Beberapa Cara Mengatasi Insomnia…

Beberapa Cara Mengatasi Insomnia...

Hymar – Pada pembahasan kali ini akan kami berikan beberapa cara mengatasi Insomnia atau gangguan tidur yang sering banyak kali terjadi pada sebagian orang di sekeliling kita atau bahkan teman dan saudara kita sendiri, ataupun termasuk kita juga ya.

Insomnia adalah gangguan yang menyebabkan kesulitan saat tidur dan dapat dialami oleh siapa saja dari berbagai golongan usia, meskipun memiliki banyak cukup waktu untuk melakukannya, Insomnia terdapat dua tipe yaitu insomnia primer dan sekunder. Insomnia primer adalah gangguan tidur yang tidakĀ  terkait dengan kondisi medis lain, sedangkan insomnia sekunder adalah gangguan tidur yang disebabkan oleh gangguan kesehatan lainnya.

Jika seseorang mengalami insomnia dapat mengganggu aktifitas seseorang setiap harinya, karena jumlah waktu tidur yang tidak efektif dan tidak berkecukupan, dimana akan mengakibatkan pada penurunan konsentrasi dan energi dalam menjalani kegiatan setiap harinya. Tubuh akan menjadi cepat lelah baik secara fisik maupun psikis. Maka tidak heran jika orang tersebut bisa menjadi mudah tersinggung dan menjadi marah daripada biasanya.

Ada memang beberapa yang harus terjaga tidak tidur sampai dini hari, namun jika mulai menetapkan ingin tidur maka tidak sulit baginya untuk tidur sama halnya seperti muka bantal, bertemu bantal langsung bisa tidur. Sungguh beruntungnya orang-orang seperti ini. Banyak pula diantara kita juga yang mengalami kesulitan untuk tidur, walaupun sudah bolak-balik di ranjang selama lebih dari sejam mata tak kunjung menutup dan mengantuk, Ada juga yang baru tertidur selama sejam lalu terbangun dan sulit tidur kembali, adapula yang tidak bisa tidur dalam waktu lama hanya tertidur selama 3 jam saja sehingga sering bangun dini hari. Kasus-kasus insomnia ini di kategorikan sangat banyak dalam kehidupan sehari-hari.

Pengobatan pada pasien yang mengalami insomnia memang tidak langsung dengan obat-obatan anti insomnia, secara awal lebih ditujukan untuk membuat pasien tertidur. Seperti obat anti histamin dan juga obat anti mabuk kendaraan sering di sarankan dalam kasus insomnia awal. Pada kasus lanjut usia ada beberapa saran menggunakan melatonin sebagai upaya awal, yang biasanya dihubungkan dengan kekurangan zat pada pasien lanjut usia. Beberapa saran dokter pun menggunakan obat anti-cemas untuk mengatasi insomnia ini, seperti alprazolam, clobazam, lorazepam dan diazepam, namun obat anti-cemas ini sering menimbulkan penambahan dosis dan ketergantungan sampai sulit untuk lepas dalam pemakaian obat untuk bisa tidur.

Beberapa Cara Mengatasi Insomnia...

Beberapa cara untuk mengatasi terlepasnya insomnia dapat dilakukan dengan :

Mulai tidur lebih cepat
Sangat mudah dan sederhana, dan harus untuk diniatkan pada awalnya,dimana kita harus tidur untuk satu jam sebelumnya.

Mematikan Handphone ataupun Televisi
Yang pasti ini menjadi permasalahan pertama saat anda susah tidur, karena cahaya biru maupun sampai dengan radiasi akan benda-benda elektronik yang dapat menganggu otak anda, mulailah untuk mengurangi penggunaan handphone dan menonton televisi sebelum anda ingin tidur dalam jarak kurang lebih selama 1 jam sebelum anda ingin tidur.

Berolahraga ringan
Cara yang mudah dan gratis akan tetapi mengeluarkan keringat, dimana orang yang berolahraga secara teratur terbukti menjadi obat tidur yang lebih baik, lakukan lah olahraga sekitar 30 menit 3 sampai 5 kali dalam seminggu dapat membantu atasi insomnia anda.

Kurangi cahaya terang
Untuk sebagian orang ada yang takut untuk gelap, akan tetapi mematikan lampu kamar lebih baik karena dapat membuat mata anda terpejam lebih cepat dan tidak menyilaukan mata anda.

Hindari Kopi
Bagi anda yang ingin segera tidur mohon untuk tidak mengkonsumsi kopi ataupun minuman yang mengandung kafein, karena dampaknya anda akan sulit untuk tidur di malam hari dan tetap terjaga karena kafein dalam kopi yang anda konsumsi.

Menggunakan aromatheraphy
Ini cara yang baik dimana kita menggunakan lilin aromatherapy dengan bau yang kita inginkan diletakkan di sudut tembok atau pinggir kasur kita agar kita merasa relax dengan wangi yang dikeluarkan dan bisa tidur dengan santai.

Beberapa Cara Mengatasi Insomnia...

Mandi Air Hangat
Dengan cara mandi air hangat secara alami dapat membantu memperlambat dan melemaskan sistem saraf kita dan mendorong anda untuk mengantuk, akan tetapi jangan terlalu lama ya, secukupnya saja sekitar 15 – 30 menit.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

susah mengatur gaji bulanan? ayo kami ada tipsnya!!!!!

Wed Sep 11 , 2019
Kesulitan mengatur gaji bulanan, tidak hanya dialami segelintir orang saja. Banyak masyarakat modern sekarang ini, atau mungkin juga Anda mengalami kesulitan dalam mengatur gaji setiap bulan yang Anda terima. Tidak jarang malah, Anda sering kehabisan uang sebelum pertengahan bulan. Hal ini bisa jadi karena Anda tidak mengelola gaji Anda dengan […]
susah mengatur gaji bulanan? ayo kami ada tipsnya!!!!!