5 Olahraga yang Bisa Membantu Memperpanjang Usia dan Mengurangi Risiko Kematian Dini

Berolahraga merupakan salah satu cara menjaga kesehatan dan memperpanjang umur. Ketika seseorang memiliki gaya hidup yang kurang gerak sekitar 9,5 jam atau lebih, risiko kematian dini dan penyakit seseorang juga bakal meningkat.

Kepadatan aktivitas sehari-hari serta pekerjaan yang dimiliki seseorang telah membuat mereka kesulitan mencari waktu untuk berolahraga. Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa aktivitas fisik dalam berbagai intensitas bisa membantu mengurangi risiko kematian dini pada usia paruh baya serta lanjut.

Sejumlah olahraga tertentu yang mudah dilakukan bisa sangat bermanfaat bagi kesehatan. Olahraga ini bisa sekadar berjalan atau juga kegiatan lain yang membuatmu tetap aktif.

Berolahraga bisa membuatmu terhindar dari sejumlah masalah kesehatan yang menyerang sehingga kamu terhindar dari kematian dini. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah olahraga yang bisa membantu memperpanjang usia.

1. Jalan Cepat

Berjalan merupakan olahraga paling mudah untuk meningkatkan kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa berjalan selama 10 hingga 59 menit tiap minggu bisa membantu mengurangi risiko kematian dari apa pun sebesar 18 persen.

2. Yoga

Yoga diketahui bisa membantu meningkatkan kekuatan, pernapasan, dan fleksibilitas. Penelitian menunjukkan bahwa kombinasi dari yoga dan olahraga aerobik seperti berlari dan berenang bisa menurunkan indeks massa tubuh, kolesterol, dan tekanan darah. Sejumlah hal ini bisa membuat seseorang terhindar dari penyakit jantung.

3. Berlari

Berdasar penelitian, berlari bisa menurunkan risiko kematian dini seseorang terlepas dari berapa lama dilakukan. Hasil temuan ini berdasar analisis data dari 14 penelitian sebelumnya.

4. Berenang

Penelitian pada tahun 2017 terhadap lebih dari 80 ribu orang menemukan bahwa berenang memiliki manfaat sehat untuk menurunkan risiko kematian dini hingga 28 persen. Peneliti menyebut bahwa seseorang yang rutin berenang memiliki risiko kematian 41 persen lebih rendah akibat stroke atau penyakit jantung.

5. Tennis dan Badminton

Pada penelitian yang melihat mengenai manfaat kesehatan olahraga, peneliti menemukan bahwa berolahraga tennis atau badminton secara rutin bisa menurunkan risiko kematian dini hingga 47 persen. Olah karena itu, kedua olahraga ini bisa dilakukan dengan mudah untuk menurunkan risiko kematian dini.

Sejumlah olahraga tersebut bisa kamu lakukan untuk mengurangi risiko kematian dini. Dengan mengurangi sejumlah risiko tersebut, maka kamu bisa memperpanjang usia dan tetap sehat.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Trailer Terminator resistensi

Sat Nov 16 , 2019
Bertepatan dengan peluncuran Terminator: Resistance on Steam, berikut trailer peluncuran penembak. Sekarang tersedia di sini, tetapi trailer di atas memungkinkan kita menikmati beberapa cuplikan robot yang telah diedit dengan hati-hati. Dikembangkan oleh Reef Entertainment, Terminator: Resistance ditetapkan 31 tahun setelah Hari Penghakiman, tepatnya pada tahun 2028. Aksi berlangsung di Los […]
Trailer Terminator resistensi