Apa Manfaat Olahraga Plank?

Apa Manfaat Olahraga Plank?

Hymar – Plank dapat disebut sebagai salah satu latihan gerakan dalam olahraga yang praktis dan sangat berdampak bagi tubuh kita. Apa manfaat olahraga Plank? Selain mudah dilakukan, plank memiliki berbagai manfaat yang baik untuk pembentukan otot tubuh. Manfaat plank tidak kalah dengan crunch ataupun sit up, karena plank juga dapat menguatkan core muscle atau otot yang terdapat di perut dan punggung tanpa menggunakan alat khusus.

Apa saja manfaat plank?

Gerakan plank hanya memerlukan tubuh saja dan bahkan kita bisa melakukannya tanpa alas yoga dalam waktu yang singkat. Kira-kira apa saja manfaat plank? Berikut adalah beberapa kelebihan plank.

Menguatkan core muscle

Plank sangat bermanfaat menguatkan core muscle dan membentuk otot perut. Berbeda dengan sit up dan crunch, plank cenderung lebih aman untuk penderita nyeri punggung dan gangguan pada lempengan tulang belakang.

Menggunakan banyak otot

Meskipun plank fokus pada core muscle, tetapi gerakan ini sebenarnya juga menggunakan keseluruhan otot untuk menopang tubuh, seperti otot paha, lengan, dan perut. Oleh karenanya plank tidak akan menimbulkan cedera pada punggung karena berat tubuh kita ditopang oleh keseluruhan otot tubuh.

Mengurangi nyeri punggung

Selain aman untuk penderita nyeri punggung, plank bermanfaat untuk menjaga kesehatan punggung dan mengurangi nyeri di daerah tersebut. Otot perut yang terlatih karena plank akan mampu menyokong tubuh dan mengurangi beban pada punggung dan mencegah rasa pegal di bagian bahu dan leher akibat postur yang membungkuk.

Memperbaiki postur tubuh

Manfaat plank dalam meningkatkan kekuatan core muscle juga memberikan dampak pada postur tubuh. Plank menguatkan otot-otot yang terdapat pada bahu dan punggung sehingga dapat membuat kita berdiri secara tegak. Latihan plank sangat cocok untuk pekerja kantoran karena latihan ini mencegah postur meringkuk akibat seharian duduk dengan meluruskan perut, leher, punggung, dada, dan bahu.

Postur yang baik meningkatkan penampilan dan membuat kita terlihat lebih tinggi dan ramping yang tentunya dapat menambah kepercayaan diri.

Menambah kelenturan tubuh

Meningkatkan kelenturan tubuh mungkin bukan manfaat plank yang akan dipikirkan pertama kalinya. Faktanya, latihan ini dapat meregangkan bagian bawah tubuh dan meningkatkan kelenturan pada otot paha dan kaki. Latihan plank tidak hanya fokus pada ketahanan dan kekuatan, tetapi juga pada kelenturan tubuh.

Meningkatkan koordinasi dan pergerakan

Latihan plank tidak hanya satu variasi saja, tetapi terdapat berbagai jenis plank yang dapat dilakukan untuk melatih pergerakan dan koordinasi tubuh. Selain itu, keseluruhan otot yang kuat akan mengurangi risiko cedera atau penggunaan otot tubuh secara berlebih.

Apa Manfaat Olahraga Plank?

Bervariasi

Kamu tidak akan bosan saat melakukan latihan plank, karena terdapat berbagai variasi plank yang dapat dilakukan dan bersifat menantang. Bahkan kamu dapat menggabungkan alat, seperti medicine ball atau foam roller untuk menambah tingkat kesulitan plank yang dilakukan.

Tertarik dengan berbagai manfaat plank? Kamu bisa melakukannya dengan mudah! Untuk pemula, kamu dapat melakukan latihan plank biasa menggunakan lengan bagian bawah atau telapak tangan dan menahan posisi tersebut selama 15 sampai 30 detik.

Perlahan-lahan, coba tingkatkan durasi saat melakukan plank menjadi dua menit. Saat melakukan plank, jinjitlah dengan telapak kaki bagian bawah dan biarkan berat badan berada di sana. Jangan sampai paha menurun dan pertahankan badan, khususnya bagian dada dan perut tetap kencang dan lurus. Inilah Apa manfaat olahraga Plank? Selamat mencoba!

Baca juga : 4 Cara Mengecilkan Bokong Lewat Olahraga Sederhana

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Keyakinan Pasar Angkat Rupiah ke Rp13.643 per Dolar AS

Thu Feb 6 , 2020
Nilai tukar rupiah berada di Rp13.634 per dolar AS pada perdagangan pasar spot Kamis (6/2) sore. Posisi tersebut menguat sebesar 0,41 persen dibandingkan nilai pada penutupan perdagangan pada Rabu (5/2). Sementara, kurs referensi Bank Indonesia (BI) Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) menempatkan rupiah di posisi Rp13.662 per dolar AS atau melemah dibandingkan posisi […]
Keyakinan Pasar Angkat Rupiah ke Rp13.643 per Dolar AS