Manfaat Jamur dan Risiko Mengonsumsi Bagi Kesehatan

Manfaat Jamur dan Risiko Mengonsumsi Bagi Kesehatan

Jamur sudah dikonsumsi sejak lama, baik sebagai makanan maupun untuk bahan pembuatan obat tertentu, karena tumbuhan ini memang kaya akan nutrisi.Namun, mengonsumsi jamur tidak selalu baik untuk tubuh, karena ada beberapa jamur yang bersifat racun.Untuk mengenal lebih jauh mengenai manfaat jamur bagi kesehatan, beserta potensi risikonya, simak ulasannya berikut ini.

Kandungan nutrisi yang ada di dalam jamur

Jamur adalah tumbuhan yang bisa hidup di dalam liar dan juga di budidayakan. Tumbuhan ini sering didambakan sebagai makanan diet dan mudah di olah, baik itu sebagai makanan segar maupun makanan kaleng. Jamur yang sering di konsumsi adalah jamur putih, atau jamur shitake.

Jamur memang rendah kalori namun kaya akan protein, serat dan vitamin, serta mineral.Selain itu jamur juga mengandung antioksidan, selenium dan polisakarida serta vitamin D2 (ergokalsiferol).

Manfaat jamur bagi kesehatan 
1. Jamur dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh

Pada pengobatan tradisional cina, jamur shitake digunakan untuk membuat obat flu.Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa ekstrak jamur shitake dapat melawan virus dan meningkatkan daya tahan tubuh dari infeksi akibat bakteri atau jamur.

2. Menurunkan kolestrol tinggi 

Kandungan beta-gukan,eritadenine, dan chitoson pada jamur juga membantu menurunkan kolestrol.Sebuah studi di lakukan pada orang obesitas yang melakukan diet dengan jamur.Hasilnya menunjukkan bahwa mengganti daging dengan jamur selama 3 kali seminggu, dapat meningkatkann HDL (kolestrol baik).

3. Mengahambat pertumbuhan sel kanker 

Jamur kaya akan antioksidan yang membersihkan tubuh dari radikal bebas.Radikal bebas yang ada di tubuh berpotensi menyebabkan penyakit kanker.Beta-glukan pada jamur juga digunakan sebgai salah satu perawatan kemoterapi atu terapi radiasi.

Walaupun tidak membunuh sel kanker, beta-glukan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga menghambat pertumbuhan sel aknker. Selain itu beta-glukan juga mengatasi efek samping mual akibat kemoterapi atau terapi radiasi.
Sayangnya, manfaat dari jamur ini mungkin tidak berefek pada semua pasien.

4. Sehat bagi jantung

Serat, kalium dan vitamin C pada jamur berkontribusi menjaga tekanan darah dan kolestrol sehingga menurunkan risiko terjadinya penyakit kardiovasker hipertensi.

Risiko dan berbahaya yang mungkin terjadi akibat makan jamur.

1. Keracunan
Keracunan bisa terjadi ketika mengonsumsi jamur yang terkontaminasi Camplylobacter jejuni, yaitu bakteri yang bisa muncul pada jamur. Mengonsumsi jamur liar seperti jamur amanitas dan jamur cokelat dapat menyebabkan kematian.

2. Meningkatkan risiko berbagai penyakit 
Beta-glukan yang terdapat pada jamur memang dapat mencegah berbagai jenis penyakit.Namun,kelebihan beta-glukan dalam tubuh akan meningkatkan risiko terkena penyakit lupus, asma, rematik, dan multiple sclerosis. Namun hingga kini, penelitian belum menyimpulkan seberapa banyak kandungan beta-glukan dapat menyebabkan penyakit-penyakit tersebut.

Jamur yang tumbuh di area industri, kemungkinan besar mengandung arsenik yang sebaliknya dapt meningkatkan penyakit kanker.

3. Alergi
Spora yang dihasilkan oleh beberapa jamur dapat menyebabkan reaksi alergi ekstrem pada orang tertentu. Spora tersebut terbang di ke udara di lingkungan yang lembap.Apabila tercium oleh orang yang memiliki alergi, spora jamur akan menyebabkan infeksi pernapasan, penyakit asma, atau paru-paru.

Untuk itu agar terhindar dari efek buruk jamur, pastikan anda hanya mengonsumsi jamur yang di jual di tempat terpercaya. Jangan sembarangan mengonsumsi jamur yang tumbuh di lingkungan rumah anda.Pastikan pengolahan jamur dilakukan dengan baik (dicuci dan di masak).

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Bagaimana sekarang dengan bintang USMNT Christian Pulisic di Chelsea?

Mon Sep 23 , 2019
menghangat di sela-sela di Stamford Bridge pada hari Minggu, melihat ke arah bangku cadangan pada banyak kesempatan ke arah bos Chelsea Frank Lampard. Gerakan baginya untuk datang sebagai pemain pengganti tidak datang, sekali lagi, ketika Pulisic menyaksikan saat the Blues kalah 2-1 di kandang sendiri dari Liverpool. Untuk pertandingan ketiga […]
Bagaimana sekarang dengan bintang USMNT Christian Pulisic di Chelsea?