Kenali Kulit Gatal Saat Udara Dingin

Kenali Kulit Gatal Saat Udara Dingin

Hymar – Di sebagian daerah di Indonesia saat ini cuaca sudah mulai dingin, nih.  Saat cuaca dingin, kenali kulit gatal saat udara dingin. Ada orang yang mengalami gatal-gatal di kulitnya. . Apa kamu juga begitu? Gatal-gatal di kulit saat udara dingin bisa jadi salah satu gejala alergi dingin, teman-teman. Yuk, cari tahu penyebab alergi dingin serta gejalanya.

 Alergi Dingin?

Alergi bisa terjadi karena banyak hal, salah satunya adalah karena udara dingin. Dalam istilah medis, alergi dingin disebut juga urtikaria dingin. Alergi dingin ditandai dengan reaksi kulit terhadap suhu yang dingin, menyebabkan munculnya bilur atau bentol kemerahan yang terasa gatal.

Penyebab Alergi Dingin

Reaksi gatal alergi dingin terjadi karena tubuh melepaskan zat yang bernama histamin dan zat kimia lain ke dalam aliran darah. Tubuh melepaskannya karena suhu yang dingin.

Reaksi ini tidak terjadi pada semua orang karena tedapat beberapa faktor yang memengaruhinya, seperti virus, penyakit tertentu, dan faktor genetik atau bawaan yang membuat kulit terlalu sensitif.

Gejala Alergi Dingin

Selain kulit menjadi kemerahan dan gatal, terdapat beberapa tanda atau gejala alergi dingin, seperti tangan terasa bengkak saat memegang benda dingin. Ketika sudah parah, alergi dingin bisa menyebabkan sulit bernafas karena tenggorokan dan lidah membengkak, tekanan darah menurun, jantung berdebar lebih kencang, bahkan bisa sampai pingsan.

Ketika kita mengalami gejala ini sebaiknya segera menemui dokter karena bisa membahayakan kesehatan. Dokter bisa memberikan obat untuk mengurangi gejalanya dan penting bagi kita untuk mencegah terjadinya alergi dingin. Namun, apabila gejala alergi dingin tidak terlalu parah, reaksi gatal bisa hilang dengan sendirinya. Kita bisa membantu meredakan gatal itu dengan beberapa cara di rumah.

Meredakan Gatal Akibat Alergi Dingin

Kita bisa mengompres bagian yang gatal dengan handuk yang dibasahi dengan air dingin. Ini bisa mengurangi peradangan dan sensasi gatal di kulit. Selain itu, kita bisa mengoleskan gel lidah buaya yang dingin sehingga bisa menenangkan kulit dan meredakan gatal.

Namun, lebih baik periksa dulu reaksi kulitmu saat diolesi gel lidah buaya, ya, jadi sebaiknya hindari langsung mengoleskannya di seluruh area yang gatal. Mandi merupakan salah satu cara meredakan gatal, kamu juga bisa mandi dengan menambahkan campuran oatmeal dan soda kue untuk membantu meredakan sensasi gatal.

Kemudian, sebaiknya hindari hal yang bisa menyebabkan iritasi seperti sabun atau losion dengan pewangi, parfum, dan cahaya matahari. Selain itu kenakanlah pakaian yang longgar dan nyaman supaya kulit tidak mudah gatal.

Mencegah Alergi Dingin

Jika kamu memiliki alergi dingin, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah gejala alergi dingin terjadi, yaitu:

1. Menghindari konsumsi makanan dan minuman dingin terutama saat cuaca sedang dingin,

2. Melindungi kulit dengan jaket atau bahan lainnya agar tidak langsung terpapar suhu dingin

Jangan lupa juga untuk berkonsultasi dengan dokter apabila sudah pernah merasakan gejala-gejala alergi dingin.

Nah anda sudah tahu kan kenali kulit gatal saat udara dingin ya, waspada dan mulai untuk pencegahan dan pengobatannya ya.

Baca juga : Sayuran Penurun Kolestrol

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

3 Tips Memilih Tipe Bronkodilator yang Tepat untuk Orang dengan PPOK

Wed Dec 11 , 2019
PPOK (penyakit paru obstruktif kronik) adalah penyakit yang menyebabkan peradangan pada saluran paru sehingga menghambat aliran udara. Orang dengan penyakit ini, akan sering batuk berdahak, mengi, dan sulit untuk bernapas. Untuk meredakan gejala, pasien PPOK memerlukan obat, salah satunya bronkodilator. Namun, seperti apa jenis bronkodilator yang cocok untuk pasien PPOK? Bronkodilator […]