Pengangkatan Nadiem Makarim Sebagai Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan

1

Pengangkatan Nadiem Makarim Sebagai Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan

Hymar – Salam sobat semua, Kali ini Pengangkatan Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) oleh Presiden Jokowi, juga turut menyedot perhatian media-media asing yang melontarkan berbagai komentar.

Nadiem yang memiliki latar belakang pendiri startup yang kini telah menyandang status decacorn, tentunya menjadi sorotan media bisnis dan internasional.

“Saya sepenuhnya mundur dari GoJek, tidak lagi membuat keputusan strategis agar fokus menjalankan jabatan,” ujar Nadiem di Istana Negara.

Nadiem sendiri diketahui memegang sajam seri D, E, dan I. Hal itu diketahui dari Data Ditjen Administrasi Hukum Umum (AHU) per Oktober 2018. Total saham yang dimiliki Nadiem adalah 58.416 lembar saham. Jumlah itu setara 4,81 persen dari modal ditempatkan GoJek, yakni sebanyak 1,21 juta saham. Selebihnya dimiliki pemegang saham lain.

Jika dihitung secara kasar dengan mengambil angka terendah valuasi startup unicorn (1 triliun dollar AS/Rp 14 triliun), nilai saham Nadiem di Gojek adalah sekitar Rp 1,96 triliun. Untuk diketahui, saat masih menjabat sebagai CEO Gojek, Nadiem pernah masuk daftar 150 orang terkaya di Indonesia versi majalah Globe Asia pada Juni 2018.

Nadiem Makarim menduduki posisi paling buncit dengan harta kekayaan yang ditaksir mencapai 100 juta dollar AS, atau sekitar Rp 1,4 triliun (asumsi 1 dollar AS = Rp 14.000) yang didapatnya dari Gojek. Namun saat ini, GoJek sendiri dikatakan telah menyandang predikat decacorn, dengan valuasi lebih dari 10 miliar dollar AS (Rp 141 triliun). Angka tersebut sangat jauh di atas gaji dan tunjangan Nadiem sebagai menteri.

Menurut Kepres No. 68 Th 2001, tunjangan jabatan yang diterima menteri negara dan jabatan sekelasnya sebesar Rp 13.608.000 setiap bulannya. Namun, gaji pokok yang diterima sebesar Rp 5.040.000. Total gaji dan tunjangan yang diterima setiap menteri tiap bulannya bisa mencapai Rp 18.648.000. Akan tetapi, masih ada tunjangan-tunjangan lain yang besarannya berkisar antara Rp 100 juta – Rp 500 juta.

Belum lagi ditambah tunjangan berupa rumah dan kendaraan dinas, serta jaminan kesehatan. Jumlah pendapatan/gaji yang diterima Nadiem sebagai menteri itu sama dengan menteri-menteri lain di kabinet Indonesia Maju.

Sebagai Mendikbud yang baru, Nadiem mengaku bakal menghadapi tugas berat untuk memajukan Sumber Daya Manusia Indonesia lewat pendidikan.

Apalagi dia juga akan mengepalai urusan pendidikan tinggi (Dikti) yang kini bernaung kembali di bawah Kemendikbud, setelah sebelumnya sempat berdiri terpisah. “Di bawah saya bukan hanya Kemendikbud tradisional saja, tapi juga Dikti. Tapi itu bagus karena semuanya nanti bisa berjalan terpadu,” ujar Nadiem saat ditemui usai pengumuman kabinet di Istana Negara.

“Kalau seandainya dia akan memasuki dunia baru, (dia pastikan) tentu bayi yang dia lahirkan dan besarkan nantinya tidak akan bermasalah waktu dia tinggalkan,” kata Piter. Dipilihnya Nadiem sebagai menteri sendiri dinilai Piter sebagai suatu penghargaan dan pengakuan terhadap bisnis startup. Ia yakin nilai valuasi GoJek meningkat karena keputusannya menerima tawaran Presiden sebagai Pengangkatan Nadiem Makarim Sebagai Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, menteri di Kabinet Kerja Jilid 2.

Baca juga : Mobil Lamborghini Aventador Raffi Ahmad Terbakar

admin

One thought on “Pengangkatan Nadiem Makarim Sebagai Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

4 Cara Menjaga Tubuh Wanita Agar Tetap Sehat dan Cantik

Fri Oct 25 , 2019
Kesehatan wanita perlu selalu dijaga dan dirawat setiap saat. Dalam beberapa hal, cara menjaga kesehatan wanita berbeda dengan cara pria menjaga kesehatannya Faktor pembeda kesehatan wanita adalah anatomi tubuh wanita khususnya terkait dengan kesehatan alat reproduksi. Payudara contohnya, merupakan salah satu organ intim wanita yang sangat rawan terhadap penyakit, sehingga […]