Asap Karthula Selimuti Riau, Warga Mulai Terserang ISPA

Asap Karthula Selimuti Riau Warga Mulai Terserang ISPA

Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karthula) membuat 13.751 warga Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, terkena penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) sejak tiga bulan terkakhir.Jumlah korban tersebut terjadi pada Juli sebanyak 4.534 kasus, Agustus 4.631 kasus, dan September ini 4.406 kasus.

Jumlah tersebut diperkirakan bisa saja bertambah mengingat kabut asap yang masih menyelimuti Tanah Datar. Sebanyak 4.406 kasus ISPA yang ditemukan hingga 20 September tersebut, kasus yang paling banyak ditemukan itu berada di Kecamatan Lintau Buo Utara dan Kecamatan Limo Kaum.

Ada 184 kasus ISPA ditemukan di Puskesmas Lintau Buo Utara 1 dan sebanyak 188 kasus di Puskesmas Limo Kaum 1. Kendati demikian ia mengatakan tidak seluruh penderita ISPA mau memeriksakan kesehatan ke Puskesmas.

Masyarakat diharapkan menghindari paparan kabut asap dengan mengurangi aktivitas di luar rumah, mengunakan masker jika keluar ruangan, dan tidak membakar sampah sembarangan .

Kabut asap yang cukup tebal dan kualitas udara yang cukup tidak sehat membuat Pemda Tanah Datar sesuai arahan bupatipu meliburkan untuk sementara waktu proses belajar mengajar di sekolah mulai Sabtu 21 hingga 23 September 2019.

Wan Dayantolis mengatakan udara di Sumatera Barat masuk level yang tidak sehat.Polusi partikulat (pm10) di Sumatera Barat sudah menunjukkan angka 260 mikrogram per meter kubik.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumsel mengklaim sudah melakukan langkah antisipasi dan penanggulangan.Seluruh dinkes kabupaten / kota diinstruksikan melakukan langkah-langkah penanggulangan, seperti meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Menggunakan masker apabila berpergiam , serta memperbanyak minum air putih. Apabila terjadi peningkatan kasus penderita ISPA.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Smart SIM Resmi Diluncurkan...

Sun Sep 22 , 2019
Hymar – Smart SIM resmi diluncurkan dan Smart SIM ini merupakan terobosan baru yang di buat tidak hanya tampilannya saja yang berubah, fungsinya pun bertambah. Smart SIM ini sudah mulai di promosikan sejak Agustus 2019. Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri secara resmi meluncurkan Smart SIM, dimana bertepatan dengan ulang tahun […]
Smart SIM Resmi Diluncurkan...