5 Tips Keuangan untuk Kamu yang Baru Memasuki Dunia Kerja

5 Tips Keuangan untuk Kamu yang Baru Memasuki Dunia Kerja

Gaji mungkin adalah hal yang paling dinantikan oleh kamu yang baru saja memasuki dunia kerja. Pasti kamu sudah banyak hal yang ingin kamu beli dengan gajimu itu. Tapi ingat sudah seharusnya kamu bijaksana dalam menggunakan uang yang kamu hasilkan dengan kerja kerasmu itu. Jangan biarkan uang yang sudah kamu peroleh dengan susah payah itu habis begitu saja tanpa ada manfaat yang berarti.

1. Pisahkan sebagian gajimu untuk berbagai kebutuhan

Pisahkan sebagian gajimu untuk kebutuhan sehari-harimu untuk satu bulan kedepan. Misalnya buat anggaran masing-masing untuk biaya kost, ongkos, makan, dan pulsa. Segera bayarkan hal-hal yang paling penting ketika kamu mendapatkan gaji.

Untuk anggaran makan dan ongkos, ada baiknya kamu pisahkan dalam jangka mingguan agar kamu lebih mudah mengaturnya. Tak lupa kamu sisihkan juga untuk dana tak terduga ya.

2. Sisihkan untuk orangtuamu

Kamu mampu bekerja saat ini tidak terlepas dari peranan orangtuamu bukan? Untuk itu ada baiknya kamu sisihkan sebagian gajimu untuk orangtuamu. mereka pasti merasa diringankan dengan pemberian darimu.

Kalaupun orangtuamu berkecukupan dan tidak mau diberikan uang, kamu bisa membelikan kado atau sekedar makan bersama di luar bersama. Pasti orangtuamu akan senang karena merasa diperhatikan oleh kamu.

3. Makan tak melulu harus mahal

Kamu harus komitmen dengan jumlah uang yang sudah kamu anggarkan untuk makan dalam sebulan. Jangan sampai uangnya sudah habis sebelum gajian. Sebaiknya kamu makan di tempat yang biasa-biasa saja, yang penting makanannya bersih dan sehat itu sudah cukup untuk mencukupi asupan kamu.

Tapi bukan berarti kamu tidak boleh makan enak di restauran mahal. Asal tidak terlalu sering, kamu masih boleh kok makan enak sambil bersosialisasi dengan temanmu.

4. Jangan lupa menabung

Mungkin kamu bosan dengan yang satu ini karena sejak kecil kamu sudah diajarkan untuk menabung. Tapi diingetin lagi nih karena pada kenyataannya, pasti masih banyak yang belum menabung kan?

Kalau bisa buat akun tabungan baru yang khusus untuk menabung. Ada beberapa bank di Indonesia yang menyediakan Tabunganku, yaitu tabungan dengan biaya administrasi bulanan yang sangat rendah atau malah tanpa biaya administrasi sama sekali. Pas banget kan buat menabung?

5. Jangan demam gadget

Memiliki gadget keluaran terbaru dengan segala fitur kerennya mungkin memiliki kebanggaan tersendiri buat kamu. Tapi perlu diingat, teknologi merupakan hal yang sangat cepat berkembang. Tak heran hanya dalam beberapa bulan sudah muncul gadget keluaran baru.

Tapi pikirkan matang-matang sebelum membeli gadget. Apakah betul-betul kamu membutuhkan gadget tersebut atau hanya keinginan semata? Perlu diingat pula bahwa harga gadget itu tidak murah lho guys.

Gaji pertama bolehlah dibelikan sesuatu untuk mengingat hasil usahamu. Tapi untuk gaji-gaji selanjutnya, jangan lupa ditabung ya!

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Dolar AS Turun, Rupiah Sentuh Rp13.990 pada Akhir Pekan

Sun Dec 15 , 2019
Nilai tukar rupiah berada di posisi Rp13.990 per dolar AS pada perdagangan pasar spot Jumat sore (13/12). Posisi ini menguat 42 poin atau 0,3 persen dari Rp14.032 per dolar AS pada Kamis sore (12/12). Sementara kurs referensi Bank Indonesia (BI), Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) menempatkan rupiah di posisi Rp13.982 per dolar AS atau menguat dari kemarin […]
Dolar AS Turun, Rupiah Sentuh Rp13.990 pada Akhir Pekan