Akibat Dari Kebakaran Hutan Orangutan Terancam Punah

1

Akibat Dari Kebakaran Hutan Orangutan Terancam Punah

Kebakaran di hutan di Sumatera dan Kalimantan terjadi bertubi-tubi selama beberapa pekan terakhir.

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) ini, menimbulkan berbagai dampak, tak terkecuali bagi para spesies yang mendiaminya.

Salah satunya yang menjadi sorotan adalah kelangsungan hidup orangutan Sumatera.Populasi orang utan Sumatera kini sedang terancam punah,karena tempat tinggal mereka sedikit demi sedikit di lahap oleh si jago merah.

Penurunan populasi spesies ini karena deforestasi atau penggundulan hutan yang di sebabkan oleh kebakaran hutan,baik yang di sengaja maupun tidak sengaja.

Saat ini, orangutan Sumatera dianggap sebagai ‘penjaga’ hutan dengan peranan yang penting.Orangutan dapat membantu menyebarkan benih ke seluruh hutan yang mereka huni, dimana hal ini dapat membantu pertumbuhan tanaman dan pohon baru.

Dampak lain dari Kebakaran hutan dan lahan (karhutla), yang dirasakan masyarakat Indonesia dan juga negara tetangga, yaitu kualitas udara yang buruk.

Selain itu, hewan-hewan yang berhasil dievakuasi pun belum tentu bisa di kembalikan lagi ke habitatnya karena terbakar habis.Sehingga hewan-hewan akan menginap di pusat-pusat rehabilitas dalam jangka lama.

Karena itu WWF Indonesia memandang restorasi habitat sangat penting guna menjaga keberadaan spisies langka.Mesti bisa di taruh di Kebun Binatang, tapi itu bukan pilihan solutif.

admin

One thought on “Akibat Dari Kebakaran Hutan Orangutan Terancam Punah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

7 Cara Merawat Wajah Pria, Tak Cukup Hanya Cuci Muka Saja

Wed Sep 18 , 2019
Cara merawat wajah pria dengan wanita tentu berbeda. Lazimnya, kulit pria cenderung lebih berminyak dan tebal dengan wanita. Kulit pria rata-rata memiliki pori-pori wajah yang lebih besar. Sayangnya, banyak pria merasa bahwa perawatan wajah itu hanya untuk wanita, sehingga kurang memperhatikan cara merawat wajah pria yang baik dan benar. Padahal, […]