Manfaat Minum Air Jahe Bagi Tubuh…

Manfaat Minum Air Jahe Bagi Tubuh...

Hymar – Tentu kita semua sudah mengenal dengan yang namanya Jahe memiliki nama lain Zingiber officinale, dimana jahe sudah lama di kenal oleh masyarakat Indonesia yang mana adalah akar dari tumbuhan yang memiliki banyak kegunaan dan fungsi sebagai rempah-rempah, obat herbal, selain menjadi bumbu masak dan obat jamu, jahe pun dapat di seduh dan di tambahkan dengan madu atau pun susu di dalamnya.

Jahe memiliki aroma yang khas dan memiliki segudang manfaat sebagai anti-radang dan anti inflamasi. Anti inflamasi ini menenangkan perut, diare dan mual, jahe pun dapat bermanfaat sebagai obat kesehatan mulai dari pilek, radang sendi, migrain hingga tekanan darah tinggi.

Bagaimana cara mengonsumsi jahe dan berapa banyak yang di perbolehkan ? Minum air jahe umumnya aman, namun ketika di konsumsi berlebihan jahe dapat membuat perut sakit, perut kembung terasa panas, dan mulas serta diare. Anda tak dianjurkan mengonsumsi lebih dari 4 gram jahe per harinya. Parut 4-5 cm jahe segar lalu masukkan dalam rebusan 4 gelas air, biarkan dimasak selama 10-15 menit, setelah itu didiamkan dan disaring airnya untuk memisahkan dari parutan jahe, setelah itu dapat di minum hangat maupun dingin, andapun bebas menambahkan sedikit gula dan perasan air lemon ataupun menambahkan madu di dalamnya.

Berikut adalah fungsi minum air jahe bagi tubuh

1. Menghilangkan mual dan muntah

Menurut penelitian salah satu manfaat jahe untuk menenangkan dan mencegah mual dan muntah, minum air jahe untuk meredakan saat mabuk laut, efek pemulihan setelah operasi, kemoterapi, dan mual saat masa kehamilan.

2. Meredakan nyeri sakit

Senyawa kimia gingerol dan fenol yang terkandung didalamnya bersifat antinyeri yang bisa meredakan sakit. Keduanya berkhasiat meredakan gejala iritasi lambung, meredakan kram saat masa menstruasi, hingga nyeri otot setelah berolahraga, dan meredakan gejala migrain tanpa efek samping.

3. Melawan peradangan rematik osteoarthritis

Mengkonsumsi air jahe secara rutin pun dapat membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh nyeri sendi osteoarthritis dan rematik. Air jahe ini dapat mendukung kesehatan tulang juga loh.

4. Menjaga kestabilan tekanan darah

Penelitian menyebutka bahwa manfaat minum air jahe berguna untuk menjaga kestabilan tekanan darah, terutama bagi mereka yang sedang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi sangat baik untuk di konsumsi ya.

5. Mengontrol kadar gula dalam darah

Minum air jahe pun dapat memiliki efek kuat dalam mengontrol kadar gula dalam darah, sebab jahe mendukung metabolisme karbohidrat dan lipid, memiliki efek perlindungan yang kuat bagi penderita diabetes, menghindari dari kerusakan mata dan komplikasi lainnya.

6. Melancarkan sistem pencernaan

Manfaat minum air jahe secara rutin pun dapat menyehatkan sistem pencernaan tubuh kita dimana penyakit yang berhubungan pencernaan seperti perut kembung. sembelit atau naiknya asam lambung dalam tubuh dapat diselesaikan dengan baik.

7. Mencegah kanker usus

Menurut penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa mengonsumsi air jahe secara rutin memiliki resiko yang lebih rendah untuk terkena kanker usus.

Baca juga : Manfaat Sayur Tomat Untuk Kesehatan

8. Menyembuhkan alergi dan menguatkan imun tubuh

Jika anda minum air jahe secara rutin maka cara alami untuk memperkuat imunitas dalam tubuh adalah mengkonsumsinya dan air jahe ini pun dapat menyembuhkan gatal-gatal karena alergi dalam tubuh anda juga loh.

9. Membakar lemak jahat

Salah satu manfaat minum air jahe secara rutih adalah membakar lemak jahat dalam tubuh, sebab jahe merupakan penguat imun tubuh, membakar kalori, membantu meningkatkan rasa kenyang dan membantu kita dalam diet juga loh.

Manfaat Minum Air Jahe Bagi Tubuh...

Masih banyak lagi manfaat lainnya jika anda mengonsumsi air jahe setiap hari secara rutin ya, jadi jika kamu sedang menderita penyakit ringan kamu bisa memanfaatkan air jahe ini dan semoga bisa disembuhkan dengan cara mengkonsumsinya daripada mengonsumsi obat berbahan kimia yang bisa menimbulkan efek samping.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

5 Manfaat Dari Teh Hijau Untuk Kesehatan

Sat Sep 14 , 2019
  Teh merupakan salah satu minuman yang paling populer di seluruh dunia. meski dianggap hanya sebagai minuman berasa seperti pada umumnya, namun teh menimpan banyak manfaat untuk kesehatan, khusus ny teh hijau. Manfaat teh hijau sangatlah penting bagi kesehatan.Teh hijau banyak mengandung zat antioksidan yang dapat menolak racun yang akan […]
5 Manfaat Dari Teh Hijau Untuk Kesehatan