Intip 3 Hal yang Sebaiknya Tak Dilakukan Saat Jogging

Jogging kelihatannya adalah olahraga yang paling sederhana karena cukup siapkan tenaga dan stamina, lalu berlari kecil entah berapa lama atau berapapun jaraknya. Namun sebenarnya, lebih dari itu ada beberapa hal yang sebaiknya tak dilakukan ketika hendak atau sedang jogging supaya manfaat olahraga ini bisa lebih dirasakan.

1. Dehidrasi

Jangan lakukan jogging di kala dehidrasi, maka hindarilah mengonsumsi kopi, jus, apalagi soda ketika hendak berjogging. Bahkan minum air putih pun jangan terlalu sedikit karena akan timbul rasa haus berlebihan yang justru pada akhirnya membuat diri kita tak nyaman dan tak dapat melanjutkan aksi jogging.

Minum air putih itu penting sebelum memulai jogging di mana baiknya adalah 1 jam sebelumnya konsumsilah 1,5 liter air putih. Bahkan selesai jogging pun tetap harus minum air putih tanpa harus berlebihan supaya mampu menghindari bahaya dehidrasi. Bahkan saat sedang jogging, bila merasakan haus berlebihan, segera berhenti dulu dan istirahat sambil minum secukupnya sebelum melanjutkan kembali.

2. Memaksakan Diri

Memaksakan diri mungkin menurut sebagian dari kita merupakan cara menantang diri sendiri. Namun jangan sampai hal ini membuat diri kita cedera apalagi sampai memicu serangan jantung. Tak masalah bila merasa ingin sebuah tantangan baru dengan mengambil jarak lebih jauh untuk rute jogging atau memilih melakukannya setiap hari, namun sadari juga seberapa batas kemampuan fisik kita.

Pada titik tertentu, pasti ada kalanya ingin menyerah, dan oleh sebab itu para pejogging perlu tahu cara membedakan antara kebutuhan untuk berhenti dengan keinginan untuk berhenti. Jangan sampai aksi mendorong batas hingga ke titik tertentu menjadi alasan dibalik terancamnya kesehatan kita karena hal ini malah justru tidak sehat.

3. Mengenakan Pakaian Gelap di Malam Hari

Bagi para pejogging malam hari, pastikan untuk tidak mengenakan pakaian berwarna gelap di tempat gelap. Kenakanlah pakaian yang membuat kita menonjol di malam hari, apalagi saat kita berada di jalan besar agar para pengemudi mampu melihat keberadaan kita.

Lebih baik memang kalau jogging dilakukan pada waktu pagi ataupun sore hari, ada pula yang siang hari. Namun bila memilih malam hari, hindari jogging tanpa peralatan yang tepat ya, bahkan hindari juga area yang banyak lalu lintas kendaraan supaya tidak justru membahayakan diri sendiri.

Itulah beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan saat memilih olahraga jogging. Walau tujuan jogging adalah untuk kesehatan tubuh, pastikan untuk tidak memaksakan diri apalagi membiarkan diri dehidrasi selama jogging yang pastinya akan buruk bagi kesehatan.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Gerhana Matahari Cincin Menghiasi Langit di Indonesia

Fri Dec 20 , 2019
Hymar – Fenomena Gerhana Matahari Cincin menghiasi langit di Indonesia pada tanggal 26 Desember 2019 mendatang. Apa bedanya dengan Gerhana Matahari Total? Secara umum Gerhana Matahari Cincin terjadi hanya sekitar 1-2 tahun sekali. Sebelumnya terakhir kali terjadi GMC ini pada tanggal 26 Februari 2017. Dalam enam tahun ke depan GMC […]
Gerhana Matahari Cincin Menghiasi Langit di Indonesia