Founder Ciputra Group Tutup Usia di Singapura

1

Founder Ciputra Group Tutup Usia di Singapura

Hymar – Salam sobat semua, berita dukacita dari founder Ciputra Group tutup usia di Singapura Rabu(27/11/2019). Dalam pesan singkat yang diterima, Ciputra meninggal dunia di Singapura pada pukul 27 November 2019 pukul 01.05 waktu setempat.

“Telah meninggal dunia dengan tenang, Bapak Ir Ciputra, Chairman dan Founder Ciputra Group di Singapore pada tanggal 27 November 2019 pukul 01.05 waktu Singapore. Kami keluarga besar Ciputra Group mengucapkan turut berduka yang mendalam dan mendoakan semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kekuatan menghadapi kedukaan ini,” demikian pesan singkat dari Rina Ciputra Sastrawinata yang merupakan anak pertama Ciputra.

Bos pemilik usaha properti ternama ini lahir di Parigi, Sulawesi Tengah, 24 Agustus 1931. Semasa remaja ia bersekolah di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) Frater Don Bosco di Manado. Usai lulus SMA, Ciputra meninggalkan desanya dan mencoba peruntungan menuju Jawa, tepatnya, ke Bandung, Jawa Barat. Ciputra mengenyam bangku kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB). Bersama Budi Brasali dan Ismail Sofyan, pada semester empat Ciputra mencoba mendirikan usaha konsultan arsitektur bangunan yang berkantor di sebuah garasi.

Pasca pendidikan kuliahnya berakhir dan meraih gelar insinyur pada tahun 1960, ia lalu mencoba peruntungannya di Jakarta. Ciputra mengawali karirnya di Jaya Group, perusahaan daerah milik Pemda DKI. Di sana, Ciputra bekerja hingga menjabat sebagai direksi. Setelah itu, ia diangkat sebagai penasihat perusahaan Jaya Group.

Proyek pembangunan taman hiburan di Ancol, salah satunya jadi maha karya Ciputra. Tak lama, ia mengajak Sudono Salim (Liem Soe Liong), Sudwikatmono, Budi Brasali dan Ibrahim Risjad, untuk mendirikan Metropolitan Group. Pada masa itu, Ciputra masih menjabat sebagai direktur utama di Jaya Group dan Presiden Komisaris Metropolitan Group. Hingga pada akhirnya Ciputra mendirikan perusahaan keluarga yang kini bernama Ciputra Group.

Pada usianya yang ke-75, ia memilih untuk mengembangkan bidang pendidikan. Kemudian, berinisiatif mendirikan sekolah dan Universitas Ciputra. Dalam situs Forbes, Ciputra merupakan orang terkaya peringkat ke-27 di Indonesia pada tahun 2018. Adapun total kekayaannya mencapai 1,2 miliar dollar AS.

Meninggalnya pengusaha Ciputra membawa duka mendalam bagi perusahaan Ciputra Group. Hal tersebut lantaran Ciputra adalah pendiri dari perusahaan properti tersebut. Direktur Independen PT Ciputra Development Tbk, Tulus Santoso Brotosiswoyo mengungkapkan duka yang mendalam yang dirasakan oleh segenap jaran Ciputra Group. “Kami (semua) keluarga besar Ciputra Group mengucapkan turut berduka yang mendalam.”

Ciputra Group juga menaruh perhatian kepada keluarga Ciputra yang ditinggalkan oleh sosok penguasaha sukses tersebut. “Kami mendoakan semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kekuatan menghadapi kedukaan ini,” kata Tulus. Sementara terkait kedatangan jenazah Ciputra ke Jakarta, Tulus masih belum dapat mengkonfirmasi waktunya. “Masih belum ada kabar. Kami akan kabarkan berikutnya mengenai tempat dan tanggal persemayaman,” ucapnya.

Pengusaha properti tersebut menghembuskan nafas terakhir sekitar pukul 01.05 waktu Singapura di usia 88 tahun. Ketua Umum Apindo Haryadi Sukamdani juga mengonfirmasi kabar duka tersebutHaryadi mengatakan sudah sempat bicara dengan keluarga Ciputra ihwal kabar duka itu.

Baca juga : Pergub Jakarta Melanggar Jalur Sepeda Akan Kena Sanksi

admin

One thought on “Founder Ciputra Group Tutup Usia di Singapura

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Wajib Tahu! Inilah Bahaya Sinar Ultraviolet Bagi Kesehatan

Wed Nov 27 , 2019
Buat kamu yang masih ingat dengan pelajaran sains saat sekolah dulu, pastinya nggak asing dengan sinar ultraviolet kan? Setiap orang tahu bahwa matahari merupakan sumbernya walau dapat dihasilkan oleh sumber lainnya. Sinar ultraviolet biasa disebut juga sinar ultaraungu yang tidak dapat dilihat oleh mata manusia. Memang benar bahwa sinar ultraviolet […]
Wajib Tahu! Inilah Bahaya Sinar Ultraviolet Bagi Kesehatan