Sedang Sakit? Hentikan Konsumsi Makanan Sehat Berikut Ini

Makanan sehat memang dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari. Deretan jenis makanan tersebut kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Seperti jenis sayur-sayuran dan buah-buahan yang memiliki ragam khasiat.

Tapi siapa sangka jika ternyata, ada sejumlah makanan sehat yang sebiknya tidak dikonsumsi saat kamu sakit. Seperti yang dilnsir dari huffpost.com, berikut jenis makanan tersebut.

Bayam

Histamin merupakan bahan kimia yang diproduksi dalam tubuh yang mampu melepaskan pemicu gejala alergi. Histamin ditemukan di banyak makanan, meskipun mereka sendiri tidak memiliki histamin tinggi, maka makanan tersebut disebut sebagai pembebas histamin.

“Mereka memicu sel, yang disebut sel mast, untuk melepaskan histamin dan mengaktifkan respons peradangan,” ungkap Renee Wellenstein, dokter bersertifikat yang berspesialisasi dalam kedokteran fungsional. “Respons ini selanjutnya dapat memperburuk kemacetan, kelelahan, dan gejala lainnya yang sering dikaitkan dengan flu.”

Bayam adaalah salah satu makanan sehat pembebas histamin, bersama dengan stroberi, tomat, dan buah jeruk.

Jenis makanan sehat yang harus dihindari saat sakit

2. Kacang-kacangan

Kacang mengandung nutrisi penting untuk membantu tubuh melawan infeksi, seperti zinc dan vitamin E. Namun saat sakit, sebaiknya batasi konsumsi kacang-kacangan. Hal ini karena kacang tinggi lemak sehat di mana tubuh harus bekerja lebih keras untuk mencernanya. Hal Ini bisa menyebabkan perut buncit dan menguras energi yang dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi. Kacang juga dianggap sebagai pembebas histamin, yang dapat memicu alergi.

3. Brokoli

Meskipun brokoli cukup bermanfaat, karena mengandung nutrisi penambah kekebalan seperti vitamin A dan C, brokoli juga tinggi serat, yang bisa sulit dicerna ketika kamu sakit.

Untuk menghindari iritasi saluran pencernaan kamu, maka sebaiknya konsumsi makanan yang rendah serat dan lebih mudah dicerna sehingga tubuh dapat fokus untuk pemulihan tubuh agar kembali sehat.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

5 Pose Yoga Ringan untuk Atasi Sakit Pinggang dan Mudah Dipraktikan

Thu Feb 13 , 2020
Yoga menjadi salah satu aktivitas yang bisa membantu mengatasi sakit pada fisik hingga merasuk ke dalam diri. Yoga merupakan aktivitas mengolah tubuh dan pikiran untuk fokus pada pernapasan, kekuatan, dan fleksibilitas tubuh, untuk meningkatkan mental dan fisik. Yoga yang berasal dari bahasa Sansekerta memiliki arti penyatuan dengan alam atau penyatuan dengan Sang Pencipta. Gerakan yoga tertentu […]
5 Pose Yoga Ringan untuk Atasi Sakit Pinggang dan Mudah Dipraktikan