Cara Jitu Mengatur Keuangan Pribadi Bagi Pengusaha Muda

Menjadi pengusaha di usia muda bukan hal mudah. Atur keuangan demi keberlangsungan bisnis Anda dengan tips berikut.

Keberanian untuk menjadi pengusaha di usia yang masih tergolong muda adalah hal yang patut diacungi jempol. Sayangya, modal keberanian saja belum cukup untuk menjamin keberlangsungan bisnis yang berjalan dengan baik. Menjadi pengusaha muda merupakan hal yang tidak mudah, karena sejatinya dunia bisnis disertai berbagai tantangan dan risiko. Anda pun dituntut untuk bisa melakukan banyak hal dan mengambil langkah yang matang demi kelangsungan usaha tersebut.

Sebagai pengusaha, Anda perlu mengetahui berbagai masalah yang patut dihindari saat membangun sebuah bisnis, contohnya adalah masalah keuangan. Pengelolaan keuangan ini justru menjadi masalah penting, sebab mempengaruhi keberlangsungan bisnis Anda. Di samping risikonya yang tinggi, pemilihan langkah yang kurang tepat dalam mengelola keuangan mampu menghambat bisnis. Anda pasti tidak mau jika kelalaian dalam mengelola keuangan pribadi berdampak buruk, bukan? Oleh sebab itu, sambut masa depan sukses Anda sebagai pengusaha muda dengan menyimak tips pengelolaan keuangan berikut.

1. Bagi kebutuhan pribadi dan bisnis

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk mendukung peran Anda sebagai pengusaha muda adalah membuat rincian daftar urusan keuangan yang dilakukan, misalnya pengeluaran dan pemasukan. Dalam proses perincian, Anda perlu memisahkan kebutuhan pribadi dan bisnis agar tidak tercampur. Jika pemisahan tidak dilakukan, kebutuhan yang bercampur tersebut akan menyulitkan dalam membedakan ranah kehidupan pribadi dan bisnis Anda.

Kelihatannya memang sepele, namun pemisahan dua kebutuhan ini merupakan masalah yang paling sering ditemukan oleh para pengusaha muda. Dengan tercampurnya urusan keuangan ini, akan muncul permasalahan baru misalnya pengeluaran pribadi yang menggunakan dana simpanan usaha Anda. Sebaliknya, tidak adanya pemasukan bagi Anda akibat kebutuhan dari bisnis yang dibangun juga dapat menimbulkan masalah. Situasi keuangan yang rumit ini sangat tidak sehat bagi kelangsungan hidup pribadi maupun bisnis, apalagi kondisi keuangan.

2. Buat rencana keuangan

Setelah membuat perincian untuk kebutuhan pribadi beserta bisnis Anda, buatlah perencanaan keuangan yang jelas. Tentukan tujuan-tujuan yang jelas untuk memudahkan proses perencanaan. Hal ini akan menghindarkan Anda dari pengeluaran-pengeluaran yang tidak diperlukan. Pengusaha muda kadang luput untuk melakukan perencanaan keuangan dengan baik dan langsung fokus kepada perkembangan bisnsi. Padahal, perencanaan keuangan yang baiklah yang akan menjamin keberlangsungan usaha Anda dalam jangka panjang. Sangat disayangkan jika usaha yang sudah Anda bangun dengan susah payah berakhir begitu saja karena tidak adanya perencanaan keuangan yang terarah.

3. Upayakan penghematan

Upaya penghematan dapat dilakukan dengan cara menyisihkan sebagian uang Anda untuk menabung. Dalam memenuhi kebutuhan pribadi maupun usaha, akan ada biaya tak terduga yang akan dikeluarkan. Untuk menyikapi hal tersebut, Anda perlu memilah-milah pengeluaran yang diperlukan sesuai skala prioritas dan mengantisipasi adanya pengeluaran tambahan. Hal ini hanya dapat dilakukan jika Anda dapat menahan diri. Dengan menghemat, berarti Anda meminimalisasi kemungkinan kehabisan dana. Penerapan rencana keuangan dengan sesuai juga akan membantu Anda terhindar dari godaan berfoya-foya.

Selain menyisihkan dana untuk ditabung, perlu Anda ketahui bahwa membangun sebuah bisnis adalah cara hidup yang penuh risiko. Dengan langkah yang baik, usaha Anda dapat menemui keuntungan. Namun, segala hal dapat terjadi dan salah satu cara untuk meminimalisasi kerugian adalah dengan tidak seluruhnya bergantung kepada bisnis tersebut. Cobalah untuk menyisihkan keuntungan yang diperoleh dengan menyiapkan sebuah cara investasi. Dapatkanlah keuntungan dari pertumbuhan dana sebagai upaya antisipasi hasil dari usaha Anda.

4. Bayar tagihan tepat waktu

Tagihan adalah salah satu hal yang sangat pantang diabaikan oleh pengusaha muda. Beban tagihan semestinya sudah dianggarkan dalam perencanaan keuangan. Sehingga, tidak perlu menunda pembayaran dan mengganggu kebutuhan lainnya.

Sebagai seorang pengusaha muda, Anda perlu menertibkan pembayaran tagihan sesuai dengan tenggatnya agar tidak terbiasa menumpuk utang. Hal ini, toh, tidak akan merugikan. Anda bahkan akan terhindarkan dari beban sia-sia akibat adanya denda dan bunga yang terus bertumbuh. Jangan sampai uang yang sudah Anda anggarkan untuk membeli berbagai keperluan, terpakai untuk membayar denda tersebut.

5. Jangan lupakan kepentingan pribadi

Pengusaha muda biasanya mengerahkan seluruh daya yang ia punya ketika memulai bisnisnya. Ada yang rela menghabiskan uang pribadi untuk berinvestasi, ada pula yang memaksakan penanggungan biaya hidup dari hasil bisnisnya. Anda memang perlu memikirkan diri sendiri. Akan tetapi, hal yang berlebihan tidak akan berdampak baik. Alokasi keuangan untuk bisnis jangan sampai membuat Anda melupakan kepentingan pribadi Anda, begitupun sebaliknya. Hargai diri Anda dengan menganggarkan gaji secukupnya dari bisnis yang Anda bangun. Dengan begitu, kehidupan pribadi dan bisnis Anda akan beriringan dengan harmonis.

Tantangan dan risiko yang akan Anda tangani sebagai pengusaha muda tidak akan sedikit. Pengelolaan keuangan yang baik sangat dibutuhkan untuk menjaga usaha agar tidak mengalami kerugian. Demi keharmonisan hidup serta bisnis Anda, Zurich Business Guard menawarkan produk paket asuransi yang komprehensif bagi berbagai jenis usaha dengan nilai pertanggungan hingga maksimal Rp20 Milyar. Temukan informasi dan manfaat lainnya di sini.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

PTS baru Anthem memberi pemain pandangan awal di Icetide

Sat Nov 9 , 2019
Electronic Arts telah meluncurkan Server Uji Publik Anthem untuk akhir pekan, yang akan memberikan para pemain pandangan awal pada acara musiman mendatang yang disebut Icetide. PTS akan menampilkan Tyrant Mine Stronghold, dengan penghitung waktu, pengganda skor, Inversi, dan papan peringkat untuk dikuasai pemain guna meningkatkan skor mereka dan mendapatkan Kristal […]
PTS baru Anthem memberi pemain pandangan awal di Icetide