Ambeien Dan Cara Mengatasinya

Ambeien Dan Cara Mengatasinya

Hymar – Salam sobat semua, kali ini akan membahas mengenai ambeien dan cara mengatasinya. Ambeien adalah penyakit yang terjadi akibat adanya pembengkakan pembuluh darah di anus dan rektum. Hal tersebut tentu mengakibatkan ketidaknyamanan bagi penderitanya.

Menurut pakar kesehatan pencernaan dari Divisi Gastroenterologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM, Dr Ari Fahrial Syam, pola hidup masyarakat sekarang mungkin menyebabkan prevalensi ambeien makin meningkat. Pola hidup yang dimaksud ialah kurang bergerak, makan kurang serat, atau kurang minum air.

Beberapa kebiasaan yang bisa meningkatkan risiko terjadinya ambeien yang berdarah dikarenakan, duduk terlalu lama, sering mengangkat beban berat, kurang konsumsi makanan berserat, mngejan terlalu kuat saat BAB..

Pada tahap awal, ambeien tidak menimbulkan gejala apa pun, sehingga sebagian orang bahkan tidak menyadari bahwa dirinya memiliki kondisi ini. Namun jika kondisi wasir bertambah parah, dapat muncul beragam gejala, mulai dari gatal di anus, adanya benjolan di sekitar anus, rasa sakit saat BAB, dan wasir berdarah. Ambeien berdarah biasanya ditandai dengan darah yang menetes setelah buang air besar (BAB).

Mungkin anda sering mendengar banyak obat bebas yang bisa menyembuhkan ambeien, namun pengobatan sebenarnya perlu disesuaikan dengan tingkat keparahannya. Jika sampau menyebabkan pendarahan dengan jumlah yang banyak dan benjolan yang terasa semakin membesar maka diperlukan pengobatan dan operasi untuk mengatasinya.

Berikut beberapa tips ambeien dan cara mengatasinya :

1. Perbanyak konsumsi makanan berserat tinggi dan cairan
Serat yang tinggi dan cairan yang cukup dapat menjadikan feses anda menjadi lebih lembut sehingga membuat anda lancar saat sedang BAB. Usus besar membutuhkan air dan serat untuk melakukan tugansnya dengan baik. Serat anda bisa dapati dari sayur atau buah, bisa juga dari sereal atau agar-agar, dan cairan disarankan air putih yang banyak ya.

2. Berolahraga
Pola hidup yang kurang olahraga dapat meningkatkan risiko ambeien anda, karena itu solusinya lebih banyak berolahraga, usahakan untuk berolahraga 3 sampai 5 kali dalam seminggu. Kurangi naik kendaraan untuk jarak yang masih mampu dijangkau dengan berjalan kaki ya.

3. Hindari duduk dalam jangka waktu lama
Duduk terlalu lama dapat menimbulkan tekanan pada anus sehingga memicu ambeien karena itu cobalah untuk tidak duduk saat melakukan kegiatan yang bisa dilakukan sambil berdiri. jika pekerjaan anda mengharuskan untuk banyak duduk, sering-seringlah menyempatkan berdiri minimal 2jam sekali.

Ambeien Dan Cara Mengatasinya

4. Jangan menunda BAB dan terlalu lama duduk di toilet
Jika anda merasa ingin BAB jangan tunda untuk melakukannya, karena menunda keinginan BAB hanya akan membuat feses mengeras dan sulit untuk dikeluarkan, sekarang yang seringkali dilakukan adalah terlalu lama duduk di toilet sambil memainkan handphone dapat meningkatkan risiko ambeien.

Baca juga :Manfaat Mengkonsumsi Jahe

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Call Of Duty : Spesifikasi Modern PC Warfare Terungkap Di Blizzard Battle.net

Wed Oct 9 , 2019
Pastikan mesin Anda memenuhi persyaratan sistem minimum game sebelum Anda memesan di muka. Melalui Blizzard Battle.net, Activision mengumumkan spesifikasi PC untuk Call of Duty: Modern Warfare. Persyaratan minimum dan yang direkomendasikan dicantumkan, sehingga Anda dapat memeriksa apakah mesin Anda dapat menjalankan game sebelum tanggal rilis 25 Oktober. Kami telah menjabarkan […]