KPAI Dan PB Djarum Kontroversi Akhirnya Memiliki Kesepakatan…

KPAI Dan PB Djarum Kontroversi Akhirnya Memiliki Kesepakatan...

Hymar – KPAI atau yang di sebut sebagai Komisi Perlindungan Anak Indonesia menjadi sorotan karena meminta pemberhentian beasiswa bulu tangkis oleh PB Djarum, keputusan KPAI ini lantas menjadi kontroversi, dimana audisi Beasiswa Umum Bulu tangkis PB Djarum ini sudah berjalan lebih dari 10 tahun dan akan dihentikan 2020 mendatang.

Akibat polemik soal kegiatan Audisi Umum Beasiswa Bulu Tangkis PB Djarum ini KPAI menuding jika ajang tersebut melakukan eksploitasi anak untuk mensponsorkan brand rokok. Hal itu pun membuat PB Djarum mengambil keputusan untuk menghentikan Audisi tersebut pada tahun 2020 mendatang dan tahun ini akan menjadi yang terakhir. Keputusan itu membuat seluruh Indonesia bereaksi dan banyak yang kecewa karena takut dunia bulu tangkis Indonesia akan kehilangan bibit muda yang berpotensi.

Pernyataan PB Djarum
Rudy Hartono yang juga sekaligus menjabat sebagai Ketua Umum PB Jaya Raya berpendapat bahwa tudingan KPAI terhadap PB Djarum masuh tergolong subjektif. Dia pun mengusulkan untuk membuktikan tudingan KPAI tentang eksloitasi yang terjadi dalam audisi umum beasiswa bulu tangkis tersebut. Menurut Rudy berhentinya audisi bulu tangkis PB Djarum dikhawatirkan balak menyendat pembinaan atlet sejak usia dini.

Terlebih cabang olahraga tersebut sering menyumbang medali emas untuk mengharumkan nama bangsa, setiap hari banyak anak yang bermiimpi untuk bisa jadi Juara Indonesia, tanpa kesempatan seperti ini di usia muda, Susi Susanti yang aslinya dari Tasikmalaya dan Alan Budikusuma yang aslinya dari Surabaya gak akan bisa jadi orang yang kita kenal sampai sekarang karena membawa nama harum Indonesia dalam juara Bulu Tangkis dan menyumbangkan sejumlah medali emas ke Tanah air kita ini.

Pernyataan KPAI
Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto pun menegaskan bahwa pihaknya sama sekali tidak berniat untuk menghentikan audisi tersebut, justru KPAI mendukung kemajuan prestasi anak Indonesia. Susanto menerangkan apa yang dilakukan KPAI terkai PB Djarum telah sesuai dengan aturan pemerintah terkait larangan penyertaan nama merek, logo, atau brand dalam penyelengaraan audisi, diatur dalam PP 109 tahun 2012.

KPAI hanya menjalankan tugas agar peraturan tersebut ditaati oleh semua pihak, KPAI pun meminta kepada Djarum untuk mengganti logo tersebut sebelum akhirnya audisi dilanjutkan di kota-kota selanjutnya. PB Djarum menanggapinya dengan memutuskan untuk menghentikan penyelenggaraan audisi itu pada tahun 2020, yang mana disampaikan melalui jumpa pers oleh Yoppy Rosiman, Direktur Program Bakti Olahraga Djarum Foundation pada Sabtu (7/9/2019) di Hotel Aston Imperium, Purwokerto, Jawa Tengah.

KPAI Dan PB Djarum Kontroversi Akhirnya Memiliki Kesepakatan...

Kesepakatan KPAI Dan PB Djarum
Mengenai hal penudingan antara KPAI dan PB Djarum mengadakan pertemuan yang dimediasi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Kamis (12/9/2019). Secara keseluruhan setelah melakukan mediasi kedua belah pihak menghasilkan empat poin yang langsung di bacakan oleh Menpora. Berikut hasil kesepakatan antara KPAI dan PB Djarum :

1. Para pihak yang beberapa waktu terakhir ini berpolemik tentang masalah audisi bulu tangkis Djarum telah mengadakan pertemuan yang dipimpin oleh Menpora dengan tujuan mencari solusi agar audisi bulu tangkis tetap berkesinambungan dengan sejumlah catatan penting dan harus sesuai ketentuan yang berlaku.

2. Alasan utama adanya kesinambungan audisi bulu tangkis ini adalah dengan mempertimbangkan adanya ketersediaan atlet bulu tangkis usia muda secara selektif dan berjenjang dalam berkontribusi bagi proses pembibitan atlet bulu tangkis nasional karena cabor bulu tangkis masih menjadi salah satu cabang olahraga penyumbang utama perolehan medali di sejumlah event olahraga internasional.

3. Atas dasar poin nomor satu dan dua di atas, disepakati hal sebagai berikut:

a. Djarum Foundation:

PB Djarum sepakat untuk mengubah nama yang semula audisi umum beasiswa PB Djarum 2019 menjadi audisi umum beasiswa bulu tangkis tanpa menggunakan logo, merek, dan brand image Djarum.

b. KPAI

KPAI sepakat untuk mencabut surat KPAI tanggal 29 Juli 2019 tentang permintaan pemberhentiaan audisi Djarum.

4. Kemenpora, KPAI, dan PBSI sepakat memberikan kesempatan kepada PB Djarum untuk konsolidasi secara internal guna melanjutkan audisi pada 2020 dan seterusnya dengan mengacu pada kesepakatan yang telah diambil pada pertemuan hari ini KamisĀ 12 September 2019 bertempat di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga yang dipimpin oleh Menpora.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Makanan Organik Untuk Hidup Yang Lebih Sehat

Thu Sep 12 , 2019
Konsumsi makanan sehat sangat di perlukan bagi tubuh supaya stamina tubuh terjaga dengan baik.Makanan sehat yang tumbuh secara organik terbukti memiliki lebih banyak nutrisi,vitamin,mineral, enzim, dan mikronutrien. Makanan organik merupakan pilihan yang tepat untuk di masukkan ke dalam menu diet.Meskipun lebih mahal,manfaat kesehatan yang diperoleh dari makanan organik yang baik […]