Baru Menikah? Begini 5 Tips Menjaga Keuangan Bersama Pasangan

Baru Menikah? Begini 5 Tips Menjaga Keuangan Bersama Pasangan

Manajemen keuangan menjadi salah satu hal penting yang harus dipelajari oleh setiap keluarga. Masih ada kasus tentang beberapa keluarga yang berpendapatan tinggi yang mengalami kesulitan dalam mengatasi situasi keuangan yang genting, lho.

Mengatur antara pengeluaran dan penghasilan yang nggak baik bisa mendatangkan risiko dari terciptanya situasi yang nggak diinginkan. Meski termasuk konsep yang sulit, percaya deh kalau hal ini penting buat kalian lakukan.

1. Rencanakan anggaran keuangan denganb baik

Kamu dan pasanganmu sebaiknya merencanakan anggaran secara teliti. Dari mulai pengeluaran yang pasti seperti makanan, tagihan listrik dan air, sewa rumah, ongkos transportasi sampai tabungan.

Ketika daftar itu selesai dibuat, pembagian pendapatan kalian berdua akan lebih mudah untuk dilakukan. Jangan lupa untuk memberikan skala prioritas, ya! Potong anggaran belanja yang kurang penting tapi tinggi dan bikin anggaran kamu nggak seimbang.

2. Jangan merahasiakan apapun kepada pasangan

Untuk bisa menciptakan anggaran keuangan yang baik dibutuhkan kerja sama yang baik pula. Kamu dan pasanganmu harus saling terbuka tentang pendapatan juga pengeluaran pribadi kalian.

Ketika salah satu dari kalian mulai menyembunyikan sesuatu, pasti ada satu-dua hal yang terlewat dari rencana keuangan kalian. Sebaiknya jujur saja kalau membutuhkan uang tambahan untuk kebutuhan pribadi seperti membeli hadiah untuk teman atau daftar gym. Begitu pula, apabila salah satu dari kalian mendapat tambahan pendapatan.

3. Lupakan gengsi

Nggak perlu tergiur dengan unggahan kerabat di media sosial. Segala kemewahan yang dipamerkan nggak harus kamu kejar terus, kok. Jangan karena ingin menaikkan status sosial kalian, ujung-ujungnya pengeluarannya malah bikin kewalahan!

Selalu ingat kalau uang adalah alat yang nggak akan bisa membeli kebahagian, Bela. Perasaan senang dan bahagia lahir setelah seseorang mempelajari rasa syukur dan merasa puas akan apa yang ia punya.

4. Hindari Menunda pembayaran tagihan dan hutang

Sikap disiplin dan komitmen diperlukan untuk mengatur kondisi ekonomi keluarga. Buat pengingat untuk tanggal-tanggal penting, mulai dari hari penerimaan gaji, tenggat waktu setiap tagihan, dan sebagainya.

5. Menabung itu penting

Keuangan keluarga yang sehat ditandai oleh persiapan tabungan yang cukup untuk hal-hal nggak terduga atau rencana di masa depan. Seperti anggaran kesehatan, asuransi kecelakaan, dan sebagainya. Dengan menabung, keluarga kecilmu nggak akan kebingungan sendiri ketika menemui masalah-masalah seperti ini.

Kalian juga boleh menetapkan satu tujuan menabung untuk keinginan tertentu, misalnya ingin jalan-jalan ke luar negeri tahun depan. Jadi, hasil tabungan kalian juga bisa digunakan untuk bersenang-senang, deh!

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Honda Luncurkan Motor Monkey Edisi Dragon ball 100 Unit

Fri Nov 29 , 2019
Hymar – Salam sobat semua, kali ini dari produsen motor Honda luncurkan motor Monkey edisi Dragon ball 100 unit saja. Honda Thailand (AP Honda) bekerja sama dengan TOEI Animation, pemegang lisensi dari Dragon Ball. Kerja sama ini menghasilkan motor Monkey 125 edisi spesial dan juga terbatas. Motor ini diluncurkan pada […]
Honda Luncurkan Motor Monkey Edisi Dragonball 100 Unit