Ragam Manfaat Temulawak yang Bagus untuk Badan dan Penampilan

1

Ragam Manfaat Temulawak yang Bagus untuk Badan dan Penampilan Manfaat temulawak sebagai tanaman dengan segudang khasiat
Temulawak atau curcuma xanthorrhiza merupakan tanaman yang tergolong dalam famili Zingiberaceae atau temu-temuan. Tanaman yang satu ini memiliki banyak kegunaan terutama dari segi kesehatan dan kecantikan.

Temulawak mempunyai kandungan utama kurkumin yang dikenal punya banyak khasiat. Manfaat temulawak yang beragam membuat tanaman ini digunakan oleh banyak orang. Walaupun bentuknya hampir mirip dengan kunyit, keduanya punya khasiat yang jauh berbeda.

17 manfaat temulawak dari segi medis dan beauty
Tanaman yang punya bentuk rimpang ini kerap diolah menjadi minuman atau jamu. Selain manfaat jamu temulawak, kamu bisa merasakan khasiat lainnya yang tak kalah penting berdasarkan pada penjelasan di bawah ini.

1. Antiaspasmodik

Kandungan minyak curcuma xanthorrhiza berguna sebagai antiaspasmodik. Antiaspasmodik sendiri adalah golongan obat yang bersifat sebagai relaksan otot polos. Obat tersebut mampu membuat otot halus di usus menjadi relaks sekaligus mencegah kram.

Bukan hanya itu, manfaat temulawak untuk kesehatan juga berguna untuk mengatasi IBS atau Irritable Bowel Syndrome. IBS merupakan gangguan dalam usus halus dikarenakan adanya kontraksi otot yang tidak normal.

Kamu bisa menggunakan temulawak sebagai pengganti obat. Mengonsumsinya bisa dibuat jamu atau minuman lain. Konsumsi temulawak tersebut 30-60 menit sebelum makan bagi pengidap IBS.

2.Antibakteri dan antijamur

 

Tahukah kalian jika temulawak mengandung antibakteri dan antijamur? Kedua kandungan itu sangat berguna bagi kesehatan, lho. Untuk itu, olah temulawak menjadi jamu adalah caranya. Manfaat jamu temulawak itu bisa membasmi bakteri dan jamur.

Ambil contoh kandungan antibakteri saja yang bisa membasmi bakteri buruk seperti Salmonella ataupun Staphylococcus. Lalu senyawa antijamurnya ampuh untuk membasmi jamur dari golongan Dermatofita. Berguna banget, ‘kan?

3.Atasi masalah pencernaan

Temulawak mampu merangsang produksi cairan empedu di kantong empedu. Secara tidak langsung, hal itu bisa membantu pencernaanmu jadi lancar. Metabolisme makanan di tubuh juga tidak terhambat. Selain itu, temulawak juga bisa menyembuhkan perut kembung sekaligus menaikkan nafsu makan.

Berdasarkan jurnal Clinical Gastroenterology and Hepatology, pasien radang usus yang mengonsumsi temulawak setiap hari bisa lebih cepat sembuh jika dibandingkan pasien yang tidak mengonsumsinya. Keistimewaan temulawak sudah teruji secara medis, nih.

4.Obat diuretik

Diuretik adalah zat yang berguna untuk membersihkan tubuh dari garam atau natrium dan air. Pembersihan itu berguna supaya cairan tubuh tidak menumpuk. Zat tersebut bisa merangsang ginjal supaya melepaskan natrium yang lebih banyak ke urin.

Selain itu, zat tersebut dapat juga mengambil cairan berlebih di pembuluh darah. Kamu bisa memanfaatkan temulawak sebagai obat diuretik alami dengan dibuat jamu. Manfaat jamu temulawak itu biasanya digunakan oleh penderita gagal jantung, gagal hati, dan permasalahan organ dalam lainnya.

5.Mencegah sekaligus mengobati kanker

Manfaat temulawak untuk kesehatan selanjutnya adalah mencegah dan mengobati kanker. Tentunya tidak semua kanker bisa diatasi dengan temulawak. Kanker yang bisa dibantu sembuhkan oleh temulawak adalah kanker usus, payudara, serta prostat.

Selain itu, temulawak tidak benar-benar menghilangkan kanker, namun lebih ke menghambat pertumbuhannya. Temulawak mampu mencegah sekalian mengobati kanker karena adanya zat antioksidan di dalamnya.

Dari riset yang pernah dilakukan pada 2001, temulawak dikatakan bisa menghambat pertumbuhan dan perkembangan kanker prostat. Jadi, jika ada sanak saudara atau orang yang terdiagnosa kanker prostat, mungkin bisa dibantu dengan mengonsumsi temulawak supaya tidak semakin parah atau menyebar.

6.Menjaga liver tetap sehat

Berdasarkan Scientific Research Journal, menjaga kesehatan liver bisa dilakukan dengan mengonsumsi temulawak. Apalagi jika dikonsumsi secara rutin, misalnya setiap pagi. Pasalnya, bahan itu mengandung zat yang mampu melindungi hati dari hepatotoksin.

Hepatotoksin merupakan bahan kimia yang menimbulkan efek buruk pada hati. Apabila didiamkan, penyakit berbahaya bisa menyerang hatimu. Sebagai pelindung alami, kamu bisa maksimalkan manfaat temulawak dengan mengonsumsi ekstraknya, ya.

7.Membuat kulit cerah

Kulit cerah sehat adalah idaman semua orang. Banyak wanita rela melakukan apa saja untuk mendapatkan wajah yang cerah bersinar. Tak terhitung banyaknya perawatan dokter dikeluarkan setiap bulannya. Ada yang rela pakai krim dokter hingga melakukan perawatan laser.

Ternyata, masih ada juga golongan pecinta alami yang memilih bahan non kimiawi, contohnya saja temulawak. Manfaat temulawak yang dibuat masker misalnya mampu meningkatkan tone kulit dan menjadikannya cerah sehat. Dengan rajin exfoliating wajah, sel kulit mati bisa diangkat. Kulit cerah pun akan didapat.

8. Menghilangkan bekas luka di wajah

Wajah adalah bagian tubuh yang biasanya paling dijaga oleh wanita. Wanita mana yang ingin punya wajah tidak mulus? Pastinya semua orang mendambakannya. Sayangnya, akan selalu ada saja satu dua luka yang “menghias”. Entah itu luka bekas jerawat, bekas garukan, atau mungkin karena kecelakaan.

Untuk menghilangkannya, kamu bisa mencoba pakai manfaat temulawak untuk wajah. Jika ekstrak temulawak dioleskan secara teratur di bekas luka maka secara bertahap, luka di wajah akan pudar dan hilang. Kamu bisa mencampurkan temulawak dengan bahan lain yang mendukung, ya.

9. Melembabkan wajah

Sinar matahari, debu, radikal bebas, dan polusi tak bisa dilepaskan dari keseharian. Apalagi jika kalian adalah orang yang kerap bekerja di luar ruangan. Seiring dengan waktu yang dihabiskan ketika outdoor, tak heran jika kelembapan wajah bisa menurun.

Selain itu, jika tidak dirawat maka wajah bisa tidak halus lagi. Wajah yang kasar biasanya dikarenakan dari kulit kering. Ketika kulit wajah kasar maka bukan hanya terlihat tak menarik namun saat ingin mengaplikasikan makeup juga akan sulit. Yang ada hasilnya tidak maksimal.

Guna mengembalikan kelembapan wajah, memakai temulawak bisa jadi salah satu caranya. Buat ramuan dari bubuk temulawak, kuning telur, dan minyak zaitun sebagai solusinya. Oleskan di wajahmu secara teratur setidaknya seminggu sekali. Kelembapan wajah bisa kembali seperti semula.

10.Meremajakan kulit

Meremajakan kulit adalah hal yang wajib dilakukan. Bukan hanya wanita, melainkan juga pria. Dengan melakukan peremajaan kulit maka kulit akan menjadi lebih sehat dan segar. Soalnya sekarang ini cukup banyak anak muda yang disangka sebagai orang tua karena wajahnya kusam. Terlebih lagi jika ditimpa makeup tebal.

Padahal wajah yang sehat segar akan membuatmu terlihat lebih muda. Peremajaan kulit adalah kuncinya. Dengan begitu, nggak ada lagi deh kamu disangka sudah ibu-ibu.

Perawatan dengan mencoba manfaat temulawak untuk wajah jadi salah satunya. Entah itu dibuat sebagai masker atau diminum sebagai ramuan. Jika treatment dilakukan secara rutin, kulit bisa diremajakan dengan baik.

Terbukti dan teruji klinis jika temulawak sangat berfaedah bagi kesehatan dan kecantikan. Manfaat temulawak yang mujarab tersebut membuat tanaman ini sangat berguna bagi umat manusia. Sudah cobain khasiatnya? Kalau belum, racik temulawak sekarang dan buktikan sendiri keampuhannya.

admin

One thought on “Ragam Manfaat Temulawak yang Bagus untuk Badan dan Penampilan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Horizon: Zero Dawn 2 Tampaknya Lebih Di Gemari

Wed Nov 6 , 2019
Gerilya mungkin sedang mengerjakan sekuel Horizon. Horizon: Zero Dawn adalah kesuksesan yang kritis dan komersial, jadi agak mengejutkan bahwa Sony belum mengumumkan sekuelnya. Itulah yang terjadi, tetapi sekarang bukti lain telah muncul bahwa Horizon: Zero Dawn 2 sedang dalam pengembangan. Daftar pekerjaan di Game Gerilya untuk “Technical Vegetation Artist” (via […]