Harga Kenaikan Rokok Mulai 1 Januari 2020

Harga Kenaikan Rokok Mulai 1 Januari 2020

Hymar – Harga kenaikan rokok mulai di tetapkan oleh pemerintah secara resmi dan mulai berlaku 1 Januari 2020, dengan kenaikan cukai hasil tembakau (CHT) sebesar 23 persen dan harga jual eceran (HJE) sebesar 35 persen. Kenaikan CHT yang mulai berlaku mulai tahun depan ini sangat tinggi, dimana pemerintah sebelumnya pun sudah menahan untuk tidak menaikkan cukai rokok di tahun ini.

Adapun beberapa alasan pemerintah mengambil kebijakan mengenai kenaikan harga cukai rokok ini, yaitu mengendalikan pembatasan konsumsi rokok, tenaga kerja industri rokok dan keberadaan rokok ilegal, inflasi dan pertumbuhan ekonomi Indonesia, remaja ini khususnya bagi kalangan anak-anak sekolah dan perempuan dimana tercatat mengalami peningkatan pengonsumsian rokok ini.

Mengenai hal harga kenaikan harga cukai rokok dan HJE ini, Henry Najoan sebagai Ketua Umum Gabungan Perserikatan Pabrik Rokok (GAPPRI) menganggap pemerintah tak memperdulikan nasib petani tembakau dan nasib tenaga kerja. keputusan ini pun terjadi secara sepihak karena tidak pernah meminta masukan dari kalangan Industri Hasil Produksi (IHT), dimana IHT memprediksi kenaikan akan berada di kisaran 10 persen saja.

Henry pun menjelaskan bila cukai naik 23 persen dan HJE naik 35 persen di tahun 2020 maka industri harus setor cukai di kisaran Rp 185 triliun belum termasuk pajak rokok sebesar 10 persen dan PPn sebesar 9,1 persen dari HJE, dengan demikian kemungkinan setoran ke pemerintah bisa mencapai Rp 200 triliun. Belum pernah terjadi kenaikan cukai dan HJE sebesar ini. Menurutnya pun sudah di luar nalar kami, tegas dia.

Menurut Ikatan Hasil Produksi (IHT) juga menghadapi situasi pasar yang masih lesu, kenaikan cukai mencapai 23 persen dan kenaikan HJE sebesar 35 persen tentu akan berakibat menurunnya produksi IHT dan bisa mengancam tenaga kerja dan petani tembakau. Belum lagi sedang maraknya rokok elektrik yang mulai tumbuh peminatnya dengan perlakuan peraturan yang berbeda dari rokok konvensional.

Baca juga : Bahaya Dari Vape atau biasa di sebut rokok elektronik

Tujuan kenaikan harga rokok mulai awal tahun ini sebenarnya di tujukan untuk mengurangi konsumsi rokok, karena anda tahu sendiri bahwa anak-anak remaja sekarang, laki-laki dan perempuan serta ibu hamil pun sudah mulai mengonsumsi rokok dimana berbahaya untuk kesehatan kita.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Destinasi Wisata Di Pulau Sumba Dengan Pesona Alam Yang Indah

Sun Sep 15 , 2019
Keindahan alam Indonesia memang sangat kaya.Tak hanya Bali yang menjadi daya tarik pariwisata Indonesia,Nusa Tenggara Timur pun memiliki berbagai keindahan alam yang menakjubkan.Pulau Sumba salah satu dari sekian banyak daratan megah nusantara. Sumba, destinasi Indonesia yang memiliki banyak pemandangan alam eksotis.Meskipun lokasinya cukup jauh di bagian timur Indonesia,Sumba bisa menjadi […]
Destinasi Wisata Di Pulau Sumba Dengan Pesona Alam Yang Indah