Mengubah Kebiasaan Boros Menjadi Kebiasaan HidupHemat

 

Mengubah Kebiasaan Boros Menjadi Kebiasaan Hemat

Siapa yang suka berbelanja apalagi seorang wanita ? Kegiatan satu hal ini tentu selalu menjadi hal yang menyenangkan untuk di lakukan .Bukan hanya wanita saja, tetapi laki-laki pun juga selalu senanng jika sedang berbelanja.Tidak hanya anak muda , orang tua pun juga selalu senang jika sedang berbelanja.Belanja bisa menimbulkan rasa bahagia, tentunya jika kita menikmati kegiatan tersebut dengan gembira.

Kebiasan berbelanja haruslah di lakukan dengan menerapkan sejumlah aturan yang ketat . Hal ini untuk mencegah keborosan pada pos pengeluaran.Jika tidak dilakukan dengan baik, maka akan sangat mungkin hobi berbelanja tersebut justru berpotensi menimbulkan sejumlah pemborosan di dalam anggaran keuangan, di mana kita mengeluarkan sejumlah dana untuk membeli berbagai hal yang sebetulnya tidak begitu kita butuhkan. Alih-alih bisa menabung, kebiasaan boros ini justru bisa menimbulkan sejumlah masalah dan juga utang di masa yang akan datang.

Ada banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka telah melakukan sejumlah pemborosan di dalam hidup mereka. Hal ini berlangsung seperti sebuah kebiasaan yang tidak disadari dan menjadi hal yang terlihat wajar di dalam kehidupan yang mereka jalani.Jika dibiarkan berlangsung terus-menerus, maka kebiasaan ini akan sangat sulit untuk diubah dan dihilangkan, terutama jika tidak dibarengi dengan komitmen dan juga keinginan yang cukup kuat.Hal ini tentu bisa di perbaiki jika kita menerapkan metode yang tepat dlam menanganinya. Berikut beberapa cara di bawah ini untuk mengubah kebiasaan hidup boros yang kita jalani selama ini menjadi kebiasaan berhemat.

1.  Ketahui Penyebab Dan Cari Solusinya

Ada banyak hal menjadi penyebab orang berbelanja dan mengeluarkan sejumlah uang di luar kebutuhan nya. Hal ini akan sangat tergantung pada kebiasaan orang tersebut. Sebagian orang malah berbelanja hanya karena memiliki banyak waktu luang di luar jam kerja yang mereka lakukan ini di manfaatkan untuk berbelanja demi untuk mengusir kebosanan .

2. Berhemat Secara Perlahan 

Jangan Pernah melakukan penghematan yang ekstrim di dalam keuangan, hal tersebut akan menjadikan penghemat tersebut sebuah hal yang sulit atau bahkan mustahil dilakukan . Jalankan hal ini secara perlahan dan juga terencana . Mulailah dari hal – hal kecil saja yang terlihat mudah untuk kita lakukan .

3.Susun Anggaran dan Terapkan secara Bertahap

Ketika kita terbiasa melakukan pemborosan, maka bisa dipastikan kita memiliki sejumlah masalah dalm anggaran keuangan kita. Hal ini akan terjadi secara sistematis, dimana berbagai pos yang terdapat di dalam keuangan , terapkan berbagai macam kebijakan di dalam nya yang bertujuan unutk menghentikan pemborosan uang.
Setelah menyusun anggaran dengan baik , maka kita bisa menerapkan nya di dalam kehidupan.Ingat segala sesuatunya tidak bsia di ubah secara ekstrim.

3.Jadikan Rutinitas 

Semua orang akan  memiliki cara tersendiri dalam mengelola keuangannya.Akan tetapi , apapun cara yang kita pilih , sebaiknya kita mengawasi setiap pengeluaran yang kita lakukan dalam keuangan kita. Selalu luangkan waktu di akhir pekan untuk menghitung dan juga mengawasi keuangan dengan baik.

4.Hindari Godaan

Hindari godaan ketika mengetahui dengan baik apa yang menjadi kelemahan kita, maka kita dengan mudah dapat menghindarinya dan menjauh dari hal tersebut.Hal ini juga berlaku dalam masalah kebiasaan belanja kita yang buruk, di mana kita akan sering berperang dengan diri kita sendiri ketika kita mendatangi mal dan melihat banyak barang-barang bagus di sana. Jauhi mal dan pusat perbelanjaan, jika tempat itu memang membuat kita sulit berhemat.

5.Ganti Kebiasaan Lama dengan Kebiasaan Baru

Ada banyak hal yang harus berubah dalam hidup kita jika kita memang ingin mulai hidup hemat dan tidak boros. Kita bisa melakukannya dengan mudah dan tepat agar tidak menyulitkan kita. Contohnya, ketika kita senang menikmati kopi buatan kafe yang harganya terbilang cukup mahal, maka kita bisa mengubah kebiasaan tersebut dengan menyeduh kopi sendiri dari rumah dan membawanya ke tempat kerja.

6.Teruslah Berusaha

Perubahan bukanlah sebuah hal yang mudah untuk dilakukan, ada kalanya kita akan gagal dan kembali jatuh pada permasalahan yang sama. Jangan berkecil hati, segera bangkit dan kembali jalankan anggaran sesuai dengan kebijakan yang telah kita tetapkan sejak awal. Ini akan membutuhkan waktu yang sedikit lama, namun jika kita berkomitmen dalam melakukannya, maka pemborosan pasti bisa dihindarkan.

Ketahui dan Perbaiki Kelemahan

Ketika kita berbicara mengenai pemborosan, maka seringkali hal tersebut telah menjadi sebuah kebiasaan yang terjadi dalam kurun waktu yang panjang. Hal ini tentu dipengaruhi oleh cara kita dalam menyusun anggaran keuangan dan juga menerapkannya. Cari tahu di pos mana anggaran tersebut selalu membengkak, lalu terapkan beberapa kebijakan khusus di sana untuk mencegahnya kembali terulang. Jika belanja adalah kelemahan kita dalam mengontrol keuangan, maka lakukan hal ini dengan hati-hati dan penuh pertimbangan.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Tanggal Rilis Doom Eternal Ditunda Hingga 2020

Tue Oct 8 , 2019
Anda harus menunggu sedikit lebih lama untuk berburu setan.            Doom Eternal telah ditunda hingga 2020. Perangkat Lunak Id mengirim pengumuman yang menjelaskan bahwa tanggal rilis Doom Eternal sekarang ditetapkan untuk 20 Maret 2020. Studio juga berbagi beberapa pembaruan pengembangan pada berbagai proyek Doom, termasuk mode […]