Pegasus Spyware Untuk Meretas Whatsapp

1

Pegasus Spyware Untuk Meretas Whatsapp

Hymar – Salam sobat semua, kali ini kami ingin menjelaskan sedikit mengenai Pegasus spyware untuk meretas whatsapp. Malware mata-mata (spyware) Pegasus kini tengah menjadi pembicaraan publik. Pasalnya, malware ini dilaporkan dapat meretas dan mengawasi ribuan ponsel.

Spyware Pegasus meretas ponsel, khususnya pada aplikasi WhatsApp. NSO Group, perusahaan asal Israel yang mengeluarkan Pegasus telah dituduh atas tindakan peretasan 1.400 ponsel oleh Facebook, yang merupakan perusahaan induk WhatsApp.

Pada bulan April sampai Mei lalu, NSO telah mengeluarkan kodenya untuk server WhatsApp. Kode tersebut dibuat guna menargetkan sejumlah pihak seperti jurnalis, aktivis hak asasi manusia, diplomat, pengacara, sampai pejabat senior.

Sebenarnya apa itu Pegasus?

Pegasus merupakan produk spyware yang didesain untuk memantau semua kegiatan pengguna ponsel, seperti SMS, email, data lokasi, riwayat browsing, panggilan telepon, dan lainnya. Spyware ini juga bisa menginfeksi melalui tautan yang dikirim lewat SMS. Pegasus biasanya digunakan pemerintah dan badan intelijen.

Pengamat keamanan siber dari Vaksin.com Alfons Tanujaya berpendapat bahwa spyware ini mampu mendayagunakan keamanan aplikasi WhatsApp dan bisa memiliki kontrol perangkat. “Jadi yang bisa dilakukan pengguna adalah pastikan selalu menggunakan aplikasi dan sistem operasi yang terupdated (diperbarui),” ujar Alfons.

Alfons juga mengungkap bahwa spyware Pegasus sulit dideteksi. Hal ini disebabkan oleh sistemnya yang canggih dan hanya menargetkan orang-orang tertentu. Ciri khas ponsel yang terserang spyware ini pada umumnya mirip dengan spyware yang lain, seperti daya baterai yang turun drastis secara tiba-tiba, atau kuota yang juga cepat habis padahal data selular tidak digunakan.

Tidak hanya menginfeksi pada sistem operasi tertentu, Pegasus menyerang ponsel dengan sistem Android maupun iOS. Tim Google Project Zero telah menjelaskan kerawanan sistem operasi Android terhadap spyware berbahaya ini.

Sedikitnya ada 9 ponsel yang bisa terserang, seperti :
-Pixel 2
-Huawei P20
-Xiaomi Redmi 5A
-Xiaomi Redmi Note 5
-Xiaomi A1
-Oposisi A3
-Moto Z3
-Ponsel LG Oreo
-Samsung S7, S8, dan S9
Tersiar kabar bahwa kerentanan dilakukan oleh salah satu vendor spyware asal Israel yakni NSO Grup dan perangkat lunak yang dimaksud adalah spyware Pegasus.

Software tersebut pun bisa digunakan untuk menyalin data dan bahkan menghidupkan mikrofon untuk mengubah telepon menjadi perangkat yang mendengarkan. Banyak pelanggan NSO Group adalah pemerintah yang mengatakan mereka ingin perangkat lunak untuk mengawasi teroris dan memerangi kejahatan serius.

Baca juga : Bahaya Kekurangan Kalsium dan Cara Mengatasinya

Nah sekarang paham kan betapa bahayanya Pegasus spyware untuk meretas whatsapp ini. Hati-hati dan bersihkan aplikasi yang tidak digunakan di ponsel anda ya.

admin

One thought on “Pegasus Spyware Untuk Meretas Whatsapp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

8 Fakta Kesehatan tentang Kebaikan dari Tidur Miring ke Kanan

Sat Nov 9 , 2019
Tidur merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi. Setelah lelah bekerja seharian, tidur berguna untuk mengembalikan energi yang terbuang agar di hari esok, kamu semangat untuk lagi untuk bekerja. Ternyata, tidak hanya postur ketika berdiri dan duduk saja yang harus kamu perhatikan untuk menjaga kesehatan, posisi tidur yang […]
8 Fakta Kesehatan tentang Kebaikan dari Tidur Miring ke Kanan