Cara Sederhana untuk Mengajarkan Anak-anak Berterima Kasih

Cara Sederhana untuk Mengajarkan Anak-anak Berterima Kasih

Hymar – Salam sobat semua kali ini akan membahas mengenai cara sederhana untuk mengajarkan anak-anak berterima kasih, entah itu akan suatu hal kepada orang tua, teman atau orang lain bahkan bersyukur akan dirinya kepada Tuhan. Bersyukur merupakan peranan penting.

Sebagai orangtua, dalam hal membimbing anak-anak tentu harus memiliki trik-trik khusus biar anak-anak tahu bagaimana caranya bersyukur,meminta maaf, dan berterima kasih. Sederhana sih, tapi hal yang sederhana ini memang sangat perlu diterapkan kepada anak-anak dari seusia dini. Nah, tujuh cara ini bisa nih kamu terapkan kepada anak-anakmu, apalagi untuk kamu yang baru mau memulai menjadi seorang ibu.

1. Kamu bisa meminta anak-anakmu untuk bersyukur setiap malam.

Dengan hal ini, kamu akan membantu anak-anak kamu untuk bersyukur meskipun dalam hal sekecil apapun. Hal ini bisa kamu lakukan ketika kumpul keluarga saat malam atau sebelum tidur.

Cara Sederhana untuk Mengajarkan Anak-anak Berterima Kasih

2. Beritahu anak-anak untuk mengatakan kata ‘tolong’ dan ‘terima kasih’

Sopan santun adalah salah satu yang memang harus kamu terapkan kepada anak-anakmu, karena dengan dua kata tersebut akan sangat membantu anak-anak untuk menunjukkan rasa hormat kepada orang lain atau kepada orang yang lebih tua dari mereka.

3. Ucapan terima kasih dari orangtua untuk anak-anak

Untuk memulai menerapkan cara bersyukur dan mengucapkan kata ‘terima kasih’ dimulai dari kamu sebagai orangtua. Anak-anak kamu pasti akan dengan cepat menanggapi sikap yang kamu perlihatkan.

4. Carilah hal positif meski dalam situasi yang paling sulit sekalipun

Sangat mudah untuk berpikiran negatif, terutama ketika situasi tidak berjalan sesuai keinginan kamu. Membantu anak-anak untuk fokus kepada hal-hal positif akan sangat membantu mereka merasa bersyukur dalam hidup, bahkan pada saat-saat terburuk sekalipun.

5. Meminta mereka untuk mengirim catatan terima kasih

Ajari anak-anak kamu pentingnya rasa terima kasih dengan meminta mereka menulis sebuah catatan atau menggambar untuk orang istimewa. Ini bisa kepada kamu sebagai orangtua, guru, keluarga yang lain atau tetangga.

6. Ubah kebiasaan menerima hadiah menjadi memberikan hadiah

Cara beryukur sederhana lainnya yang bisa kamu terapkan kepada anak-anak mu adalah dengan memberikan hadiah kepada orang-orang yang membutuhkan. Jadi, anak-anak kamu juga tahu kalau membahagiakan orang lain juga adalah salah satu cara bersyukur.

7. Jadilah orangtua yang memiliki rasa syukur yang besar

Kamu pasti tahu, anak-anak belajar bersikap bukan hanya dari apa yang kita ajarkan tapi anak-anak bisa belajar dari mengamati lingkungan sekitarnya. Tidak ada cara yang lebih baik untuk menunjukkan rasa terima kasih selain kamu menunjukkan betapa beryukurnya kamu di dalam hidup.

Nah, salah satu yang harus kamu syukuri juga sebagai orangtua adalah karena bisa diberikan keturunan yang bisa mengajarkan kamu bagaimana cara bersyukur atas karunia dari Tuhan.

Nah inilah cara sederhana untuk mengajarkan anak-anak berterima kasih, tanamkan sejak kecil agar anak-anakmu tahu dan perlunya bersyukur dan berterimakasih dalam hidup ini.

Baca juga : Mitos yang Salah Seputar HIV/AIDS

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Trik Agar Utang Tidak Membuat Kantong Bolong

Sun Dec 8 , 2019
Utang seringkali dijadikan satu-satunya jalan keluar ketika kebanyakan orang kepepet membutuhkan uang. Apalagi di era digital seperti ini, masyarakat semakin dimudahkan untuk meminjam uang secara online. Contohnya, fintech atawa pinjaman online (pinjol). Fintech alias pinjol ini bahkan longgar dengan syarat dibandingkan meminjam dari bank atau rentenir. Namun, patut diingat, karena […]
Trik Agar Utang Tidak Membuat Kantong Bolong