7 Resolusi Hidup Sehat yang Bisa Kamu Terapkan Agar Tubuh Kamu Tetap Fit!

1

Ayo Rajin Bergerak dan Mengatur Pola Makan Seimbang !

HYMAR

Gak hanya resolusi cita-cita, awali hari-hari mu dengan resolusi hidup sehat. Ucapkan selamat tinggal dari makan makanan gak sehat dan mulai lakukan aktivitas yang menyehatkan. Lantas, resolusi hidup sehat apa lagi yang bisa kamu terapkan ? Berikut beberapa di antaranya.

1. Yuk, Mulai Diet Sehat Sekarang!

HYMAR

Diet itu gak berlaku Cuma buat yang mau kurus loh. Diet sehat juga belaku buat kamu yang ingin menggemukkan badan. Inti dari diet sehat adalah membentuk tubuh ideal. Namun, jangan bayangkan tubuh-tubuh model atau artis ya.

Untuk itu, atur pola makan ya. Cukupkan porsi makanmu. Coba sesuaikan dengan angka kecukupan gizimu. Tiap orang punya takarannya sendiri. Diet bisa dibilang sehat kalau kamu makan makanan bergizi seimbang.

Selain itu, coba kurangi konsumsi gula, contohnya dalam minuman bersoda atau teh. Kamu bisa menggantinya dengan jus. Kurangi juga makan gorengan, garam, lemak dan minuman beralkohol. Memang terlihat merepotkan, tapi itu semua buat kamu yang lebih sehat.

2. Mau Sampai Kapan Merokok? Ayo Mulai Kurangi dan Kalau Bisa Berhenti Ya

HYMAR

Rokok menyebabkan banyak masalah kesehatan, bahkan kematian. Kamu pasti sudah sering mendengarnya. Namun, buat kamu yang sudah kecanduan, mungkin rasanya susah banget buat berhenti.

Kalau merasa sangat kesulitan, jangan ragu untuk meminta bantuan dokter atau ahli terapi. Kuatkan niat dulu ya. Baru jalankan resolusi hidup sehat ini. Kalau berusaha, kamu pasti bisa kok.

3. Mengelola Stres Dengan Menguranginya

HYMAR

Stres bisa dialami siapa saja. Seiring dengan bertambah usia, kamu rentan mengalami stres yang lebih besar. Itu karena semakin dewasa, semakin besar juga tanggung jawabmu. Belum lagi kalau kamu mulai hidup mandiri dan sendiri. Kalau dibiarkan, stres kronis bisa memicu masalah kesehatan, seperti depresi, insomnia, obesitas dan penyakit jantung.

Ada beragam cara untuk mengelola stres. Lakukan hobi yang kamu sukai, jangan kerja melulu. Menjalani hobi juga termasuk produktif lho. Jangan lupa beristirahat saat kamu lelah, dengarkan lagu dan berpanjang relasi serta bersosialisasi. Jumlah gak jadi perkara, asal ada ya.

4. Tidur Yang Cukup dan Teratur

Ayo, siapa yang gila kerja? Kerjaan yang segudang sering bikin waktu tidurmu jadi berkurang. Padahal, untuk bisa produktif, kamu pun perlu istirahat dan tidur yang cukup. Kalau capek, hasil kerjamu gak akan maksimal. Belum lagi kamu rentan sakit kalau kecapekan.

Sebenarnya, inti dari tidur adalah kamu harus konsisten dengan jadwal tidurmu. Terserah kamu ingin mengatur jam tidurmu, seperti jam sembilan atau sepuluh malam. Asal, kamu biasakan ya. Pelan-pelan, itu akan jadi pola yang bagus sehingga waktu tidurmu cukup.

Siang hari, kamu bisa melakukan power nap atau tidur siang singkat untuk mengistirahatkan tubuhmu dan meningkatkan produktivitasmu. Cari tempat yang nyaman dan kalau bisa gelap ya. Bisa kok pakai masker mata.

5. Perbanyak Minum Air Putih

HYMAR

 

Gak semua orang suka minum air putih karena rasanya tawar. Ada lho orang yang memilih minum teh atau minuman manis lainnya. Padahal, air putih punya banyak manfaat lho. Justru minum minuman manis menimbulkan banyak masalah kesehatan.

Untuk itu, usahakan minum air putih delapan gelas per hari. Untuk mengingatkanmu, kamu bisa menaruh segelas air putih di meja tidurmu. Dilansir dari lifehack.org, tubuh mengeluarkan racun saat malam hari. Karena itu, minum air putih penting banget. Terakhir, ke mana-mana bawa botol minum juga. Itu agar kamu terhidrasi setiap saat.

6. Makan Pelan-Pelan

HYMAR

Apakah kamu pernah dengar pepatah “kamu adalah apa yang kamu makan”. Pepatah itu ada benarnya lho. Itu karena apa pun yang kamu makan menentukan kualitas kesehatanmu. Selain makan makanan kaya nutrisi, kamu pun harus perhatikan caramu memakannya. Makan terlalu cepat membuat sistem pencernaanmu gak bisa bekerja dengan optmial.

Selain itu, makan terlalu cepat juga kadang membuat rasa laparmu gak terpenuhi. Ujung-ujungnya kamu bakal makan terlalu banyak. Kalau pun makananmu sudah habis, bisa-bisa kamu melampiaskannya pada camilan kurang bergizi, karena mengandung banyak garam dan gula.

7. Jalan Kaki ! Yuk, Jangan Sedikit-Sedikit Naik Kendaraan

HYMAR

Jangan hanya mengandalkan olahraga ya. Kamu pun juga perlu banyak bergerak. Untuk itu, kamu bisa mengakalinya dengan banyak berjalan. Gak perlu terlalu ekstrem. Kamu bisa memulainya dengan berjalan ke kantin atau sekadar jalan-jalan ke taman. Selain itu, jangan malas naik tangga ketimbang pakai lift. Meski sederhana, kamu bisa dapat manfaat yang nyata.

Itu tadi tujuh resolusi sederhana untuk hidup lebih sehat di 2019. Kamu bisa menambahkannya sesuai dengan keinginanmu. Namun, realistis juga ya. Jangan sampai sudah dibuat, tetapi malah gak dilakukan. Salam sehat jiwa raga!

admin

One thought on “7 Resolusi Hidup Sehat yang Bisa Kamu Terapkan Agar Tubuh Kamu Tetap Fit!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Kabut Asap Yang Menyelimuti Enam Provinsi

Wed Sep 11 , 2019
  Musim kemarau panjang byang melanda Indonesia tahun ini mengakibatkan kebakaran hutan dan lahan.Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyebutkan Sepanjang Januari hingga Agustus 2019, luas lahan terbakar mencapai 135.749 hektar.Luas hutan dan lahan terbakar terbanyak di Indonesia dalam kurun tersebut adalah Nusa Tenggara Timur, yakni mencapai 71.712 hektar. Kalimantan Timur […]
Kabut Asap Yang Menyelimuti Enam Provinsi