Jajanan Tradisional di Bali

Jajanan Tradisional di Bali

Hymar – Jajanan tradisional di Bali sangat beragam, disini kami ingin membagikan informasi kepada anda, apa saja sih jajanan tradisionalnya? Simak langsung yuk.

1. Jaja Klepon

Klepon (diucapkan KLE-pon) adalah kue tradisional, populer di Indonesia dan Malaysia. Jajanan yang satu ini meskipun sudah berumur namun sepertinya tidak termakan umur dan berada di tepi jaman. Kelpon masih mudah ditemukan di berbagai tempat dari pasar sampai dengan hotel bekelas. Kelepon adalah kue dari bahan ketan, diisi dengan gula Bali cair (gula kelapa), dan berguling dalam parutan kelapa. Klepon hijau karena dibumbui dengan pasta yang terbuat dari pandan atau tanaman yang daunnya dracaena digunakan secara luas dalam masakan Asia Tenggara.

Di bagian lain Indonesia, seperti di Sumatera dan di negara tetangga Malaysia, kue tradisional klepon disebut sebagai onde-onde. Sementara di Bali onde-onde adalah merujuk ke Cina Jin deui, beras kue bola dilapisi dengan biji wijen diisi dengan pasta greenbean manis. Meskipun populer di seluruh Asia Tenggara, klepon mungkin berasal dari Bali.

Kue tradisional Klepon, bersama dengan getuk dan cenil biasanya dimakan sebagai cemilan pagi atau sore hari. Untuk makan klepon harus berhati-hati karena salah satu yang baru direbus biasanya berisi gula kelapa cair panas yang akan bisa muncrat ketika kita menggigit. Dalam penyajiannya biasanya kelepon disajikan dengan kelapa parut.

Kelepon mempunyai ciri khas yang membedakannya dengan jajanan lain walupun dibuat dengan bahan yang sama yaitu bentuknya yang unik, entah dari mana model jajan kelepon ini diadopsi sehingga sampai sekarang bentuk kelepon di seluruh jajanan tradisional di Bali semuanya sama. Adapun ciri fisiknya adalah bulat dengan ujungya yang agak runcing, jika diperhatikan mirip seperti tetesan air. Dalam penyajiannya biasanya kelepon disajikan dengan kelapa parut.

Jajanan Tradisional di Bali

 

2. Jaja Laklak

Laklak merupakan jajanan pasar tradisional Bali yang terbuat dari tepung beras, Kapur sirih, Daun kayu sugih dan bahan tambahannya berupa parutan kelapa, gula merah dan garam, bentuknya bundar, salah satu sisinya kasar berwarna hijau dan sisi lainnya lembut berwarna putih. Biasanya laklak disajikan dengan ditaburi parutan kelapa dan disiram dengan larutan gula merah yang cukup kental. Jaje laklak hampir ada di seluruh desa di Bali, hampir di pasar-pasar tradisional ada.

Jajanan Tradisional di Bali

3. Jaja Bendu

Bendu adalah kue khas dari Bali yang biasanya dibuat untuk keperluan upacara keagamaan atau upacara perkimpoian sebagai sajian, namun sekarang kue ini sudah banyak dibuat untuk dijual sebagai kue jajanan pasar. Kue jenis ini sudah tersebar di seluruh Bali. Kue ini terbuat dari beras ketan, dan biasanya dimakan untuk teman minum kopi. Untuk isiannya berisi unti atau isi ke dalam lapisan tipis tepung ketan dan Gulung sampai dua lapis. Kue ini tidak tahan lama, paling lama tahan selama satu hari.

4. Jaja Uli

Makanan khas Bali warisan nenek moyang. Jaja uli biasa digunakan untuk piodalan seperti hari raya galungan dan kuningan. Terbuat dari bahan dasar tepung beras. Ada warna putih dan cokelat. Jika jaja uli berwarna putih, maka terbuat dari campuran gula pasir, kalau yang cokelat dari gula Bali. Ada yang dijual basah ataupun digoreng kering. Jaje uli basah biasanya ditemani dengan tape yang manis.

Jajanan Tradisional di Bali

5. Jaja Sumping

Jajanan pasar emang selalu bikin kangen, kue pisang ini salah satunya. Di Bali dikenal dengan nama Jaje Sumping. Rasanya legit dan manis. Apalagi ditambah dengan aroma daun pisang memberikan aroma wangi yang khas. Sayang sekali saya hanya memanfaatkan sisa-sisa daun yang udah seminggu nginep di kulkas. Penampakan akhir jadi kurang fresh, warna hijau daunnya berubah menjadi kecoklatan tapi soal rasa jangan ditanya deh dijamin enak.

Saya rasa jajanan ini bisa dijumpai diberbagai daerah hanya saja namanya yang berbeda. Di jawa dikenal dengan sebutan kue nagasari atau kue pisang. Begitu anda ke pasar tradisional jajan ini pasti ada. Tapi sekarang di supermarket-supermarket atau toko-toko kue juga sudah banyak dijual aneka jajanan pasar. Jajanan pasar emang tidak akan lekang dimakan waktu. Akan tetap bertahan walaupun sekarang banyak sekali bermunculan kue-kue modern.

Jajanan Tradisional di Bali

6. Jaja Giling

Giling adalah jajanan yang terbuat dari tepung kanji alias aci diberi pewarna merah kemudian di pilin dan di masukkan kedalam air panas. Jaje giling ini biasanya disajikan dengan kelapa parut dan gula pasir atau gula merah cair. Ternyata di daerah Bandung saya pernah menjumpai jajanan seperti ini tapi entah apa namanya.

7. Jaja Lupis

Lupis yang artinya adalah jajan lupis (jajan dari ketan yang ditaburi oleh parutan kelapa dan disirami oleh cairan gula merah yang di bungkus dengan daun pisang). Jajan lupis ini termasuk kedalam jajan basah,rasanya yang begitu manis dan enak karna campuran antara ketan,parutan kelapa dan gula merah yang menyatu menjadi satu membuat jaje lupis wajib anda coba makan jika anda ke lombok.

Jaje lupis ini banyak dijual oleh para pedagang ibu ibu di Bali, bila sekarang anda ingin membeli jajan lupis ini maka anda akan sulit menemuinya di kota kota lombok,sebaiknya mencarinya disekitaran di pasar pasar tradisional di Bali. Harganya pun sangat murah,hanya dengan Rp.5000 anda sudah puas menikmati jaje lupis ini.

Jajanan Tradisional di Bali

8. Kue Bantal Pisang

Kue bantal pisang merupakan salah satu kue tradisional dari Bali. Ada variasi rasa manis, biasanya isi pisang. Adapula variasi gurih, biasanya isi kacang merah. Bentuk menyerupai bantal kecil dibungkus dengan daun janur. Bahan utama dari ketan dan kelapa yang diparut. Kelapa ini bukan ditabur, tetapi diolah/dicampur dengan ketan.

Nah inilah jajanan tradisional di Bali, cintailah Produk lokal, dan kenalilah beragam macam budaya yang kita miliki, jangan sampai budaya kita di akui oleh negara lain. Kalau bisa kita jangan hanya sebagai penonton tetapi kita harus sebagai pelaku dari budaya tersebut.

Baca juga : Waspadai Kamera Pengintai Saat Menginap di Hotel

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Beragam Manfaat Buah Persik yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

Sun Feb 23 , 2020
Buah persik lebih dikenal dengan nama buah peach. Buah yang satu ini memiliki bentuk dan warna yang terlihat serupa dengan apel ataupun aprikot. Tak kalah dengan buah yang lain, buah persik juga mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat. Inilah alasannya mengapa ada beragam manfaat buah persik yang baik untuk kesehatan tubuh. […]
Beragam Manfaat Buah Persik yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh