Pergub Jakarta Melanggar Jalur Sepeda Akan Kena Sanksi

1

Pergub Jakarta Jalur Sepeda Akan Kena Sanksi

Hymar – Pemrov DKI Jakarta atau Pergub Jakarta melanggar jalur sepeda akan kena sanksi. Pemprov DKI Jakarta menerbitkan Peraturan Gubernur ( Pergub) Nomor 128 Tahun 2019, terkait Penyediaan Jalur Sepeda, Jumat (22/11/2019). Dengan adannya Pergub tersebut, baik pengendara sepeda motor maupun roda empat yang melintasi jalur sepeda akan diberikan sanksi tilang.

Dalam Pergub yang diundangkan pada 21 November 2019 lalu ini, disebutkan jenis transportasi apa saja yang boleh melewati jalur sepeda, hal ini tertuang dalam Pasal 2 ayat 1 dan 2.

1 . Lajur sepeda diperuntukan bagi :

a. sepeda ; dan
b. sepeda listrik

2. Selain sepeda dan sepeda listrik sebagaimana dimaksud pada ayat (1), lajur sepeda dapat dilintasi :

a. otopet ;
b. skuter ;
c. hoverboard; dan/atau
d. unicycle.

Sementara untuk Pasal 3 dijelaskan mengenai sanksi bagi pelanggar yang masuk ke jalur sepeda yang akan ditindak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Meski belum ada respon saat dikonfirmasi, namun sebelumnya Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, sudah pernah menjelaskan bila pelanggar terhadap jalur sepeda akan dikenakan sanksi tilang yang akan dilakukan oleh pihak kepolisian.

Masuk dalam Pasal 287 UU 22 tentang lalu lintas pelanggarannya, tapi itu baru akan berlaku bila Perda sudah diterbitkan. Nanti yang menangani itu kepolisan.

Kendaraan yang berani melintas langsung dikenakan sanksi berupa kurungan dua bulan atau denda maksimal Rp 500.000. Sanksi tilang itu berlaku untuk semua jenis kendaraan, termasuk angkutan umum alias angkot dan ojek online (ojol) yang ngetem atau menurunkan-menaikkan penumpang di jalur khusus sepeda. Menurut Kepada Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo angkutan umum yang akan menepi untuk menurunkan atau menaikkan penumpang, akan ada tanda khusus bagi angkot.

Sanksi itu berlaku apabila jalur sepeda sudah permanen dan dipasang rambu. Jalur sepeda akan dilengkapi dengan rambu dan marka, sepanjang rambu dan marka itu mempunyai kekuatan tubuh tetap, maka polisi bisa melakukan tindakan ke pelanggar.

Sebagaimana pengguna jalan lainnya hak pengguna sepeda juga sudah diatur di dalam UU LLAJ tersebut. Ada beberapa pasal yang mengatur hak pengguna sepeda.

Pasal 25

Setiap Jalan yang digunakan untuk Lalu Lintas umum wajib dilengkapi dengan perlengkapan jalan berupa: g. fasilitas untuk sepeda, pejalan kaki, dan penyandang cacat.

Pasal 45

Fasilitas pendukung penyelenggaraan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan meliputi:
b. lajur sepeda.

Pasal 62

1. Pemerintah harus memberikan kemudahan berlalu lintas bagi pesepeda.
2. Pesepeda berhak atas fasilitas pendukung keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran dalam berlalu lintas.

Sedangkan untuk keselamatan dan kenyamanan pengguna sepeda, sudah dijamin oleh Pasal 106 dan Pasal 284. Khusus untuk Pasal 284, mengatur tentang pidana dan denda untuk pengguna kendaraan bermotor yang tidak mengutamakan keselamatan pengguna sepeda.

Pasal 106

Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di jalan wajib mengutamakan keselamatan pejalan kaki dan pesepeda.

Pasal 284

Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor dengan tidak mengutamakan keselamatan Pejalan Kaki atau pesepeda sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp 500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).

Pasal 287

Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang melanggar aturan perintah atau larangan yang dinyatakan dengan Rambu Lalu Lintas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (4) huruf a atau Marka Jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (4) huruf b dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp 500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).

Inilah Pergub Jakarta melanggar jalur sepeda akan kena sanksi, hati-hati dalam berkendara gunakan jalan secara bijak ya.

Baca juga : iPhone 11 Series Masuk Indonesia Awal Desember

admin

One thought on “Pergub Jakarta Melanggar Jalur Sepeda Akan Kena Sanksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Kari Pedas Bisa Membantu Mencegah Kanker Payudara

Sun Nov 24 , 2019
Anda penyuka makanan kari pedas? Makanan khas India yang kaya akan bumbu rempah ini ternyata bisa membuat kita menurunkan resiko terkena kanker payudara, penyakit yang sangat ditakuti oleh wanita di seluruh dunia. Bagaimana cara kari pedas bisa mencegah kanker payudara dengan efektif? Kari pedas dikenal luas memiliki kandungan cabai dan […]