BI meluncurkan QRIS, system pembayaran terbaru nih

BI meluncurkan QRIS, system pembayaran terbaru nih

Dengan munculnya kebutuhan umat manusia akan kebutuhan hidup dan pembelanjaan online dan pembayaran serba digital di era yang sedang berkembang ini, Bank Indonesia menciptakan sebuah pembayaran uang elektronik server based yaitu Quick Responses (QR) Code Indonesian Standard.

Diluncurkan bertepatan dengan HUT RI ke-74 TH kemerdekaan RI ini, Gubernur BI menyampaikan bahwa secara nasional mulai efektif di tanggal 1 Januari 2020 mendatang, Perry Warjiyo pun menyampaikan bahwa QRIS ini mengusung semangan UNGGUL (Universal, Gampang, Untung dan Langsung)

Makna dari QRIS UNGGUL pun adalah Universal, penggunaan nya yang di gunakan untuk seluruh masayarakat tentunya untuk bertransaksi dan dapat di gunakan di dalam dan luar negri. Gampang adalah masyarakat dapat bertransaksi dengan mudah dalam satu genggaman ponsel. Untung adalah masyarakat akan saling menguntungkan antara pembeli dan penjual karena transaksi berlangsung secara efisien melalui satu kode QR yang dapat di gunakan pada semua aplikasi pembayaran pada ponsel. Langsung adalah transaksi yang di lakukan langsung terjadi karena prosesnya yang cepat sehingga mendukung kelancaran pada system pembayaran.

Cara kerjanya QRIS berfokuskan pada penerapan QR Code Payment dimana penjual menampilkan kode pembayaran untuk di pindai oleh pembeli ketika melakukan transaksi.
Sebelum diluncurkan QRIS pun sudah melalui uji coba dimana pada tahap pertama pada bulan september-November 2018 dan tahap kedua di bulan april-mei 2019.

Siap-siap nih mulai tahun 2020 dimana semua pembayaran berbasis scan barcode atau penyedia Uang elektronik akan di ganti dengan QRIS ya seperti Gopay, OVO..Indonesia lebih maju dan merupakan salah satu implementasi Visi Sistem Pembayaran Indonesia (SPI) 2025, yang telah dicanangkan Mei 2019 lalu.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Tips sehat makan cokelat

Sun Aug 25 , 2019
Kandungan utama cokelat adalah kokoa. Zat flavanol dalam kokoa memiliki efek antioksidan yang mampu mengurangi kerusakan sel serta menurunkan risiko penyakit tertentu,seperti sakit jantung.Terdapat banyak manfaat cokelat yang perlu di ketahui, diantaranya manfaat cokelat hitam(dark cokelat) yang mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh anda,menurunkan tekanan darah, serta mencegah diabetes. Ada […]