Situs Streaming IndoXXI ditutup Januari 2020

1

Situs Streaming IndoXXI ditutup Januari 2020

Hymar – Situs streaming IndoXXI ditutup Januari 2020, Pop-up mengenai pengumuman ini muncul langsung di halaman utama situs tersebut, “Sangat berat, tapi harus dilakukan, terima kasih kepada seluruh penonton setia kami, terhitung sejak 1 Januari 2020, kami akan menghentikan penayangan film di website ini,” begitu isi pengumuman IndoXXI. Sebelumnya, kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengatakan akan memblokir situs yang menyediakan layanan hiburan ilegal, termasuk film dan musik.

Sebelumnya Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah melakukan pemblokiran terhadap situs menonton film ilegal, seperti IndoXXI dan lainnya sejak Juli 2019 lalu. Namun, tindakan tegas dari pemerintah ini tidak serta merta membuat platform situs ilegal tersebut langsung lenyap. Sementara itu, IndoXXI sendiri mengumumkan bahwa meraka akan menutup situs tersebut mulai 1 Januari 2020.

Kominfo pun menggandeng Direktorat Hak Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, penegak hukum, dan Asosiasi industri kreatif untuk mengatasi peredaran karya secara ilegal.

Untuk saat ini, Kominfo baru akan menerapkan pemblokiran untuk situs streaming film ilegal. Pemerintah juga mencari cara untuk memberian efek jera bagi situs-situs “nakal” lainnya di masa mendatang. “Di era digital, kekayaan (hak cipta) yang harus dilindungi. Kalau enggak nanti orang malas berkreasi,” kata Dirjen Aptika Kominfo, Samuel Abrijani Pangerapan, dilansir KompasTekno dari Antaranews.com.

Dalam pengumumannya, Indoxxi juga beralasan hal senada, bahwa keputusannya adalah “demi mendukung dan memajukan industri kreatif Tanah Air”. Kominfo mengakui bahwa pemberangusan situs streaming film ilegal cukup merepotkan. Sebab, pengelola situs tersebut “kucing-kucingan” alias berganti alamat agar tidak ketahuan pemerintah.

Menurut survey yang dilakukan YouGov untuk Coalition Against Privacy (CAP) dari Asia Video Industry Association, 63 persen konsumen online Indonesia memang gemar mengakses situs streaming atau torrent ilegal untuk menikmati konten premium tanpa membayar biaya langganan. Penutupan situs IndoXXI pun direspons beragam oleh warganet di Twitter. Bahkan, tagar # indoxxi memuncaki trending Twitter Indonesia sejak Selasa (24/12/2019) pagi. Dari pantauan KompasTekno, saat berita ini ditulis, situs indoxx1.com masih bisa diakses.

Hadirnya IndoXXI dianggap telah mencederai Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI). Sebab, produk-produk IndoXXI menyediakan layanan hiburan berupa film dan musik ilegal di mana kreator jelas dirugikan. Oleh karena itu, Kemenkominfo menggandeng Direktorat Hak Kekayan Intelktual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, penegak hukum, Asosiasi industri kreatif untuk mengatasi peredaran karya ilegal secara luas. Meski saat ini pemerintah baru menerapkan pemblokiran, namun mereka juga mencari cara untuk memberikan efek jera bagi situs-situs streaming film ilegal di masa mendatang.

Maka oleh karena itu Situs streaming IndoXXI ditutup Januari 2020, berdasarkan dari yang telah di infokan oleh Kominfo.

Baca juga : Kopi Janji Jiwa Siapkan Kejutan Baru di Tahun Depan

admin

One thought on “Situs Streaming IndoXXI ditutup Januari 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

5 Cara Mengelola Keuangan yang Harus Kamu Mulai dari Sekarang

Thu Dec 26 , 2019
Tidak pernah terlambat untuk memperbaiki cara mengelola keuangan kamu. Meski sulit di awal, kamu bisa melatih dan membiasakan diri untuk menciptakan keuangan yang lebih sehat. Lebih baik memperbaiki keadaan keuangan saat ini dan mencegah hal yang tidak diinginkan daripada mengalami kebangkrutan finansial, bukan? Kamu juga tidak perlu bingung mau memulai […]
5 Cara Mengelola Keuangan yang Harus Kamu Mulai dari Sekarang