Beberapa Cara Mudah Mencegah Diabetes

Beberapa Cara Mudah Mencegah Diabetes

Hymar – Salam sobat semua kali ini beberapa cara mudah mencegah diabetes. 14 November dikenal sebagai Hari Diabetes Sedunia. Tanggal ini dipilih karena sesuai dengan hari lahirnya Frederick Grant Banting, ilmuwan yang berhasil menemukan insulin. Ilmuwan asal Kanada ini berhasil membantu penderita diabetes yang organ pankreasnya sudah tidak bisa lagi menghasilkan insulin.

Mencegah lebih baik daripada menyembuhkan, sebelum terkena penyakit diabetes, kita bisa menghindarinya dengan melakukan gaya hidup sehat. Apakah sulit untuk melakukannya? Tidak juga, cukup lakukan beberapa tips di bawah ini.

1. Cek gula darah
Langkah pertama dalam mencegah diabetes adalah dengan mengecek kadar gula darahmu. Terdapat empat jenis tes cek gula darah, yakni tes GDP (Gula Darah Puasa), tes GD2PP (Gula Darah 2 Jam Postprandial), tes GDS (Gula Darah Sewaktu), dan tes HbA1c (Gula Darah Hemoglobin A1c).

Setiap tes di atas mempunyai kadar gula normal tersendiri, jadi akan lebih baik di tahap awal melakukan pemeriksaan ini di rumah sakit, puskesmas, atau apotek terdekat untuk menghindari salah pengecekan kadar gulamu.

2. Menjaga berat badan
Kelebihan lemak tubuh, terlebih yang tersimpan di sekitar perut, bisa meningkatkan kekebalan tubuh terhadap hormon insulin. Jika dibiarkan, hal in menjadi penyebab diabetes tipe 2. Jadi jaga berat badanmu ya guys.

3. Olahraga rutin
Mengerakkan badan secara rutin bisa membantumu mengurangi kadar glukosa atau lemak darah. Gak hanya itu, olahraga juga bisa meningkatkan tekanan darah loh.

4. Diet sehat
Mengonsumsi makanan sehat dan seimbang penting untuk menghindari diabetes. Diet sehat dengan mengurangi jumlah kandungan lemak jenuh dan trans di makananmu. Cobalah lebih banyak mengonsumsi sayuran, buah, dan makanan berserat tinggi. Oiya, kamu juga perlu mengurangi garam dalam makananmu.

5. Hindari makanan cepat saji
Makanan cepat saji identik dengan lemak dan garam yang tidak sehat untuk tubuhmu. Yang terbaik adalah membuat makananmu sendiri dengan bahan-bahan yang segar seperti buah-buahan.

6. Kurangi alkohol
Terlalu banyak mengonsumsi alkohol bisa meningkatkan berat badan, tekanan darah, dan kadar trigliserida. Akan lebih jika dalam satu hari, pria hanya mengonsumsi dua gelas alkohol dan wanita cukup satu gelas alkohol saja.

7. Berhenti merokok
Bukan hanya masalah jantung saja, merokok juga bisa menjadi penyebab diabetes. Perokok mempunyai kemungkinan dua kali lebih besar mengidap diabetes dibandingkan mereka yang tidak merokok.

8. Rutin bertemu dengan dokter
Diabetes tipe dua memiliki gejala-gejala yang sering tidak disadari oleh kita dibandingkan diabetes 1. Karena itu, sangat penting untuk rutin bertemu dengan dokter untuk mengecek kesehatanmu.

9. Minum air putih
Dari sebuah studi memperlihatkan jika minuman manis sangat erat hubungan dengan diabetes dan obesitas. Kurangi minuman manis dan gantilah dengan minum air putih secukupnya untuk mencegah diabetes.

10. Hindari stres
Stres menjadi pemicu produksi hormon yang meningkatkan kadar gula darah. Meditasi dan yoga bisa mencari cara melepaskan stres, jadi tak ada salahnya melakukannya sebelum beraktivitas di pagi hari atau sebelum tidur.

11. Tidur yang cukup
Kurang tidur atau kualitas tidur yang buruk sangat berpotensi meningkatkan risiko diabetes. Mandilah air hangat sebelum tidur, hindarilah pemakaian gawai di waktu malam, dan hindari kafein sebelum jam satu siang untuk membuat tidur malammu menjadi nyenyak. Tapi jika masih mengalami kesusahan tidur, hubungi doktermu untuk penanganan masalah ini.

Nah cara diatas ini sangat efektif. inilah beberapa cara mudah mencegah diabetes dan membuat hidupmu lebih sehat. Tetap jaga komitmen untuk hidup mu ya guys.

Baca juga : 6 Khasiat Baik yang Bisa Anda Peroleh dari Daun Selada Air

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Menjaga Kesehatan Mental di Tempat Kerja

Fri Nov 15 , 2019
Kesehatan mental belakangan sedang menjadi sorotan. Tak terkecuali kesehatan mental di tempat bekerja, ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar mental tetap sehat meski sibuk bekerja. Berikut caranya: Terbuka dengan apa yang dirasakan, terutama jika Anda seorang pemimpin. Tetap aktif. Sesekali lakukan olah raga ringan di sela bekerja. Makan makanan […]