Dampak Positif dan Negatif dari makanan vegetarian

vegetarian / http://hymar.org/?p=620

berikut ini adalah berberapa dampak positif dari vegetarian:

1. Memperpanjang usia
Meskipun tidak semua vegetarian sehat, rata-rata menahan diri dari makan daging telah dikaitkan dengan hidup lebih lama. Dengan sebuah penelitian terbaru mengklaim orang yang vegetarian 12 persen hidup lebih lama daripada orang yang memakan daging.

2 . Seks yang lebih baik
Apakah seorang vegetarian memiliki seks yang lebih baik masih diperdebatkan. Tapi, telah diketahui makan daging merah dapat menyebabkan penurunan libido dan aliran darah, yang dapat berkontribusi terhadap disfungsi ereksi. Sementara itu kualitas sperma seseorang vegetarian juga diketahui lebih baik.

3. Kulit Lebih Sehat
Mengonsumi sayuran yang mengandung banyak mineral bisa mempercantik dan menyehatkan kulit. Hal ini disebabkan karena kandungan mineral serta antioksidan dapat melancarkan sirkulasi darah dan menjaga pigmen kulit.

4. Menjaga Berat Badan
Sebuah studi yang dilakukan di Oxford University menemukan bahwa 38.000 dewasa pemakan daging-dagingan lebih tinggi indeks massa tubuhnya daripada mereka yang vegetarian. Selain itu, risiko kenaikan berat badan seorang vegetarian tercatat lebih rendah sejauh 5 tahun penelitian. Penyebabnya, makanan nabati lebih banyak mengandung antioksidan dan serat. Kedua unsur tersebut dipercaya bisa menurunkan berat badan dan meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh.

5. Menyehatkan pikiran
Selain bermanfaat untuk tubuh, memakan sayuran lebih banyak akan berdampak baik untuk kesehatan pikiran. Sebuah penelitian yang dilakukan di British Journal of Health Psychology menemukan bahwa asupan sayuran yang banyak juga dapat menghasilkan lebih banyak energi, ketenangan, perasaan bahagia, dan dampak positif pada suasana hati lainnya.

6. Terhindar dari kanker
Pola makan vegetarian yang banyak mengkonsumsi zat antioksidan, mineral, fitokimia, vitamin dan banyak nutrisi lain. Beberapa nutrisi tersebut dapat meningkatkan sistem imunitas yang mampu melawan berbagai jenis penyakit kanker. Makanan nabati memang membantu penyembuhan penyakit kronis dan berbahaya seperti kanker dan jantung. Selain itu kita bisa terhindar dari penyakit pencernaan seperti sembelit, wasir, kanker usus, dan sebagainya.

7. Mengurangi jumlah hewan yang dipotong untuk dikonsumsi
Sebagian jumlah besar hewan peliharaan yang disembelih setiap tahun memberikan kontribusi untuk masalah ekologi yang para, termasuk naiknya suhu, penipisan sumber daya bumi dari kehancuran dan pasokan air. Industri daging juga menggunakan sejumlah besar minyak, karena proses ini membutuhkan lebih dari delapan kali banyak energi bahan bakar fosil dibandingkan produksi protein nabati.

8. Anda akan lebih sering makan di rumah
Memang restoran yang khusus bagi vegetarian sudah ada di beberapa kota besar, namun jumlahnya masih sedikit. Oleh karena itu, menjadi seorang vegetarian akan membuat Anda belajar memasak makanan Anda sendiri di rumah. Memasak makanan vegetarian juga sangat mudah, karena tidak perlu mengolah daging yang harus dimasak dengan waktu yang lama. Memasak makanan sendiri tentu saja membuat Anda lebih sehat.

berikut ini beberapa dampak negatif vegetarian :

1. Kekurangan Vitamin B12.

Vitamin ini berguna untuk membantu proses pembentukan metabolisme tubuh. Pada tubuh vegetarian, mungkin ia akan kekurangan vitamin B12, sebab vitamin tersebut lebih banyak ditemukan pada protein hewan ketimbang sayur dan buah-buahan. Jika metabolisme tubuh tertentu, maka organ tubuh akan mengalami kelainan (misal seperti hati, kelenjar endokrin, pankreas, dll).

2. Kekurangan kolesterol.

Kolesterol yang terlalu berlebihan memang tidak baik bagi kesehatan, namun kekurangan kolesterol juga belum tentu baik bagi kesehatan. Seseorang yang telah memutuskan menjadi vegetarian pasti ia pun memiliki alasan agar ia tidak memiliki kadar kolestrol yang berlebih di dalam tubuhnya. Hal tersebut tak menutup kemungkinan jika ia akan memiliki kolesterol yang terlalu rendah dalam tubuhnya. Kondisi ini tentunya sangat berbahaya, sebab kolesterol yang terlalu rendah pada tubuh bisa mengakibatkan kematian. Kadar kolersterol itu harus seimbang, tidak boleh kurang atau lebih.

3. Kepadatan tulang menurun.

Mereka yang menjadi vegetarian tentunya tidak mendapatkan asupan vitamin dari makanan non-vegetarian. Pada makanan vegetarian tidak memiliki vitamin yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tulang, maka dari itu kepadatan tulang seorang vegetarian bisa menurun.

4. Zat besi.

Asupan zat besi sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Kandungan zat besi yang paling besar terdapat pada daging merah  dan ikan. Maka tak heran jika seorang vegetarian sering mengalami anemia, sebab mereka kekurangan zat besi di dalam tubuhnya.

5. Lemak Omega Tiga.

Masih sama dengan zat besi, pada makanan vegetarian pun juga tidak ada kandungan asam lemak omega tidak yang baik untuk memelihara kesehatan jantung. Jadi, seorang vegetarian memiliki risiko yang lebih besar terhadap permasalahan kesehatan jantung.

Bahaya atau tidaknya menjadi seorang vegetarian, itu tergantung bagimana kamu mengatasinya. Setiap vitamin ataupun kandungan-kandungan lainnya yang dirasa penting bagi tubuh, tentunya setiap orang baik ia vegetarian atau non-vegetarian juga harus memilikinya.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Harga Emas Antam Jumat, 6 September Turun Rp.10.000 Lohh...

Fri Sep 6 , 2019
Hymar – PT. ANTAM, Tbk. Perusahaan Aneka Tambang yang menjual emas dan sebagai acuan harga emas di Indonesia, sebelum nya PT. Aneka Tambang Tbk ini menjual emas seharga 775.000/gram (05/9/19) kamis kemarin,sempat bertahan selama dua hari. Sekarang harga itu turun pada hari Jumat (6/9/2019) di harga Rp. 765.000/gram, turun sebesar […]
Harga emas Antam Jumat, 6 September turun Rp.10.000 lohh..