6 Cara Mengatur Rekening Keuangan dengan Pasangan

1

6 Cara Mengatur Rekening Keuangan dengan Pasangan

Setelah menikah, pasangan suami istri bukan hanya akan berbagi rumah dan keluarga.Terutama untuk suami dan istri yang bekerja dan ingin penghasilannya di pakai untuk kebutuhan bersama, uang tentu juga akan dibagi dua.Untuk sebagian pasangan, disarankan memiliki satu rekening bersama demi memudahkan pengaturan finansial.

Berikut empat aturan punya rekening tabungan gabungan bersama pasangan.

1. Buat Rencana Keuangan 
Anda yang baru mulai berumah tangga atau baru ingin secara serius mengatur finansial perlu menyiapkan waktu untuk sama-sama membahas pengaturan keuangan.Ketika membicarakan nya, di sarankan untuk jujur dalam mengungkap penghasilan, ekspetasi, dan tujuan finansial yang diharapkan.

Supaya adil, Coba dipikirkan aturan keuangan bersama misalnya dengan menggunakan budgeting 50/20/30 (50% penghasilan untuk kebutuhan,30 % untuk kesenangan, dan 20% untuk ditabung) . Kemudian pisahkan pengeluaran menjadi kebutuhan, keinginan, dan tabungan.

2. Tentukan Jumlah yang Tepat 
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah menentukan berapa. jumlah uang yang dikirimkan setiap bulannya. Menurut Christine, suami istri tak perlu menabungkan jumlah yang sama, sesuaikan saja dengan penghasilan atau kesepakatan. Sebelum melakukan nya coba hitung berapa kira-kira pengeluaran setiap bulan lalu diskusikan berapa bagian dari gaji masing-masing yang proposional untuk di sumbangkan.

3. Buka Rekening Bersama 
Membuat satu rekening bersama di sarankan untuk memudahkan pembayaran tagihan rumah tangga. Apalagi untuk Anda yang memang berniat untuk berbagi tanggung jawab finansial keluarga. Perencanaan keuangan cara ini juga bisa untuk memudahkan ketika terjadi sesuatu yang mendadak, seperti biaya rumah sakit. Jika tidak ingin punya tabungan gabungan, di anjurkan memasukan rekening pasangan sebagai penerima di akun anda.

4. Bedakan kebutuhan dan keinginan 
Jika sudah mengalokasikan uang untuk pos-pos  anggaran penting di atas, dan ternyata masih ada sisa uang, alokasikan dana untuk kebutuhan sekunder (pendukung) dan tersier (mewah), seperti belanja baju, kosmetik, sepatu, jalan – jalan, beli ponsel, atau pengeluaran lain.

5. Siapkan dana cadangan 
Kebutuhan yang satu ini juga tak kalah penting. Anggaran untuk dana cadangan atau dana darurat .Dana cadangan ini di gunakan untuk keperluan mendesak. Dana cadangan sifatnya bebas, artinya bisa menyisihkan berapa pun untuk pos ini. Dalam hal ini, perlu komitmen tak akan mengusik dana cadangan bila tidak ada keperluan mendesak sampai akhi5r bulan . Kecuali ketika ingin menggunakan dana ini investasi.

6. Selalu Cek Secara Regular 
Disarankan untuk selalu mengecek jumlah tabungan secara berkala. Pastikan jika anda atau pasangan tidak lupa untuk mengirimkan sejumlah uang yang telah di janjikan agar keuangan tetap lancar.

admin

One thought on “6 Cara Mengatur Rekening Keuangan dengan Pasangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

TOKO-TOKO VAPE AUSTRALIA MELIHAT PENURUNAN DRASTIS DALAM BISNIS JUALAN VAPE, SETELAH LONJAKAN KEMATIAN DI NEGARA AS

Thu Oct 3 , 2019
Pemilik usaha kecil khawatir mereka akan musnah karena orang bereaksi terhadap wabah kematian vaping di AS – tetapi perokok kehilangan satu poin kunci. Ketika kekhawatiran meningkat atas wabah kematian yang menguap di Amerika Serikat, reaksi dirasakan di Australia. Legalisasi Vaping Australia mengatakan pemilik toko vape telah memperhatikan penurunan 30 persen […]