Bayar SPP Lewat GoPay Kini Jadi Kenyataan

Bayar SPP Lewat GoPay Kini Jadi Kenyataan

Hymar – Bayar SPP lewat GoPay kini jadi kenyataan. Di awal penunjukkan Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) membuat sebagian masyarakat terkejut. Pasalnya, pemilik gojek tersebut dikenal sebagai pengusaha yang setiap harinya bergelut di dunia bisnis. Namun, tentu presiden Jokowi memilih Nadiem Makarim pasti memiliki alasan dan tidak asal tunjuk.

Jika dilihat dari background pendidikan, ternyata Nadiem Makarim yang lahir di Singapura 35 tahun silam itu merupakan seorang Master of Business Administration di Harvard Business School. Namun, bukan orang Indonesia jika tak kreatif dalam menyampaikan kritikannya. Paska terpilihnya Nadiem Makarim sebagai Mendikbud banyak netizen yang membuat meme perihal dunia pendidikan yang dihubungkan dengan aplikasi Gojek.

Semisal pemberian rating bintang lima kepada guru yang baik, atau bintang satu untuk guru yang dikenal killer, kemudian membayar SPP dengan GoPay, jika ada buku siswa yang tertinggal dikirim pakai GoSend, atau nitip absen dengan GoSend juga, atau tugas piket diganti pakai GoClean, hingga mau ke kantin bisa pakai GoFood.

Salah satunya telah terealisasi, dan ide memanfaatkan aplikasi Gojek untuk dunia pendidikan bukan isapan jempol belaka. Dari sekian meme lucu tersebut, ternyata salah satunya sudah bisa diaplikasikan di dunia pendidikan. Saat ini, pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) bisa dilakukan lewat platform Gojek.

Pembayaran Melalui Aplikasi

Senior Vice President Sales GoPay, Arno Tse mengungkapkan bahwa kehadiran layanan tersebut untuk keperluan pendidikan bisa memudahkan orang tua yang tidak perlu lagi melakukan pembayaran langsung ke sekolah.

Tidak hanya itu saja, tetapi juga sudah bisa digunakan untuk pembayaran keperluan pendidikan lainnya, seperti buku, seragam, dan kegiatan ekstrakurikuler.

Diketahui, saat ini sudah terdapat sekitar 180 lembaga pendidikan yang terdiri dari pesantren, madrasah, sekolah, dan tempat kursus di Indonesia yang sudah menyediakan layanan pemabayaran SPP lewat aplikasi tersebut.

Lalu, seperti apa caranya? Berikut tahap dan langkah-langkahnya :

  1. Buka aplikasi Gojek dan pastikan saldo GoPay yang dimiliki mencukupi.
  2. Klik GoBills
    Jika fiturnya tidak ada di beranda, klik ‘Lainnya’ atau more, pilih ‘Pembayaran’ atau ‘Payments’, dan klik GoBills.
  3. Pilih layanan ‘Sekolah’ atau ‘Schools’.
  4. Pilih sekolah atau lembaga pendidikan yang sesuai.
  5. Masukkan nomor ID pelajar.
  6. Klik ‘Bayar’, kemudian masukkan PIN GoPay.

Bayar SPP Lewat GoPay Kini Jadi Kenyataan

Selanjutnya, setelah proses pembayaran telah selesai dilakukan, maka nantinya pengguna akan menerima bukti transaksi di bagian bawah layar dan selain itu bukti tersebut dikirimkan ke e-mail pengguna.

GoBills ini juga merupakan sebuah fitur yang biasanya juga digunakan untuk pembayaran tagihan air Pam, listrik, pulsa, BPJS kesehatan, internet, TV kabel, asuransi, pajak hingga zakat.

Nah, bagi sekolah lain yang ingin bermitra dengan aplikasi Gojek, bisa mendaftar dengan cara menghubungi Merchant Care GoPay melalui email ke mitrausaha@gojek.com dengan Subjek – Pendaftaran Biller Pendidikan [Nama Lembaga Pendidikan]. Selanjutnya proses pendaftaran tersebut akan dikonfirmasi 1×24 jam.

Nah ini lah Bayar SPP lewat GoPay kini jadi kenyataan bukan.

Baca juga : Rupiah Perkasa Rp13.685 per Dolar AS pada Awal Pekan

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

6 Smoothie Sehat untuk Alternatif Sarapan yang Mudah Dibuat

Wed Feb 19 , 2020
Membuat smoothie untuk sarapan adalah salah satu cara terbaik untuk kamu yang sering terburu-buru dipagi hari. Selain mudah untuk dibuat, smoothie yang kaya akan buah dan sayuran mengandung lemak yang sehat per porsinya. Tidak hanya lezat, smoothie juga bisa kamu buat bermacam-macam sesuai selera. Jika kamu suka manis, coba buat smoothie mangga […]