6 Tips Mengelola Keuangan Sebelum Rencana Menikah

6 Tips Mengelola Keuangan Sebelum Rencana Menikah
Setiap manusia memiliki keputusan masing-masing, termasuk dalam urusan pernikahan. Ada yang memutuskan menikah muda, ada pula yang ingin menikah setelah merasa sukses. Namun, dibalik kedua hal tersebut, ada poin lainnya yang perlu dipersiapkan sejak awal. Selain kesiapan mental, setiap pasangan juga perlu siap dalam urusan finansial, mengingat biaya untuk melangsungkan aidaklah murah. Ada banyak yang perlu dibiayai, mulai dari catering, dokumentasi, make up, wedding organizer dan sebagainya. Agar semua kebutuhan yang mendukung pernikahan dapat terpenuhi dengan baik, tak ada salahnya mulai ikuti tujuh tips berikut agar rencana pernikahan segera terwujud.

1. Tentukan Target Tabungan yang Ingin Dicapai

Sebelum menabung, coba tentukan target tabungan yang ingin dicapai agar kondisi finansial semakin terarah. Misalnya saja, dalam waktu satu tahun jumlah tabungan sudah harus terkumpul sekian juta rupiah.

Dengan target yang tepat akan memudahkan seseorang untuk hidup hemat, sehingga biaya untuk melangsungkan pernikahan cepat terkumpul dan pastinya kondisi keuangan setelah menikah akan tetap aman. Diskusikan bersama pasangan mengenai perkiraan kapan tanggal dan bulan untuk melangsungkan pernikahan agar bisa mengetahui jumlah uang yang harus ditabung setiap bulannya.

2. Tekan Pengeluaran Sehari-hari

Selain tabungan, kamu juga perlu memikirkan biaya untuk kebutuhan sehari-hari, seperti biaya makan, listrik, internet, hingga cicilan. Mengingat pos pengeluaran setiap bulan sangat beragam, kontrol setiap pos pengeluaran dengan perkiraan jumlah yang tepat. Misalnya, untuk kebutuhan makan, biasanya mengeluarkan uang sebesar Rp30 ribu maka dapat dipangkas menjadi Rp15 ribu atau Rp20.000 per hari atau bisa juga dengan cara membawa bekal ke kantor. Begitu pula dengan pos pegeluaran yang lain.

Tekan pengeluaran dengan cara yang wajar. Jangan sampai terkesan kikir atau pelit hingga menyiksa diri sendiri. Kalau ingin makan di luar, boleh saja, asalkan tidak terlalu sering. Dalam rangka menyukseskan penghematan, Anda juga bisa memanfaatkan promo-promo yang biasanya diselenggarakan oleh berbagai e-wallet seperti dana, ovo, go-pay dan sebagainya.

3. Hindari Kencan Mewah

Jika selama ini Anda dan pasangan sering nge-date di tempat-tempat mahal, sekarang saatnya untuk menikmati kencan ala kadarnya, tapi tetap menyenangkan yaitu kencan di rumah. Tenang saja, kencan di rumah sama sekali tidak membosankan jika Anda atau pasangan selalu menggunakan konsep yang bagus. Misalnya, menyiapkan menu makan spesial untuk dinner, menonton film kesukaan sambil mencicipi cemilan dan sebagainya. Kencan di rumah tidak membutuhkan biaya besar, jadi uang yang selama ini dihabiskan untuk kencan mewah bisa dialihkan ke tabungan. Percayalah, tabungan untuk pernikahan akan semakin cepat terkumpul jika melakukan cara ini secara rutin.

4. Lunasi Tagihan Sebelum Membengkak

Saat memiliki utang, Anda tidak hanya membayar jumlah cicilan utangnya saja setiap bulannya tapi Anda juga membayar bunga sekian persen, belum lagi biaya denda jika membayar lewat dari batas jatuh tempo. Kebayang bukan kalau Anda selalu menunda pembayaran utang, maka dipastikan utang akan semakin menumpuk. Untuk itu, cicilan yang hampir jatuh tempo sebaiknya segera dilunasi sebelum jumlah tagihan membengkak.

Hindari kebiasaan menunda-nunda pembayaran atau membayar jumlah minimum yang dapat memperlambat proses pelunasan hutang. Setelah tanggal gajian tiba, segera pisahkan sejumlah uang sesuai utang yang dimiliki agar tidak ada kata lupa lagi untuk membayar utang.

5.Tentukan Budget Pernikahan

Untuk mengetahui kisaran budget yang diperlukan untuk acara pernikahan, sebaiknya mulailah menentukan konsep pernikahan apa yang Anda dan pasangan inginkan. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk menentukan hal lainnya seperti lokasi berlangsungnya pernikahan, gaun pernikahan,  jumlah tamu undangan, catering dan lainnya. Disarankan, pilihlah konsep pernikahan yang memang sesuai dengan kondisi keuangan keluarga masing-masing.

Jika uang yang terkumpul masih jauh dari harapan, sebaiknya tingkatkan jumlah tabungan per bulan. Misalnya, dari Rp400.000 per bulan menjadi Rp600.000 per bulan. Dengan menaikkan jumlah tabungan, maka budget yang dibutuhkan bisa segera mencapai target.

6. Cicil Barang yang diButuhkan

Barang yang dibutuhkan untuk melangsungkan pernikahan tidaklah sedikit. Untuk itu, segera cicil barang yang kamu butuhkan demi mewujudkan pesta pernikahan impian. Bila perlu, siapkan juga barang untuk memulai hidup yang baru, seperti alat-alat elektronik dan perabotan rumah tangga.

Cara ini bisa kamu lakukan apabila hubunganmu sudah berada di jenjang yang serius, apalagi jika Anda dan pasangan sudah merencanakan tanggal pernikahan. Manfaatkan promo-promo yang diadakan dari berbagai gerai perbelanjaan hingga promo transaksi agar pembelian bisa lebih hemat.

7. Siapkan Dana Darurat

Kejadian tak terduga bisa terjadi kapan saja, dimana saja, dan sering kali memakan biaya. Untuk mengantisipasi hal-hal tak terduga, Anda bisa menyiapkan dana proteksi dalam jumlah tertentu. Dengan dana ini, Anda tidak perlu mengotak-atik tabungan pernikahan.

Jika dana proteksi tidak terpakai, kamu bisa menjadikannya sebagai simpanan untuk membiayai kebutuhan pasca menikah, seperti biaya persalinan untuk istri.

 

Siapkan Lahir dan Batin

Bagi Anda dan pasangan yang sedang merencanakan pernikahan memang tidak mudah dalam prosesnya. Sebab akan ada banyak rintangan yang bisa saja mengecoh rencana pernikahan. Namun, bila Anda dan pasangan siap secara lahir dan batin untuk melangsungkan pernikahan, pastinya rencana akan mudah dilalui. Tetaplah fokus dan disiplin dalam melakukan berbagai tips di atas agar pernikahan cepat terwujud.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Fortnite Bab 2 : Minggu 1 Tantangan Dunia Baru Terungkap

Tue Oct 15 , 2019
Fortnite: Bab 2 hidup dan begitu juga tantangan baru. Setelah sebuah lubang hitam melenyapkan segalanya selama acara “The End” Fortnite Season 10, Fortnite kembali sebagai Fortnite: Bab 2, membawa peta baru, memancing, dan tentu saja, minggu pertama tantangan. Ada 11 tantangan individu yang berkisar dari menemukan lokasi dan tengara yang […]