Makanan dan Minuman yang Tidak Baik untuk Kesehatan Hati

Hati atau Liver adalah salah satu organ yang paling sulit bekerja dan salah satu organ terbesar yang terdapat dalam tubuh. Hati berfungsi untuk menyaring semua kotoran dalam darah kamu. Pola makan dengan makanan tidak sehat akan membuat hati kamu berkerja lebih keras dibanding kamu mengonsumsi makanan sehat.

Maka dari itu, untuk menjaga kesehatan hati kamu, disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak memperbanyak minum air putih, dan mengurangi stress. Hindari juga makanan yang dapat menimbulkan masalah pada livermu.

Dilansir dari thelist.com, berikut beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya kamu hindari untuk menjaga kesehatan hati atau liver kamu.

1. Kentang Goreng

Kentang goreng merupakan karbohidrat plus lemak. Minyak yang terkandung di dalamnya cukup banyak. Kathleen E. Corey, direktur Fatty Liver Clinic, Rumah Sakit Umum Massachusetts mengatakan, diet tinggi karbohidrat olahan dapat menimbulkan penyakit hati.

“Diet tinggi karbohidrat olahan dapat mengarah pada timbulnya penyakit hati akibat lemak,” ungkapnya.

Sementara, spesialis transplantasi hati Dr. Ming V. Lin, mengatakan, Makanan ini menyebabkan naiknya glukosa darah dan dapat meningkatkan timbunan lemak di hati. Mengonsumsi ini secara berlebihan dapat memiliki efek yang tidak baik pada hati, serta meningkatkan kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik.

2. Soda

Soda banyak mengandung sirup jagung fruktosa tinggi (HFCS), salah satu zat terburuk yang dapat menimbulkan masalah pada hati kamu. Bahkan jika soda dibuat dengan gula tanpa menggunakan HFCS, itu juga tidak baik untuk hati kamu. Salah satu fungsi lain yang dilakukan hati adalah mengubah gula menjadi lemak. Terlalu banyak pemanis, hati kamu akan memproduksi lebih banyak lemak. Kelebihan lemak dapat menyebabkan penyakit hati berlemak. Kondisi ini dapat membahayakan kesehatan kamu.

3. Alkohol

Faktanya, alkohol sama sekali tidak ramah terhadap hati atau liver kamu. Sirosis alkoholik adalah salah satu masalah hati yang disebabkan karena terlalu sering mengonsumsi alkohol. Jika penyakit ini sudah terlalu parah, berhenti mengonsumsi alkohol tidak dapat memperbaiki fungsi hati yang sudah rusak, tetapi hanya dapat mengurangi kerusakan fungsi hati semakin memburuk.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Cegah Kerusakan Organ Akibat Hipertensi

Thu Feb 27 , 2020
Hipertensi yang tidak dikendalikan dan ditangani dengan tepat akan menyebabkan kerusakan organ tubuh lainnya, yaitu pada otak, jantung, mata, ginjal serta pembuluh darah perifer. Sebagian besar penderita hipertensi tidak menyadari bahwa dirinya telah menderita hipertensi. Hipertensi akan meningkatkan risiko penyakit jantung koroner hingga 2 kali lipat, sedangkan gagal jantung dan stroke […]