5 Tips Cerdas Mengatur Keuangan Pribadi

Penghasilan sebesar apapun yang didapat tidak akan pernah cukup memenuhi kebutuhan, jika tak dihentikan kata puas.

Di sisi lain peningkatan biaya hidup kian tak terbendung. Bila tak pintar-pintar mengatur keuangan maka bukan untung yang diraih tapi bisa utang yang menumpuk.

Berikut 5 Tips mengatur keuangan pribadi agar kamu tidak terjerumus gaya hidup pemborosan:

  1. Buat Rencana Pengeluaran Keuangan
    Kebanyakan orang menghabiskan sekitar 2/3 dari pendapatan mereka pada tiga hal penting, yakni: makanan, perumahan, dan transportasi. Adapula pembayaran utang, tabungan, biaya rumah tangga, dan barang-barang opsional seperti hiburan, jalan jalan ke luar negeri, kuliah S2, Umroh atau pernikahan mewah.Anda sebaiknya membuat perencanaan keuangan dan anggaran tahunan dengan mengalokasikan tujuan berdasarkan pembagian pos masing-masing.
  2. Cari Pendapatan Lebih dari Satu Sumber
    Pada zaman sekarang apapun bisa terjadi. Kurangnya keamanan kerja di pasar saat ini membuat siapa pun bisa kehilangan pekerjaan atau menghadapi pemotongan gaji.
    Namun hal ini diperbaiki jika ada sumber penghasilan kedua. Carilah ide-ide tentang cara untuk mendapatkan lebih banyak uang.
    Memulai bisnis sendiri juga menjadi solusi sebagai tambahan penghasilan bahakn sebagai penghasilan utama.
  3. Menahan Diri dari Gaya Hidup Mewah
    Semua orang pasti ingin hidup enak, dan belanja sepuasnya tanpa melihat harga. Tapi kita harus menyadari kemampuan kita. Tak hanya melihat ke atas kita juga harus memikirkan untuk hidup hari esok dan mewujudkan mimpi-mimpi yang kita harapkan. Hindari membeli barang-barang yang tidak terlalu penting hanya untuk bergaya dan makan enak di restoran mahal. Simpan sebagian penghasilan untuk perencanaan keuangan untuk masa depan.
  4. Memulai Berinvestasi
    Saat ini banyak pilihan untuk investasi seperti propert, reksa dana atau deposito. Jika mungkin dana yang akan anda alokasikan tak terlalu besar Deposito bisa jadi solusi, pilih Bank yang aman terdaftar OJK dan dijamin oleh LPS. Cari informasi sebelum berinvestasi.
  5. Jangan Menghindar dari Utang
    Utang memiliki reputasi buruk karena dinilai menyebabkan kebangkrutan. Namun mengambil kredit dengan pengelolaan yang tepat ternyata dapat berguna.Kredit memungkinkan orang untuk membeli rumah maupun membiayai keperluan mendesak lainnya. Tapi tetap evaluasi keputusan tentang utang ini dengan mempertimbangkan dampaknya secara hati-hati. Tentukan kpasitas/kemampuan bayar dengan mempertimbangkan jumlah pendapatan dan pengeluaran, jangan sampai besar pasak daripada tiang.Jika Anda tertarik untuk berhutang, pilih lembaga keuangan yang aman dan terpercaya. Saat ini informasi untuk mencari Bank yang mempunyai kredibilitas sudah banyak di internet seperti OJK atau majalah seperti InfoBank.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Sonic the Hedgehog kembali, dengan tampilan baru dan lebih sedikit gigi manusia

Tue Nov 12 , 2019
Trailer baru Sonic the Hedgehog ada di sini, mengungkap versi Sonic yang lebih enak yang tidak akan menghantui mimpi buruk Anda selama sisa hidup Anda. Lewatlah sudah gigi manusia — terima kasih tuhan — dan hidung yang realistis dan menyeramkan mata. Ini peningkatan besar. New Sonic: berbentuk Sonic luas. Old […]
Sonic the Hedgehog kembali, dengan tampilan baru dan lebih sedikit gigi manusia