Manfaat Tidur Larut Malam Untuk Kesehatan??

Manfaat Tidur Larut Malam Untuk Kesehatan??

Hymar

Salam sobat semua, siapa yang suka tidur larut malam? Berikut yang akan kami bahas adalah manfaat tidur larut malam untuk kesehatan?? Kok bisa sih? Sebagian pendapat mengatakan bahwa kesehatan berhubungan langsung dengan kebiasaan tidur, seperti yang kita ketahui tidur merupakan satu hal pertama yang harus dilakukan ketika orang merasa terdesak waktu.

Banyak yang berpikir bahwa tidur larut malam itu kurang baik untuk kesehatan. Benarkah? Ada penelitian yang memberikan pendapat sebaliknya, inilah manfaat tidur larut malam untuk kesehatan.

1. Bertambah Cerdas

Menurut studi pakar evolusi Satoshi Kanazawa, anak-anak yang cerdas akan berkembang menjadi orang dewasa yang bekerja hingga malam hari dan tidur larut malam. Selain itu, menurut studi Universitas Madrid, mahasiswa yang belajar hingga larut malam dapat nilai lebih tinggi daripada yang bangun pagi hari, dalam tes IQ.
Demikian hal disebutkan cukup masuk akal, pasalnya saat belajar larut malam materi pelajaran lebih mudah dipahami dan terekam otak dengan baik.

2. Lebih Kreatif

Menurut Marina Giampietro yang mengadakan studi di Milan mengungkap, tidur larut malam mendorong timbulnya jiwa yang non konvensional, sehingga bisa menemukan solusi alternatif. Beberapa juga memberikan pendapat yang sama, mereka yang biasa tidur larut malam lebih punya kemampuan dalam mencari solusi kreatif dan lain daripada yang lain, dibanding mereka yang biasa bangun pagi.

3 Lebih Berenergi

Menurut Peneliti di Universitas Alberta menguji kekuatan kaki sembilan orang yang biasa bangun pagi, dan sembilan yang tidur larut malam. Kekuatan orang yang bangun pagi konstan sepanjang hari, sedangkan energi mereka yang biasa tidur larut malam memuncak di malam hari.

Walaupun mungkin sedikit kontroversi, sungguhpun terbiasa tidur larut malam, selama porsi tidur yang cukup rasanya penelitian tersebut bisa dibenarkan.

4. Lebih Waspada

Studi Universitas Liege yang meneliti aktivitas otak orang yang biasa bangun pagi dan yang biasa tidur malam menunjukkan, 10,5 jam setelah bangun, aktivitas otak yang mengurus kewaspadaan dan ritme biologis harian pada mereka yang biasa bangun pagi menurun drastis. Itu jika dibanding dengan mereka yang biasa tidur larut malam.

Seseorang yang sering tidur larut malam, biasanya mungkin memiliki daya peka yang tinggi. Tidak heran di negara Eropa, burung hantu menjadi simbol kebijaksanaan.
Seperti diketahui, burung hantu beraktifitas di malam hari, berbanding terbalik dari kebiasaan burung elang lainya.

5. Lebih Tenang

Biasanya orang beranggapan, kurang tidur menyebabkan uring-uringan di pagi hari. Tapi studi menunjukkan, berlawanan dengan pandangan umum, mereka yang biasa bangun pagi memiliki jumlah kortisol lebih tinggi dalam darah. Hormon ini diproduksi tubuh untuk menangani stres.
Selain itu, dalam pengalaman spritual, mereka yang tidur larut malam seperti meditasi atau zukir, shalat sunah malam dan semacamnya, rata-rata mereka memiliki aura tenang dan menyenangkan.
Waktu terbaik menenangkan diri adalah saat larut malam, mungkin dengan suasana tenang dan hening, orang merasa punya kesempatan untuk menyendiri dan dalam situasi tenang bersama dunia dan Pencipta-Nya.

6. Selalu Berpikir Lebih Keras

Seperti diketahui, para tokoh, pengusaha sukses, pimpinan perusahaan dan orang-orang besar-besar, rata-rata dari mereka berpikir dan berjiwa besar.
Mereka yang biasa tidur larut malam juga punya rekan orang terkenal yang mau berpikir keras untuk kesejahteraan negaranya. Barack Obama salah satunya. Dalam wawancara dengan Newsweek tahun 2009 Obama mengatakan, “Saya mulai bekerja sekitar 9 pagi, sampai sekitar 6:30 malam. Setelah anak-anak tidur, saya masih membaca dan menulis sesuatu hingga 11:30. Setelah itu saya masih membaca buku hingga 12:30.”
Ada beberapa kemungkinan seorang tidur larut malam, mereka yang sibuk bekerja, perjalanan spritual atau gangguan psikis seperti sedang galau, misalnya.

Sebelum beberapa penelitian kontroversial ini muncul, ternyata dalam pemikiran lokal negeri ini sudah ada.  “Seperti nasehat orang tua dahulu, untuk mengurangi makan dan tidur. Hidup jangan hanya makan dan tidur, agar tidak menyesal kemudian.”

Baca juga : Cemilan Sehat untuk Diet, Aman dan Nggak Bikin Badan Melar

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Penyebab Hingga Cara Mengatasi Gangguan Apraxia

Thu Oct 31 , 2019
Apraxia adalah gangguan saraf yang menyerang sistem motorik. Kondisi ini menyebabkan otot tidak mampu menerima perintah otak dengan baik, sehingga penderitanya tidak mampu melakukan gerakan tertentu meski ia ingin. Apraxia bisa terjadi di berbagai bagian tubuh, meski umumnya menyerang otot area mulut. Pada kasus ini, penderita akan sulit melakukan gerakan-gerakan, […]
Penyebab Hingga Cara Mengatasi Gangguan Apraxia