Kata Siapa Gaji Kecil Menyulitkanmu untuk Menabung?

hymar.org – Gaji yang tidak besar alias pas-pasan dan diiringi dengan banyaknya pengeluaran selama sebulan, dapat membuat siapa saja kesulitan untuk menabung. Meski sulit, bukan berarti kamu tidak dapat melakukan kebiasaan baik ini, loh. Ini dia, trik menabung dengan gaji yang pas-pasan tanpa membuat dompetmu megap-megap. 

Konsumsi makanan dengan harga terjangkau

Jangan habiskan uangmu hanya untuk kegiatan berburu kuliner. Menyantap makanan lezat memang tidak salah, tetapi jika hampir seluruh pemasukanmu dihabiskan untuk membeli makanan lezat, kamu akan kesulitan untuk menabung. Coba deh masak sendiri makananmu. Selain kebersihannya yang terjamin, kamu juga dapat berhemat!

Kebiasaan berbelanja perlu dikontrol

Siapa yang tidak suka berbelanja? Gemintang pun suka! Tetapi, kebiasaan berbelanja perlu dikontrol agar kamu dapat tetap menabung. Jika memang kamu hendak berbelanja, sediakan dana beberapa persen dari gajimu atau kamu dapat menunggu musim diskon. Percayalah, kerja kerasmu menabung pasti tidak akan sia-sia.

Jangan ambil semua uangmu di ATM

Gemintang sarankan, ambillah uang di ATM dengan nominal kecil dan sesuai keperluanmu. Mengapa? Karena mengambil uang terlalu banyak akan membuat kamu tergiur untuk menghabiskannya–entah untuk berbelanja atau melakukan aktivitas lain.

Gunakan transportasi umum

Dewasa ini, transportasi umum di kota-kota besar sudah sangat banyak dan semakin baik. Mulai dari commuterline hingga busway. Jadi, jika kamu dapat berhemat dengan menggunakan transportasi umum, kenapa mesti malu? Atau apabila kamu hendak pergi ke tempat-tempat yang tidak terlalu jauh, jalan kaki bisa jadi ide yang bagus. Hitung-hitung sekalian olahraga, kan?

Membeli satu per satu barang yang diinginkan

Ingin gadget baru, baju baru, hingga tas merek Michael Kors keluaran terbaru? Agar isi dompetmu tidak hangus dalam waktu sekejap, buatlah daftar tentang barang-barang mana yang menjadi prioritas untuk dibeli. Kemudian di bulan berikutnya, kamu bisa kembali membeli barang-barang lainnya. Dengan begini, uang yang kamu sisihkan untuk menabung tidak akan terganggu.

Belanja dalam kondisi kenyang

Jujur deh, Sobat Gemintang pasti pernah membeli beberapa camilan saat berbelanja karena kondisi perut yang sedang terasa lapar? Mulai sekarang, segera isi perutmu sebelum pergi ke supermarket. Kondisi perut yang kenyang akan membuatmu enggan berbelanja makanan lain selain yang ada di dalam daftar belanjaanmu.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

11 Manfaat dari Alpukat Untuk Kesehatan

Thu Sep 26 , 2019
Alpukat merupakan buah yang memiliki kandungan lebih dari 25 nutrisi penting termasuk “vitamin A, B, C, E, dan K, copper, zat besi, phosporus, magnesium, dan kalium. Bahkan anda akan perlu untuk makan dua atau tiga buah pisang untuk mendapatkan kandungan kalium dalam satu alpukat. Alpukat juga mengandung serat bermanfaat, protein […]
11 Manfaat dari Alpukat Untuk Kesehatan