Kereta Cepat Jakarta-Bandung

1

Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Hymar – Menteri BUMN Rini Soemarno menargetkan Kereta Cepat Jakarta-Bandung buatan PT. Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) dimana bisa rampung separuhnya pada akhir tahun 2019. Progres konstruksi proyek ini telah lebih dari 35 persen.

Rini Soemarno pun menuturkan bahwa sampai tahun ini Insya Allah kita targetkan selesainya sampai 50 persen, jadi ini sekarang kita coba cepat selesaikan, dimana tiang-tiangnya sudah selesai, tinggal memindahkan kabel transmisi listrik yang ada di Cikarang.

PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) mulai dalam tahap pemasangan girder pertama yang merupakan bagian dari struktur layang atau elevated pada proyek ini. Dimana prosesi peletakan girder pertama tersebut dilaksanakan di casting yard 1 proyek kereta cepat ini di Km 26 Tol Jakarta-Cikampek, Cikarang Utama, Kabupaten Bekasi pada hari Senin(30/9/2019).

Pihaknya juga terus menggenjot tahap konstruksi sehingga target bisa terlaksana. Proyek kereta cepat ini pun di targetkan selesai pada 2021, kuartal II 2021 (April-Juni). Pelepasan lahan untuk lintasan kereta pun sudah hampir selesai, dan telah memasuki tahap pembangunan dan akan dilakukan uji coba selama tiga sampai empat bulan sebelum beroperasi penuh.

Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Kereta Cepat Jakarta-Bandung

PT KCIC dan kontraktor yang terlibat dalam proyek pembangunan kereta cepat pertama di Indonesia yaitu Sinohydro, WIKA dan CREC, terus mengupayakan proses pengerjaannya dengan metode yang efektif dan efisien agar proyek dapat terselesaikan sesuai dengan waktu yang sudah direncanakan sebelumnya.
Sebagai tambahan informasi, untuk memenuhi kebutuhan box girder di sepanjang trase, proyek kereta cepat ini memiliki tiga buah casting yard yang tersebar di beberapa titik di Cikarang dan Bandung.

Untuk kapasitas angkut kereta cepat ini adalah sekitar 109 ribu penumpang per hari dan dengan kecepatan 350 Km/jam kereta ini dapat memangkas waktu tempuh dari Jakarta ke Bandung maupun sebaliknya hingga 36 menit (untuk perjalanan langsung) dan 46 menit (untuk perjalanan tak langsung).

Kereta cepat ini merupakan hasil pengembangan tipe CRH380A dari perusahaan China, CCRC Qingdao Sifang. Untuk masalah tarif layanan menurut Direktur Utama PT. Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC), Chandra Dwiputra menyatakan ongkos tarif  kereta cepat Jakarta-Bandung ini dipatok mencapai Rp 300 ribu untuk pelayanan kelas II. Kereta cepat ini akan tersedia dalam tiga kelas pelayanan, mulai Kelas VIP, kelas I dan kelas II.

Baca juga : Perayaan 2 Tahun Kedatangan Panda Di Taman Safari Bogor

admin

One thought on “Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

5 Cara Mengatasi Sakit Otot Leher

Tue Oct 1 , 2019
Leher kaku bisa sangat menyakitkan dan mengganggu aktivitas sehari – hari. Jika tubuh secara keseluruhan ditopang oleh otot-otot besar seperti pada kaki, batang tubuh dan bahu, kepala didukung oleh banyak sekali otot-otot yang lebih kecil pada bagian leher. Selain menggunakannya dalam beraktivitas, hampir tidak ada orang yang memberi perhatian lebih […]
5 Cara Mengatasi Sakit Otot Leher