, yang sekarang berada di kisaran 1,5 persen.

“Sehingga, bisa menahan laju penguatan dolar AS terhadap mata uang emerging markets,” ujar Ariston.

Lebih lanjut, Ariston berpendapat rupiah akan bergerak di kisaran Rp13.630 hingga Rp13.680 per dolar AS pada hari ini.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Tips Keuangan Bagi Kamu yang Sulit Mengelola Gaji

Mon Feb 3 , 2020
Gaji seberapapun tidak akan cukup apabila gaya hidup dan pengeluaran kita tidak dikelola secara bijak. Bahkan sedihnya lagi, gaji seolah hanya “numpang lewat” di rekening kita karena sesaat setelah kita mendapatkan uang, uang tersebut tiba-tiba lenyap begitu saja dengan banyaknya kebutuhan yang harus dibayarkan. Jangan buru-buru merasa tidak bersyukur dan […]