5 Hal Sehari-Hari yang Bisa Menyebabkan Munculnya Sakit Punggung nan Mengganggu

5 Hal Sehari-Hari yang Bisa Menyebabkan Munculnya Sakit Punggung nan Mengganggu

Sakit punggung merupakan salah satu masalah kesehatan yang sangat menyusahkan dan mengganggu aktivitasmu. Hal ini biasanya rentan dialami oleh orang dewasa karena sejumlah alasan.

Dilansir dari Pop Sugar, Dr. Charla Fischer, MD, dokter bedah ortopedik dari NYU Langone Health’s Spine Center, New York mengungkap bahwa ternyata masalah ini lebih rentan dialami dibanding yang kita bayangkan. Dia mengungkap bahwa sakit punggung merupakan masalah kesehatan kedua yang paling banyak dikeluhkan pada dokter.

Masalah ini bisa muncul karena cedera atau kondisi kesehatan tertentu. Gaya hidup serta kebiasaan sehari-hari yang kamu lakukan juga bisa tanpa disadari menyebabkan hal ini.

Aktivitas sehari-hari yang biasa kamu lakukan bisa tanpa disadari menyebabkan terjadinya hal ini. Dilansir dari Pop Sugar, berikut sejumlah hal sehari-hari yang bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Meja Kerja

Duduk seharian ketika bekerja merupakan salah satu penyebab masalah punggung. Hal ini terutama bisa semakin parah ketika meja yang kamu gunakan tak tepat.

“Ergonomi duduk yang buruk bisa menyebabkan cedera stres repetitif pada otot paraspinal,” terang Dr. Fischer.

“Ketika otot tersebut cedera, mereka berkontraksi, menjadi tegang, dan menyebabkan nyeri,” sambungnya.

Tinggi kursi serta meja yang tak sesuai bisa menyebabkan masalah keseahtan ini. Oleh karena itu, penting untuk menyesuaikan posisi meja dengan kebiasaanmu agar tidak mengalami masalah punggung.

Kurangnya Kekuatan Inti Tubuh

Kekuatan inti tubuh bisa sangat penting dan menjadi penyebab terjadinya masalah ini.

“Hal ini (lemahnya inti tubuh) berujung pada otot parasipnal yang lemah dan tidak cukup kuat untuk bertahan sepanjang hari,” terang Dr. Fischer.

Dr. Fischer menyarankan yoga dan ilates untuk memperkuat inti tubuh. Namun olahraga lain yang memiliki dampak sama juga bisa diterapkan.

Stres

Efek samping yang muncul dari sres bisa cukup banyak termasuk terjadinya sakit punggung. Stres memiliki hubungan dengan jaringan muskuloskeletal seperti nyeri punggung bagian bawah serta rasa sakit pada pundak, leher, dan kepala.

Dr. Fischer mengungkap bahwa dia tidak memahami sepenuhnya mengapa stres berkontribusi terhadap sakit punggung. Namun kondisi tegang yang terjadi secara terus-menerus pada tubuh diduga menjadi penyebabnya.

Tas yang Terlalu Berat

Selama ini ransel selalu dihubungkan dengan munculnya masalah punggung. Namun Dr. Fischer mengungkap bahwa seluruh jenis tas bisa jadi penyebab hal ini terutama jika terlalu berat.

“Saya menyarankan untuk membatasi berat dari tas hingga sekitar 3 hingga 5 pounds (1,3 hingga 2,2 kilogram),” saran Dr. Fischer.

Merokok

“Merokok bisa menyebabkan pembuluh darah menjadi tegang sedangkan tulang belakang sudah dalam kondisi suplai darah yang kurang,” jelas Dr. Fischer.

Diketahui bahwa mereka yang merokok memiliki peluang tiga kali lipat untuk mengalami sakit punggung. Oleh karena itu, sebaiknya hindari kebiasaan ini karena sejumlah risiko kesehatan yang mungkin ditimbulkannya.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Jumlah pemain puncak Dota Underlords telah menurun lebih dari 90 persen

Mon Jan 6 , 2020
Dota Underlords, auto battler Early Access Valve, telah menumpahkan sebagian besar pemainnya dalam enam bulan sejak diluncurkan di Steam. Pada bulan Juni, itu memuncak dengan lebih dari 200.000 orang bermain bersamaan, menurut Steam Charts, tetapi pada hari terakhir itu memiliki kurang dari 15.000. Terlihat oleh pengguna Reddit SharkyIzrod, jumlah pemain […]
Jumlah pemain puncak Dota Underlords telah menurun lebih dari 90 persen