Ekonomi Pulih, BI Ramal Rupiah Kian Perkasa Tahun Ini

Ekonomi Pulih, BI Ramal Rupiah Kian Perkasa Tahun Ini

Bank Indonesia(BI) memperkirakan nilai tukar rupiah cenderung menguat pada tahun ini. Prospek ini sejalan dengan laju pertumbuhan ekonomi global dan nasional yang juga lebih baik dari tahun sebelumnya.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan proyeksi ekonomi global meningkat dari 3,1 persen menjadi 3,2 persen. Peningkatan ini, katanya, terindikasi dari prospek harga komoditas hingga kesepakatan dagang antara Amerika Serikat dan China.

Sementara ekonomi Indonesia diperkirakan berada di 5,3 persen atau titik tengah rentang 5,1 persen sampai 5,5 persen pada tahun ini. Proyeksi ini jauh lebih baik dari perkiraan laju ekonomi tahun lalu, yaitu di atas 5 persen.

Sedangkan tingkat inflasi juga diramal terjaga rendah di kisaran 3 persen plus minus 1 persen. Begitu pula dengan Neraca Pembayaran Indonesia akibat derasnya aliran modal asing ke Tanah Air dalam beberapa waktu terakhir.

Dengan begitu, realisasi ekspor pun bisa meningkat. Apalagi ini didukung dengan prospek meningkatnya permintaan global akan produk-produk dari Indonesia selaku salah satu negara mitra dagang.

“Secara keseluruhan, dampak rupiah itu positif untuk pertumbuhan ekonomi. Penguatan rupiah juga akan mendorong investasi dalam negeri,” tuturnya.

Sebelumnya, bank sentral nasional memproyeksi kurs rupiah berada di rentang Rp13.900 sampai Rp14.400 per dolar AS pada tahun ini. Proyeksi ini sedikit menguat dari tahun lalu, yaitu Rp14.000 sampai Rp14.400 per dolar AS.

Berdasarkan perdagangan sore ini, kurs rupiah berada di Rp13.639 per dolar AS. Sedangkan kurs referensi Bank Indonesia Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) menempatkan rupiah di Rp13.626 per dolar AS pada hari ini.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Tips Mengatur Keuangan di Tahun Tikus Logam

Thu Jan 23 , 2020
Sukses tidak bisa diraih dengan instan, termasuk dalam hal mengatur keuangan. Mumpung masih tahun yang baru, menyiapkan segalanya sangat penting. Well, di Tahun Tikus Logam ini adalah momen yang tepat untuk lebih bijak dalam mengatur keuanganmu. Butuh komitmen yang kuat agar kamu dapat mengatur keuangan. Sahabat Fimela berikut ini adalah tup mengatur […]