9 Bahaya Radiasi Smartphone bagi Kesehatan Tubuh Kita

9 Bahaya Radiasi Smartphone bagi Kesehatan Tubuh Kita

Smartphone seakan sudah jadi hal yang wajib dimiliki setiap millennials, bahkan jadi benda yang paling dibutuhkan dalam segala kondisi. Mulai dari kepentingan kerja sampai mencari hiburan, ujung-ujungnya smartphone. Tapi kamu sudah pernah dengar kan, kalau radiasi smartphone berbahaya bagi kesehatan? Nah, simak 9 bahaya radiasi smartphone ini bagi kesehatanmu, dilansir dari berbagai sumber!

1. Sering sakit kepala

Sering sakit kepala bahkan vertigo (merasa diri dan sekeliling berputar-putar), bisa disebabkan oleh smartphone yang kamu letakkan terlalu dekat dengan kepala. Energi negatif RF akan terkumpul dan mudah masuk ke otak sehingga juga menyebabkan muntah-muntah.

2. Mudah lelah namun sulit untuk tidur

Radiasi yang terpancar karena penggunaan smartphone yang berjam-jam menyebabkan saraf-saraf sekitar kepala dan wajah menjadi tegang, aliran darah tersendat-sendat. Tubuh akan terasa mudah lelah dan kekurangan energi karena kurangnya cairan tubuh. Ketika ingin beristirahat, terasa gelisah yang berlebihan sehingga sulit untuk tidur.

3. Memicu kerusakan otak

Kerusakan otak adalah bahaya radiasi smartphone paling klasik yang diderita hampir oleh seluruh manusia. Gelombang elektromagnetik pada smartphone mengandung radiasi yang kuat, dapat menembus ruang hampa dan jaringan otak. Jika digunakan terus menerus, bisa menyebabkan glikoma dan memicu munculnya sel otak akustik neuroma.

4. Merusak ginjal

Berhati-hatilah terhadap kebiasaanmu menyimpan smartphone di saku. Kebiasaan itu berbahaya kareana dapat mengganggu kinerja ginjal. Paparan radiasi dapat masuk ke pembuluh darah ginjal secara bertahap, sehingga tugasnya untuk menyaring cairan tubuh terganggu.

5. Mengganggu janin pada ibu hamil

Ketika sedang hamil, sebaiknya tidak berlebihan dalam menggunakan smartphone Hindari juga meletakkan smartphone terlalu dekat dengan perut dan rahim. Radiasi menembus jaringan janin dan langsung mempengaruhi kenormalan organ tubuh janin yang sedang terbentuk.

6. Menurunkan kesuburan pria

Kebiasaan pria menyimpan smartphone di saku juga mempengaruhi kesuburan pria. Radiasi smartphone dapat mengganggu kelancaran peredaran darah di sekitar alat reproduksi pria dan mampu menurunkan kualitas sperma. Cepat atau lambat, gairah seksual akan terus menurun. Jika kebiasaan tidak dikurangi, pria yang sehat pun dapat terancam mandul.

7. Depresi berat

Paparan radiasi yang masuk ke otak dapat mengendalikan pola pikir kamu untuk terus menggunakan smartphone, kemudian membuat kecanduan. Kecanduan ini berisiko menyebabkan depresi berat jika suatu saat kamu terpaksa tidak dapat menggunakan smartphone lagi. Bijaklah dalam menggunakan smartphone.

8. Memicu kanker payudara

Menyimpan smartphone yang dalam keadaan aktif di dalam saku dada dapat memicu kanker payudara. Radiasi akan menembus jaringan kelenjar susu dan memicu pertumbuhan sel kanker pada jaringan payudara. Ini tidak terjadi secara langsung, tetapi akan terakumulasi selama betahun tahun, kemudian mengaktifkan sel kanker dan mempercepat munculnya kanker payudara.

9. Memicu penyakit katarak

Apabila mata terus menerus melakukan kontak dengan suhu panas radiasi pada smartphone, akan terjadi pemadatan kabut secara perlahan yang kemudian menghalangi kornea dan membentuk katarak. Sebaiknya juga tidak meletakkan smartphone terlalu dekat dengan telinga terlalu lama, karena radiasi akan masuk ke rongga telinga dan menghambat sirkulasi darah di sekitar mata.

Kesembilan bahaya di atas jangan sampai menyerang kamu ya. Pakailah smartphone seperlunya saja. Bangunlah komunikasi yang baik dengan orang sekitarmu secara langsung dan kamu pasti akan merasakan banyak sekali manfaat baiknya. Letakkan smartphone cukup jauh dari tubuhmu ketika kamu akan tidur malam ya!

 

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Tips Membicarakan Keuangan Bersama Pasangan

Fri Dec 6 , 2019
Banyak orang menganggap membicarakan uang adalah hal yang tabu. Padahal, membicarakan uang dengan pasangan adalah hal yang penting. Tahukah Sahabat Fimela, jika masalah terbesar yang sering dihadapi pasangan yang menikah adalah tentang keuangan. Untuk itulah membicarakan uang dengan pasangan sangat penting. Bagaimana kita menilai uang dan memanfaatkannya sangat penting dibicarakan […]