5 Manfaat Buah Durian Bagi Tubuh

5 Manfaat Buah Durian Bagi Tubuh

Durian adalah salah satu buah eksotis dan populer dari Asia Tenggara. Karena aroma dan rasanya yang khas, buah satu ini memiliki penggemar dan pembenci yang mungkin sama banyaknya. Ada yang menganggap aroma menusuk dari durian wangi sementara ada orang lain yang menganggapnya bau menjijikan. Begitu juga dengan rasanya, ada yang mengganggapnya enak, sementara ada juga yang menganggap rasanya aneh.

Tapi di balik semua perdebatan tersebut, durian ternyata memiliki khasiat bagi kesehatan? Kira-kira apa sajakah manfaat buah durian bagi tubuh?

Manfaat buah durian “Si Raja Buah”

Di balik bentuknya yang berduri, buah ini memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut manfaat buah durian bagi tubuh.

1. Memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat

Jangan salah, buah durian memiliki berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Buah ini mengandung serat yang dapat mencegah diare, sembelit, dan divertikulitis atau infeksi pada kantongan di saluran pencernaan.

Selain serat, Anda juga dapat memenuhi asupan protein dari buah durian, Ini karena durian tinggi protein. Buah eksotis ini juga mengandung vitamin C, vitamin B-6, potasium, tembaga, riboflavin, dan tiamin.

2. Kaya antioksidan

Sebuah studi menjelaskan bahwa durian mengandung vitamin E dan beta karoten yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, durian juga mengandung potassium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Akan tetapi, studi ini harus dikaji lebih lanjut karena durian juga memiliki efek ‘panas’ yang juga dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah.

3. Menurunkan kadar gula darah

Meskipun terasa manis, buah durian merupakan salah satu buah tropis dengan indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik merujuk pada seberapa cepat suatu makanan dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

Artinya, buah durian tidak akan secepat buah tropis lainnya dalam menaikkan kadar gula darah dalam tubuh Anda.

4. Melawan infeksi bakteri

Manfaat buah durian yang satu ini terletak pada kulitnya. Terdapat senyawa flavonoid, terpenoid, steroid, fenolik dan tanin pada kulit durian. Senyawa-senyawa ini dapat melawan bakteri Propionibacterium acnes penyebab jerawat dan hal ini telah terbukti oleh suatu penelitian yang dilakukan di Bali. Namun, untuk mendapatkan manfaatnya harus dilakukan ekstraksi terlebih dahulu di laboratorium.

5. Mengurangi risiko kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang masih menjadi tantangan bagi dokter dan peneliti. Senyawa antioksidan dalam buah durian diyakini bermanfaat dalam menangkal radikal bebas pemicu kanker.

Sekarang ini, ekstrak buah durian diyakini dapat mencegah penyebaran sel kanker payudara. Akan tetapi riset lebih mendalam masih dibutuhkan.

Walaupun banyak manfaat  buah durian yang menggiurkan tetapi jangan menjadikan buah ini sebagai obat utama untuk mengobati penyakit Anda. Selalu konsultasikan ke dokter apapun keluhan Anda.

Efek samping buah durian

Meski memiliki manfaat yang menyehatkan, mengonsumsi durian terlalu banyak juga tidak baik. Ada beberapa efek samping yang bisa timbul saat memakan durian, seperti reaksi alergi, ketidaknyamanan di perut, muntah, perut bergas, dan diare. Memakan biji dari buah durian berisiko menimbulkan sesak napas.

Sebelum mengonsumsi buah durian

Selain efek samping dari buah durian, Anda juga perlu tahu bahwa buah eksotis ini sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan alkohol. Senyawa sulfur dalam durian dapat menghambat kinerja enzim tertentu dalam tubuh yang berperan dalam memproses alkohol.

Saat kadar alkohol dalam tubuh meningkat, Anda bisa mengalami muntah, detak jantung yang cepat atau tidak beraturan, dan mual. Oleh karenanya, hindari mengonsumsi durian bersama dengan alkohol.

Wanita yang sedang hamil dan menyusui serta penderita diabetes sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi durian.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Musim Lapor SPT, Teliti Agar Tak Kurang atau Kelebihan Bayar

Sun Feb 23 , 2020
Batas akhir pengisian Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Penghasilan (PPh) untuk Wajib Pajak (WP) Orang Pribadi (OP) akan jatuh pada bulan depan. Menteri Keuangan Sri Mulyani telah mengimbau para WP untuk menunaikan lapor SPT Pajak jauh-jauh hari sebelum batas waktu berakhir, yaitu pada 31 Maret 2020. “Dalam spirit (semangat) untuk saling percaya, saya […]
Musim Lapor SPT, Teliti Agar Tak Kurang atau Kelebihan Bayar