Kabut Asap Yang Menyelimuti Enam Provinsi

 

Kabut Asap Yang Menyelimuti Enam Provinsi

Musim kemarau panjang byang melanda Indonesia tahun ini mengakibatkan kebakaran hutan dan lahan.Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyebutkan Sepanjang Januari hingga Agustus 2019, luas lahan terbakar mencapai 135.749 hektar.Luas hutan dan lahan terbakar terbanyak di Indonesia dalam kurun tersebut adalah Nusa Tenggara Timur, yakni mencapai 71.712 hektar.

Kalimantan Timur itu nomor dua se-Kalimantan, bukan nomor dua se-Indonesia.Kalimantan Timur4.430, Kalimantan Selatan 4.670,Kalimantan Tengah tigaribu, Kalimantan Barat tiga ribu juga.Paling rendah Bengkulu du hektar.

Kebakara hutan dan lahan ( kathula ) masih terjadi di sejumlah wilayah di Pulau Sumatera dan Kalimantan.

Semua hal ini mengakibatkan menyebarnya kabut asap di wilayah perbatasan Kalimantan Barat dan Serawak,

Kabut asap sebagai dampak kebakaran hutan di Kalimantan di rasakan di Negara bagian Sarawak, Malaysia.Akibatnya,aktivitas belajar 409 sekolah di liburkan.

Namun meski demikian BNPB memastikan, kabut asap karhutla tidak akan meluas sampai ke Singapura dan Semenanjung Malaysia.Hingga 7 Sepetember 2019 pukul 07.00, masih ada sejumlah titik api atau hotspot kategori sedang dan tinggi di enam provinsi prioritas.

Enam provinsi tersebut yaitu, Riau dengan 101 titik api.Jambi 84 titik, Sumatera Selatan 126titik, Kalimantan Barat 660 titik, Kalimantan Tengah 482 titik, dan Kalimantan Selatan 46 titik.

Banyaknya titik api di wilayah Kalimantan Barat ini menyebabkan jarak pandang pendek sehingga penerbangan pesawat beberapa di bandara Kalimantan Tengah Terganggu.

Untuk enam provinsi prioritas BNPB menerjunkan 9.072 personil untuk patroli, sosialisai, dan pemadaman darat, juga di kerahkan 37 pesawat untuk water bombing dan patroli.Di provinsi Riau juga pesawat untuk operasi teknologi modifikasi cuaca atau hujan buatan.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Beberapa Cara Mengatasi Insomnia...

Wed Sep 11 , 2019
Hymar – Pada pembahasan kali ini akan kami berikan beberapa cara mengatasi Insomnia atau gangguan tidur yang sering banyak kali terjadi pada sebagian orang di sekeliling kita atau bahkan teman dan saudara kita sendiri, ataupun termasuk kita juga ya. Insomnia adalah gangguan yang menyebabkan kesulitan saat tidur dan dapat dialami […]
Beberapa Cara Mengatasi Insomnia...