Olahraga Yang Aman Bagi Penderita Asma

Olahraga Yang Aman Bagi Penderita Asma

Hymar – Olahraga merupakan kegiatan yang penting untuk dilakukan agar tubuh kita sehat, apa saja olahraga yang aman bagi penderita asma? Akan kami bahas kali ini, penderita asma bukan berarti anda tidak boleh untuk berolahraga ya.

Agar bisa berolahraga dengan tenang, harus selektif dalam memilih olahraga, tidak ada alasan bagi penderita asma untuk tidak berolahraga, dengan strategi yang tepat, agar badan bugar dan fit bukan hanya ilusi belaka.

Olahraga Yang Aman Bagi Penderita Asma
1. Yoga

Yoga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh anda, sakah satunya membantu mengendalikan gejala asma. Yoga dapat mengatasi dan mencegah kambuhnya penyakit asma secara alami, dimana yoga membantu mengatur pola tarikan dan hembusan napas penderita asma.
Semakin rumit pose yoga yang anda lakukan, tubuh akan otomatis memrintahkan paru-paru untuk mengambil dan membuang napas panjang secara perlahan, tanpa disadari teknik ini akan membantu meningkatkan kapasitas paru-paru anda. Dengan begitu anda dapat menghirup volume oksigen dalam jumlah yang lebih banyak saat bernapas pendek.
Selain meningkatkan fungsi paru-paru anda, yoga juga bisa mengurangi gejala stress yang bisa memicu asma.
Itu sebabnya yoga menjadi pilihan yang baik untuk penderita asma, olahraga seperti pilates dan Tai Chi juga menawarkan manfaat yang sama seperti yoga juga loh.

Olahraga Yang Aman Bagi Penderita Asma
2. Berenang

Berenang merupakan salah satu olahraga yang paling sering dianjurkan oleh dokter untuk penderita asma, sebab berenang dinilai lebih aman karena tidak terlalu merangsang kambuhnya asma dibandingkan dengan maraton.
Karena udara di sekitar kolam renang yang memiliki tingginya kelembapan udara di dalam kolam akan membantu melembapkan saluran pernapasan penderita asma, sehingga risiko kambuhnya serangan asma selama olahraga dapat diminimalisirkan.
Saat berenang, posisi tubuh yang mendatar juga dapat membuat saluran pernapasan penderita asma lebih rileks, ketika di kolam renang beban tubuh akan ditopang oleh air, hal inilah yang membuat tubuh penderita asma tidak terlal banyak tekanan ketika sedang berenang. Berenang secara rutin dapat membantu menurunkan gejala asma.

3. Jalan Kaki

Ingin tetap aktif bergerak namun tak ingin mengeluarkan banyak tenaga? berjalan kaki bisa jadi solusinya, jalan kaki termasuk olahraga sederhana untuk penderita asma yang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.
Jalan kaki dapat membantu meningkatkan kapasitas paru-paru dan membuat anda rileks. Rutin berjalan kaki setidaknya 3-5 kali seminggu sangat efektif meningkatkan kebugaran tanpa memicu serangan asma.

Olahraga Yang Aman Bagi Penderita Asma
4. Bersepeda
Olahraga lain yang aman untuk anda adalah bersepeda,  dengan bersepeda santai dan kecepatan yang relatif rendah ya, sebab jika anda bersepeda dengan kecepatan tinggi atau bersepeda di daerah pegunungan akan memicu serangan asma anda.
Bila tidak ingin mengayuh sepeda di ruangan terbuka anda bisa berolahraga statis di dalam ruangan dan lebih aman karena membuat anda terhindar dari debu dan polusi udara lainnya.

Perhatikan sebelum anda memulai berolahraga sebaiknya anda bertanya lebih dahulu dengan dokter anda. Agar anda dapat melakukan aktivitas fisik apa saja yang cocok untuk kondisi anda. Beberapa hal yang harus di perhatikan penderita asma saat berolahraga.

  • Melakukan pemanasan selama kurang lebih 10-15 menit agar paru-paru anda mengatur asupan oksigen ke dalam tubuh anda.
  • Jika cuaca sedang dingin, harap gunakan masker atau syal untuk menghangatkan udara sebelum masuk ke paur-paru
  • Selalu membawa obat asma anda sebagai langkah antisipasi bila gejala asma muncul sewaktu-waktu.
  • Pastikan teman, pelatih, atau pengajar anda mengetahui bahwa anda mengidap asma dan tahu apa yang harus dilakukan jika asma anda kambuh.
  • Tingkatkan kewaspadaan anda bila anda pilek atau terkena infeksi pernapasan lainnya, serta bila sedang musim dingin atau musim panas yang gersang dan berdebu.
  • Segera berhenti berolahraga dan lakukan aksi cepat penanganan asma bila anda mengalami tanda-tanda asma anda kambuh.

Pada intinya lakukan aktifitas yang membuat anda merasa nyaman dan tidak memberikan tekanan lebih pada paru-paru. Asma bukanlah sebuah alasan untuk menghindari berolahraga karena ada olahraga yang aman bagi penderita asma yang dapat dilakukan. Bijaklah dalam memilih jenis olahraga yang anda lakukan ya.

Baca juga : Olahraga Kardio Memiliki banyak manfaat yang jarang di ketahui

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Devolver Boss Gembira Dengan PS5 Dan Scarlett, Tetapi Berjuang Untuk Melihat Perbedaan Dari Gen Ini

Sun Oct 13 , 2019
Salah satu pendiri Devolver Digital, penerbit butik di balik permainan seperti Hotline Miami dan Genital Jousting, sangat ingin melihat Sony dan Microsoft meluncurkan platform generasi berikutnya. Berbicara kepada GameSpot di PAX Australia, Graeme Struthers mengatakan dia senang dengan peluncuran PlayStation 5 dan Xbox Project Scarlett pada tahun 2020 sebagian karena […]